Film

9 Film Hollywood Bertema Pandemi yang Harus Banget Ditonton

Sudah nonton film Hollywood yang mengangkat topik tentang suatu pandemi ini belum?

BICARAPEREMPUAN.COM Pandemi COVID-19 telah memengaruhi setiap aspek hidup seluruh dunia dengan cara yang merugikan. Sementara beberapa negara telah mampu mengendalikan penyakit ini ke tingkat tertentu, beberapa negara lain benar-benar terpuruk karenanya.

Sebagai imbas, kita “dipaksa” untuk tetap berada di dalam rumah sepanjang waktu. Sebagian besar aktivitas dialihkan ke dunia daring. Pemakaian internet meningkat berkali lipat.

Somehow, hal ini jadi mengingatkan akan beberapa film Hollywood yang memiliki premis sama: tentang pandemi. Penyakit yang disebabkan oleh virus, menyebar dengan begitu cepat, menular dengan begitu mengerikan, dengan efek yang memiriskan.

Siapa pernah menyangka, bahwa apa yang terjadi di film akhirnya kejadian beneran di dunia nyata?

Ayo, kita lihat daftar beberapa film yang mengangkat tema pandemi ini. Siapa tahu ada yang belum kamu tonton!

9 Film Hollywood Bertema Pandemi

1. Contagion

Film arahan Steven Soderbergh yang dirilis tahun 2011 ini ada di daftar pertama film Hollywood yang paling banyak dicari, karena … oh my … semacam ramalan nyata akan datangnya pandemi COVID-19!

Dalam film ini juga disebutkan, bahwa sumber virusnya adalah dari kelelawar, persis seperti yang diberitakan untuk virus corona yang menyebar dari pasar di Wuhan, Tiongkok, di mana daging kelelawar dijual.

2. The Andromeda Strain

Film Hollywood pandemi - The Andromeda Strain

Film ini dirilis tahun 1971 berdasarkan novel yang diterbitkan tahun 1969 dengan judul yang sama.

BACA JUGA:  9 Film Bioskop tentang Entrepreneur yang Wajib Tonton Bagi Para Calon Pebisnis Ulung

Film Hollywood satu ini membahas tentang pemerintah AS yang kehilangan sebuah satelit yang seharusnya telah kembali ke bumi tetapi hilang. Akhirnya satelit itu memang ditemukan oleh tim pemulihan militer, tetapi ternyata membawa organisme asing yang kemudian menyapu habis seluruh kota.

3. Outbreak

Film Hollywood yang dirilis tahun 1995 ini juga mengangkat topik tentang penyebaran virus, disebut dengan Motaba dan gejalanya sangat mirip dengan Ebola.

Dalam film ini, digambarkan si virus dapat mengakibatkan demam mematikan dan pertama kali ditemukan di hutan-hutan Afrika.

Dalam film ini, kamu bisa melihat bagaimana usaha pemerintah demi mengendalikan atau menghentikan penyebaran virus. Hanya saja, yeah, dalam film ini vaksinnya bisa dikembangkan dalam waktu yang sangat singkat. Sementara, kamu pasti tahu, butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk bisa mengembangkan vaksin yang bisa efektif melawan virus.

Yah, seandainya hidup itu semudah dalam film.

4. 80,000 Suspects

Film Hollywood pandemi - 80,000 Suspects

Film Hollywood klasik ini dirilis tahun 1963, dengan genre thriller medis dengan tambahan rasa romance.

Kisahnya dimulai di kota Bath, ketika seorang dokter menemukan bahwa terjadi wabah cacar, dan dia harus bekerja sangat keras untuk mengatasi wabah tersebut.

Film ini menarik untuk diiikuti, meskipun ada plothole di sana-sini. Ya, seenggaknya, kamu enggak hanya dihadapkan pada persoalan pandeminya saja, tapi kamu juga bisa menonton drama perselingkuhan di sini.

5. 28 Weeks Later

Film Hollywood ini adalah sekuel dari 28 Days Later, yang menceritakan situasi yang muncul setelah apa yang terjadi di film pertamanya.

BACA JUGA:  5 Film Wajib Ditonton oleh Para Pencinta Fashion

Dalam film ini diceritakan, bahwa pemerintah telah menyiapkan zona hijau hanya untuk mereka yang tidak terinfeksi. Namun, kemudian datanglah seorang perempuan dari zona merah yang tampaknya baik-baik saja tetapi ternyata sudah terinfeksi virus dengan gejala yang tidak terlihat.

Oh shoot! Sounds familiar?

6. I am Legend

Will Smith membintangi film Hollywood yang dibuat berdasarkan novel dengan judul yang sama ini.

Ditulis oleh Richard Matheson, film ini menceritakan virus yang pada awalnya dikembangkan untuk pengobatan kanker, tetapi kemudian berubah ganas dan memangsa sekitar 90% populasi, dan mengubah 9,8%-nya menjadi mutan kanibalistik yang disebut Darkseekers.

Sisanya, 0,2% adalah mereka yang kebal terhadap virus ini. Salah satunya adalah tokoh yang diperankan oleh Will Smith.

7. Twelve Monkeys

Film yang dibintangi oleh Bruce Willis dan Brad Pitt ini dirilis tahun 1995, ketika wabah virus datang dan menyerang hampir seluruh populasi dunia.

Beberapa orang selamat dan hidup di bawah tanah. Salah satunya adalah Bruce Willis yang kemudian dikirim kembali ke masa lalu untuk menemukan obat virus.

8. Resident Evil series (2002-2017)

Kamu pasti sudah menonton at least salah satu film seri franchise ini.

Salah satu seri paling populer yang menceritakan perjuangan manusia memerangi virus yang telah diciptakan oleh organisasi yang mengubah manusia menjadi zombie. Peran utama dimainkan oleh si seksi Milla Jovovich.

BACA JUGA:  7 Kisah Hercule Poirot yang Harus Diangkat Ke Layar Lebar

9. Bird Box

Film yang diproduksi oleh Netflix ini sebenarnya bukan menceritakan tentang penyebaran virus seperti kedelapan film sebelumnya. Namun, it has the same energy.

Sosok entitas supranatural menyerang kota-kota di dunia, memaksa orang-orang untuk bertahan di dalam rumah, karena siapa pun yang melihat sosoknya, ia akan membunuh dirinya sendiri. Sandra Bullock, salah satu survivor, berusaha bertahan hidup dengan beberapa orang lainnya. Mereka harus menutup mata mereka dengan kain kalau keluar rumah (seperti kita sekarang yang selalu keluar rumah dengan menggunakan masker) agar terhindar kontak mata dengan si sosok entitas tersebut.

9 Film Hollywood Bertema Pandemi yang Harus Banget Ditonton

Nah, gimana girls? Pengin nonton film-film Hollywood di atas enggak? Atau, kamu ada rekomendasi film tentang pandemi lain yang belum termasuk dalam daftar di atas? Tulis di kolom komen ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: