Kesehatan

Gampang Sakit? Sebelum Langsung ke Dokter, Coba Atasi dengan 5 Hal Ini Dulu!

Gampang sakit? Ssst, jangan buru-buru ke dokter dulu!

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa yang mau gampang sakit sih? Akhirnya kan jadi sering pergi ke dokter deh, supaya segera teratasi. Tapi, kamu pernah nggak sih kita merasa kalau perempuan itu lebih gampang sakit dibandingkan pria?

Nggak disibukkan dengan pekerjaan saja bisa gampang sakit, apalagi kalau kerjaan sudah menumpuk pasti tambah deh, sakit lagi. Bahkan kalau diperhatikan, antrean di klinik kesehatan atau rumah sakit biasanya lebih banyak diisi kaum perempuan lo.

Kok bisa ya? Apa karena perempuan itu fisiknya lemah sehingga gampang sakit, mudah lelah? Atau, mungkin kita memang mudah sekali mengalami stres karena sebagian perempuan itu harus mengurus banyak hal?

Dan kalau sudah merasa tak sehat begini, dokterlah yang pastinya menjadi tujuan utama kita. Iya nggak, girls? Tidak ada alasan lain untuk menunda pergi ke dokter, semakin cepat sembuh akan semakin baik!

Jika sakit terus dibiarkan pastinya pekerjaan akan tambah menumpuk, dan kamu pun pun bisa tambah sakit lagi atau stres.

Namun, ternyata memilih dokter yang tepat itu juga bukan perkara mudah. Layaknya mencari jodoh, susah sekali mendapatkan dokter yang cocok. Iya nggak?

Untuk itu, kalau memang kamu termasuk orang yang gampang sakit, sebelum menemui dokter, persiapkanlah dan pikirkanlah dulu beberapa hal berikut.

pemicu sakit kepala - gampang sakit

Mengenali gejala penyakitmu

Satu hal yang kadang membuatmu menunda-nunda untuk pergi ke dokter adalah karena bingung harus periksa ke mana, dokter umum atau dokter spesialis, belum lagi ke dokter siapa.

Nah, meski sedikit-sedikit dan gampang sakit, pastinya kamu harus menyadari bagaimana saja gejala yang muncul, apa yang dirasakan, syukur-syukur sudah mengenali tanda bakalan muncul penyakitmu.

Dengan mengenali gejala penyakit yang kamu alami, maka akan mudah untuk menentukan pilihan dokter mana yang akan dikunjungi.

Apabila gejala yang kamu rasakan merupakan gejala khas untuk penyakit tertentu maka sebaiknya kamu langsung pergi ke dokter spesialis. Ini tentunya akan lebih menghemat waktu dan biaya dibandingkan jika kamu harus ke dokter umum terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Kenali 21 Gejala PMS Agar Bisa Kamu Atasi Secara Tepat!

Sebaliknya, jika kamu mengalami gejala penyakit ringan seperti flu, kamu bisa langsung pergi ke dokter umum yang pastinya akan lebih hemat dibandingkan jika pergi ke dokter spesialis.

Jadi sesuaikan gejala dengan dokternya ya, girls.

Mencari informasi mengenai dokter yang akan dikunjungi

Sebelum pergi menemui dokter, ada baiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai dokter yang akan dikunjungi.

Coba tanyakan pada teman-temanmu, dokter mana yang bisa mereka rekomendasikan dan tanyakan juga alasannya. Referensi dari teman-temanmu bisa dijadikan salah satu rujukan untuk memilih dokter.

Selain itu, coba cari informasi lebih dalam lagi dari forum-forum diskusi di internet. Biasanya informasi yang bisa didapatkan akan lebih banyak mulai dari reputasi dokternya sampai komentar dari beberapa pasien yang telah berobat ke dokter tersebut.

Dokter dengan reputasi yang cukup baik otomatis akan memiliki jumlah pasien yang cukup banyak, dan jadwal yang sangat padat. Hal ini juga harus dijadikan bahan pertimbanganmu untuk mengunjungi dokter tersebut. Apakah kamu siap mengantre dari subuh untuk bisa berkonsultasi dengan dokter tersebut?

Karena pastinya dokter tersebut memiliki antrean pasien yang cukup panjang dan lama. Apabila kamu tidak memiliki waktu yang cukup luang ada baiknya mencari alternatif dokter lain.

Mempertimbangkan biaya pengobatan

Selain karena bisa menghambat pekerjaan, kalau kamu gampang sakit pastinya menjengkelkan ya? Karena tentunya kamu harus mengeluarkan biaya tidak terduga untuk berobat ke dokter. Alih-alih cepat sembuh, terkadang kita bisa tambah sakit karena melihat rincian biaya pengobatan. Tapi mudah-mudah itu tidak terjadi pada kita deh, girls.

Oleh karena itu, sebaiknya pengobatan yang dijalankan harus disesuaikan dengan anggaran kesehatan kamu. Kamu sudah menjadi anggota BPJS? Kalau sudah, maka pastinya hal itu akan membantu. Kalau belum, pertimbangkan untuk segera mendaftarkan dirimu ke BPJS, girls.

BACA JUGA:  Suka Ngemil Malam Hari? Ayo, Atasi dengan 9 Trik Jitu Ini!

Biasanya dokter akan memiliki lebih dari satu tempat praktik yang berbeda. Carilah tempat praktik dokter yang tarifnya bisa kamu jangkau. Contohnya apabila kamu melakukan pemeriksaan di rumah sakit umum negeri, biayanya pasti akan lebih murah dibandingkan jika kamu pergi ke rumah sakit swasta.

Pilih dokter yang pandai berkomunikasi

Pernah nggak kamu mengalami hal seperti ini, girls?

Di saat kamu berobat, sang dokter hanya melakukan pemeriksaan, dan selanjutnya ia menuliskan resep tanpa ada penjelasan terlebih lanjut terhadap penyakitmu. Bingung nggak, girls, kalau kayak gitu? Kadang mau bertanya lebih detail lagi, takut dokternya memang lagi sibuk. Tapi, di sisi lain, sebagai pasien, kamu berhak atas penjelasan mengenai hasil diagnosis penyakitmu, apa yang harus dilakukan, dan apakah ada pantangan yang harus dijauhi. Iya nggak sih?

Siapa sih yang mau gampang sakit? Dan cara supaya nggak gampang sakit adalah dengan mengetahui penyebab sakit kita. Betul nggak, girls?

Apabila menghadapi dokter yang seperti itu, ada baiknya kamu ngga usah mengunjunginya lagi deh. Adalah hak setiap pasien untuk mendapatkan penjelasan mengenai hasil diagnosis penyakit yang dialaminya, termasuk kamu juga.

Oleh karena itu, cobalah kamu mencari dokter yang pandai berkomunikasi. Selain membuat kamu menjadi lebih paham akan penyakit yang dialami, dokter dengan kriteria seperti itu pasti akan bersedia meluangkan waktunya untuk mendengarkan dan menjawab keluhan, juga pertanyaanmu.

Pilih dokter yang membuat nyaman

Jujur ya, girls, kadang ada juga dokter yang membuat kita tidak nyaman karena berbagai alasan. Misalnya ada dokter yang kesannya jutek terhadap pasien, bahkan jika pasien bertanya dijawabnya dengan ketus.

Hadeh, kalau BiPer sih, rasanya ingin cepat-cepat pulang jika menemukan dokter seperti ini. Bahkan ada juga dokter yang galak dan suka menyalahkan pasien karena penyakitnya.

Padahal kan ya, girls, kita pergi ke dokter itu setidaknya untuk curhat tentang masalah penyakit yang dialami, bertanya apa yang salah sehingga kita gampang sakit, dan berharap dokter bisa menyelesaikannya. Iya nggak?

BACA JUGA:  Bikini Wax: Beberapa Hal dan 3 Tip yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Menggunakannya

Dokter yang baik tentunya akan senantiasa memberikan kenyamanan kepada setiap pasien yang mendatanginya. Baik itu dengan memberikan pengobatan yang tepat, ataupun berusaha untuk mengurangi kecemasan pasien terhadap penyakitnya.

Dokter seperti ini biasanya akan menanggapi keluhan pasien dengan baik, sehingga kamu pun pasti akan lebih terbuka dalam memberikan pertanyaan dan mengungkapkan hal-hal lain yang berkaitan dengan pemeriksaan. Dengan begitu, tingkat kepercayaanmu terhadap dokter akan meningkat dan proses penyembuhan bisa berlangsung dengan mudah.

Kesehatan tentunya merupakan hal utama yang sangat diidam-idamkan oleh semua orang. Namun, terkadang ada saja faktor yang bisa membuat kita jadi gampang sakit dan sering pergi ke dokter.

Oleh karena itu, semaksimal mungkin kita harus menjaga kondisi tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit. Mencukupi asupan gizi pada makanan merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Jika kamu mulai merasa lelah, istirahatlah sejenak dari segala rutinitas. Selain itu, berusahalah untuk selalu berpikir positif agar tidak mudah stres ketika harus menghadapi tumpukan pekerjaan baik itu di rumah maupun di kantor.

Nah, girls, semoga tips di atas bermanfaat ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: