Karakter

Gagal Meraih Sukses, Mungkin Kamu Punya 10 Pembunuh Semangat dan Passion Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Passion is one of the greatest thing that keep us feel alive and bring us to success. Setuju kan, girls? Meraih sukses itu bisa dipastikan nggak akan pernah bisa kalau kita nggak punya passion.

Tapi apa sih passion? Pernah kan tiba-tiba merasa excited banget terhadap sesuatu, bersemangat dan ngelakuin hal tersebut tanpa mengeluh sama sekali?

Ya, itu dia yang kita rasakan kalau sedang melakukan sesuatu yang menjadi passion kita. Pokoknya, rasanya nggak bisa dilukiskan deh.

Tapi, ada beberapa hal yang bisa mematahkan atau bahkan ‘membunuh’ passion kita lo, girls! Apa aja?

 

10 Pembunuh semangat dan passion yang bisa bikin kamu gagal meraih sukses

1. Lack of motivation

Tanpa motivasi, rasanya malas banget kan ya, untuk melakukan sesuatu bahkan yang kita suka sekalipun? Padahal tanpa motivasi, kita nggak akan bisa meraih sukses.

Ada 3 penyebab utama hilangnya motivasi, yaitu kita kewalahan dan merasa nggak mampu, kita pengin menyenangkan orang sekitar saja, atau kita disibukkan oleh sesuatu yang bukan menjadi passion kita.

Kuncinya keep calm. Coba utak-atik jadwal dan bikin to-do list yang masuk akal supaya kita nggak overwhelmed.

 

2. Nggak fokus

Adalah wajar kalau kita suka coba-coba, sehingga mudah terdistraksi dengan berbagai hal baru. Tapi kalau ini terjadi terus-terusan ya kita jadi nggak fokus dengan yang ingin kita jalani, girls. Akhirnya kebiasaan coba-coba ini akan membuat kita nggak total dalam mencurahkan kemampuan dan tenaga untuk satu bidang yang benar-benar kita suka.

Come on. Ibaratnya, waktu kita sudah nggak banyak. Lebih baik kamu fokus dengan keinginan terbesarmu saat ini, lalu segera proyeksikan ke masa depan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat dream board. Kalau mau mulai bisnis crafting, coba deh mulai tempel-tempelkan sticky notes di dream board, berisi planning apa saja yang mesti dilakukan untuk mewujudkan bisnis itu dengan segera.

 

3. Gampang puas

Saat siapa pun sudah merasa puas, maka mereka pun membatasi diri untuk berkembang ke arah yang lebih baik lagi dan akan sulit meraih sukses.

BACA JUGA:  Jadi Jomblo Itu Menyenangkan! Ini 5 Alasannya!

Contohnya nih, kita tahu kalau passion kita adalah menulis, dan kemudian kita mengasah kemampuan kita itu lewat menulis blog setiap hari. Nggak salah sih, kalau kita terus fokus dengan blog kita itu. Tapi karena kita sudah puas dengan ‘hanya’ menjadi penulis blog milik kita sendiri, kita nggak pernah tahu kalau ternyata kita tuh punya keahlian menulis cerita fiksi yang kalau diterbitkan bisa jadi novel.

Mengembangkan passion merupakan keharusan, karena dengan demikian kita jadi tahu apa yang sebenarnya kita mau buat diri kita sendiri, Ma.

Dan lagi, kita nggak pernah tahu ada berapa banyak pintu kesempatan yang terbuka kalau kita selalu cepat puas dengan apa yang dilakukan saat menjalani passion.

 

4. Fear

Malu kalau dibilang gagal meraih sukses atau nggak mau mengecewakan orang-orang yang kita sayangi adalah dua penyebab seringnya kita tak bisa melangkah maju mengikuti passion yang kita punya.

Padahal, nggak ada orang sukses yang nggak pernah salah, nggak pernah gagal, nggak pernah mengecewakan atau dikecewakan oleh orang lain.

Kalau sampai rasa takut tersebut menjadi faktor terkuat yang menghalangi kita menjalani passion yang kita punya, maka kita nggak akan pernah tahu sampai sebatas mana kita bisa berusaha.

Wajar sih kalau kita menyesali kesalahan yang kita buat, atau kegagalan yang kita miliki. Tapi, dari pengalaman seburuk apa pun, kita pasti selalu bisa mengambil pelajaran kan? Itu yang penting.

 

5. Comfort zone

You know what, comfort zone is a dangerous place.

Karena semuanya kelihatan baik-baik saja, jadi kita merasa bahwa tak ada yang salah kok dengan semua keadaan ini.

Padahal, tanpa sadar, kita mulai membatasi diri dengan menganggap bahwa kita bisanya begini karena biasanya juga begini, nggak begitu.

Kita jadi tak mau mencoba hal baru atau nggak mau keluar dari habit. Terlalu nyaman hingga akhirnya membuat kita tak punya gairah dan semangat. Atau, nggak mau merasakan sakit dan nggak enaknya proses jatuh bangun saat menjalani passion.

BACA JUGA:  Dijauhi Teman? That's Painful! 7 Kemungkinan Alasan dan Apa yang Harus Dilakukan?

Memang nggak gampang, girls, keluar dari zona nyaman. But stepping out from the comfort zone is a must, kalau kita mau total menjalani passion dan pengin meraih sukses.

Coba deh, lepaskan ketergantunganmu pada comfort zone dan hal-hal tertentu yang bikin kita nggak bisa maju untuk mengembangkan passion tersebut.

 

Gagal Meraih Sukses, Mungkin Kamu Punya 10 Pembunuh Semangat dan Passion Ini!

6. Memaksakan diri

Kadang karena merasa harus banget berhasil, kita pun jadi orang yang paling keras dengan diri sendiri. Ini sakit lo, girls.

Iya sih, kadang kita memang harus push ourself over the limit ya, tapi nggak perlu juga sampai menyiksa diri.
Boleh kok kalau break sebentar, atau merasa down saat lagi capek banget. Wajar. Karena proses untuk meraih sukses itu bukan instan. Rasa jenuh dan capek itu normal.

Kalaupun kita mau mengabaikan jenuh dan capek, itu yang rugi ya diri kita sendiri lo. Karena hasilnya nggak akan maksimal juga.

 

7. Lack of self-trust

Rasanya sudah total, semua sudah dilakukan, tapi kok hasilnya segini-segini aja ya? Apa sekarang sudah waktunya menyerah?

Eits, sebentar! Proses ups and downs yang nggak sebentar mungkin memang akan membawa kita untuk jadi nggak percaya pada diri sendiri. Padahal self confidence merupakan fondasi terkuat untuk terus membangun passion.

Terus, kalau kita sendiri nggak percaya pada diri sendiri, gimana orang lain bisa percaya pada kita, girls?

 

8. Nggak kenal dengan diri sendiri

Pakar psikologi, Dr. Rose Mini pernah bilang, “Faktor kecerdasan emosi (EQ atau Emotional Quotient) memberikan pengaruh 80% pada kesuksesan seseorang, sementara faktor kecerdasan intelektual (IQ) itu ‘cuma’ menyumbang 20%-nya saja.”

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengelola EQ ini, girls, dan tahu nggak sih, bahwa semuanya dimulai dari mengenali emosi yang sedang kita rasakan. Karena dengan mengenalinya, kita pun akan jauh lebih bisa mengontrol dan menempatkan emosi yang kita punya di waktu-waktu yang sesuai.

BACA JUGA:  Karakter Seorang Perempuan Bisa Segera Diketahui dari 9 Hal Ini oleh Perempuan Lainnya

Misalnya, saat down, kita nggak akan terpuruk terlalu lama, karena kita punya daya self healing, yang membuat kita bisa memotivasi diri sendiri untuk bangkit lagi dan nggak putus asa.

 

9. Stres

Ya, hari gini, siapa sih yang nggak stres? Semua orang kayaknya stres deh. Apalagi di media sosial! #eh

Well, tekanan atau tuntutan dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri memang bisa menyebabkan stres meningkat. Namun, sebenarnya ini wajar saja kita alami, asalkan kita tahu bagaimana cara mengelolanya dengan benar.

 

10. Bad habit

Malas biasanya merupakan salah satu kebiasaan buruk yang susah dilawan, karena membuat seseorang menunda pekerjaan, nggak mau menggali potensi diri sendiri, hingga jadi merasa nggak masalah kalaupun nggak punya passion apa pun.

Rasa iri yang berlebihan, ignorance, apatis, insecure, atau undervalue ourselves, juga jadi kebiasaan buruk yang bisa menghalangi kesuksesan kita.

When we’re surrounded by negative things, it will slowly menghancurkan passion kita, girls. Hal ini dikarenakan fokus pikiran yang jadi sumber energi kita diisi dengan hal-hal buruk terus menerus.

 

Nah, girls, gimana? Sudah siap untuk mengalahkan ke-10 pembunuh semangat dan passion yang bisa bikin kamu gagal meraih sukses di atas?

Semangat ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: