Kecantikan

7 Tren Gaya Rambut, Warna, dan Potongan untuk Kamu Coba

Gaya rambut memang memengaruhi tingkat kepercayaan diri kita.

BICARAPEREMPUAN.COM – Lagi bingung pengin ganti gaya rambut? Penginnya yang trendy, tapi takutnya salah gaya. Gimana dong?

Tenang, girls. Berikut beberapa gaya rambut yang bisa jadi pilihanmu; yang enggak terlalu ekstrem tapi pasti akan membuatmu tambah cantik.

4 Warna rambut cantik yang bisa kamu coba

Hot chocolate

Gaya rambut dengan warna hot chocolate
Gaya rambut dengan warna hot chocolate. Sumber: Pinterest Jessica Garcia

Inilah pilihan warna utama perempuan Asia dengan kulit cenderung gelap, sehingga bisa membuat warna kulit terlihat menjadi lebih terang, segar, dan alami, namun tetap membawa perubahan dalam penampilan.

Tambahkan aksen highlight atau ombre yang sempat ngeheits. Tapi kini ombre menggunakan teknik gradasi yang lembut—bukan yang terlihat kontras—atau yang populer disebut sombre (soft ombre).

Menerapkan pada bagian tengah ke ujung menggunakan warna dua atau tiga tingkat lebih terang dari bagian akar rambut.

Semakin gelap warna rambut yang kamu pilih, maka kilau rambut akan semakin penting untuk ditonjolkan.

Sun kissed blonde

Gaya rambut dengan warna sun kissed blonde
Gaya rambut dengan warna sun kissed blonde. Sumber: Urban Allure

Dulu perempuan enggan memiliki rambut pirang keemasan yang diakibatkan terlalu lama terpapar matahari. Tapi, kini, warna tersebut sangat disukai karena tampak seksi, eksotis, dan cantik.

Karena itu, teknik pewarnaan pun menerapkan berbagai tone warna sun kissed dengan hasil menyerupai proses matahari secara alami. Demi mendapatkan kilau rambut sempurna dan terlihat lebih berdimensi, para hairstylist menggunakan teknik permainan highlight beberapa inci dari akar rambut dengan warna setingkat atau 2 tingkat lebih gelap.

BACA JUGA:  Ini Dia 6+6 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Kamu Tahu!

Berikan kilau alami rambut lewat perawatan yang bisa kamu racik sendiri di rumah. Campurkan 1 cangkir sampo bayi dengan 2 sdm baking soda. Aplikasikan pada rambut menggunakan sisir, tutup dengan shower cap lalu berjemurlah di bawah sinar matahari, dan diamkan selama 10 menit. Bilas.

Campuran bahan tersebut mampu membuka kutikula rambut lewat bantuan panas, yang nantinya dapat menghilangkan warna kuning kusam yang tidak diinginkan.

Red heads

Gaya rambut dengan warna mahogany
Gaya rambut dengan warna mahogany. Sumber: Color Psychology

Potongan yang semakin berdimensi dan layer berat mampu memberikan hasil sempurna untuk tampilan rambut bernuansa merah ini.

Untuk menghasilkan warna nuansa merah yang paling sesuai dengan karakter dan warna kulit, diperlukan teknik pencampuran warna dalam satu nuansa. Misalnya, untuk kulit terang cenderung kemerahan, sebaiknya mencampur strawberry blonde dengan copper. Sedangkan, untuk kulit Asia yang tidak gelap, mahogany adalah pilihan yang paling tepat.

Permasalahan terberat pada warna rambut kemerahan adalah ujung rambut kering dan mudah luntur, karena itu sangat disarankan untuk rutin melakukan perawatan di salon.

Lalu, agar warna lebih tahan lama, sesekali cukup gunakan dry shampoo khusus untuk rambut diwarnai.

Cotton candy

Gaya rambut dengan warna cotton candy
Gaya rambut dengan warna cotton candy. Sumber: Glowsly

Untuk mendapatkan rambut pastel yang sempurna, harus dilakukan dulu proses bleaching, karena perlu warna rambut dasar seputih kanvas.

Proses ini harus dilakukan secara tepat, perlahan namun dengan dosis peroxide yang rendah, demi menghindari kerusakan rambut. Saat pewarnaan, biasanya nggak menimbulkan kerusakan karena produk pewarna tidak atau rendah mengandung peroxide.

BACA JUGA:  Cara Merawat Bibir Kering Secara Alami dan Menjaganya Lembap Sepanjang Hari

Lakukanlah perawatan harian di rumah, dari mulai keramas dengan sampo, lalu pengaplikasian kondisioner hingga masker, supaya warna rambut lebih tahan lama dan tampak berkilau.

Hindari air hangat saat keramas, karena suhu panas dapat menyebabkan kutikula rambut terbuka dan pigmen warna akan keluar.

Beberapa gaya potongan rambut yang bisa menjadi pilihan

Pixie

Gaya rambut pixie
Gaya rambut pixie. Sumber: Byrdie

Pixie agaknya masih menjadi tren gaya rambut yang long lasting, begitu pula dengan gaya potongan pendek lain seperti boy cut, dan asymmetrical short crop yang fashionable.

Pixie dengan poni, mampu mengubah gaya kekanakan menjadi terlihat lebih matang namun standout. Aksen layer pun bebas dimainkan, karena membuat tampilan terlihat lebih edgy dan berani.

Kalau pengin terlihat lebih modern, fashionable dan chic, tambahkan aksen layer dan highlight.

Saat penataan, gunakan wax untuk mempertegas tekstur layer rambut atau shiny wax kalau kamu ingin tampilan wet look.

Grunge 70s

Gaya rambut grunge 70s
Gaya rambut grunge 70s. Sumber: The Hair Style Daily

Gaya vintage ini membiarkan rambut sebahu dengan teknik potongan layer acak yang cocok untuk rambut lurus maupun curly dengan tambahan poni depan yang effortless.

Walau terkesan berantakan, namun gaya ini justru terlihat unik, rock and roll, dan fun. Tata rambut dengan gaya belah tengah berponi lurus.

Tegaskan tekstur layer acak yang effortless dengan mengaplikasikan mousse yang sekaligus menambah efek volume pada rambut. Aplikasikan saat kondisi rambut kering handuk.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

Long and sleek

Gaya rambut long and sleek
Gaya rambut long and sleek. Sumber: The Desi Wonder Woman

Rambut panjang dan lurus dengan layer ringan memang selalu mendominasi di setiap musim. Kreativitas gaya tatanan bisa diadaptasi dari potongan ini, seperti belah tengah yang terinspirasi dari era rambut 70-an, belah pinggir, sleek tanpa belahan dengan efek wet look, maupun menyelipkan seluruh rambut ke belakang telinga.

Lurus sempurna merupakan kunci sukses dari tampilan ini, maka disarankan untuk menggunakan catok pelurus. Agar terhindar dari rambut pecah-pecah dan kusam, gunakan serum agar rambut terlihat berkilau sehat.

So, sudah memutuskan pengin pakai gaya rambut, warna, dan potongan yang mana?

Have fun with your hair, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: