Kenali 21 Gejala PMS Agar Bisa Kamu Atasi Secara Tepat!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hampir setiap perempuan pernah mengalami yang namanya Pre Menstrual Syndrome atau PMS. Itu lo, sindrom pramenstruasi. Dan, gejala PMS ini kadang memang mengganggu banget. Betul nggak, ladies?

Gejala PMS lazimnya muncul 10 – 14 hari sebelum masa haid datang. Penyebab utamanya adalah perubahan hormonal. Tepatnya, ada gangguan keseimbangan hormon-hormon yang mengatur siklus haid itu sendiri, yakni progesteron, estrogen, FSH (Follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone).

Hormon estrogen terlalu tinggi, sedangkan hormon progesterone terlalu rendah, akibatnya terjadilah ketidakseimbangan.

Gejala PMS sangat individual sifatnya. Jadi, bisa saja perempuan yang satu begitu tersiksa oleh derita menjelang haid sampai sama sekali nggak bisa beraktivitas, sedangkan temannya sesama perempuan yang lain tenang-tenang saja. Bisa pula terjadi perbedaan pada satu orang, di waktu yang berbeda. Misalnya, bulan ini PMS sakit perut luar biasa, tapi bulan berikutnya belum tentu keluhannya sama.

Perbedaan tersebut ditentukan oleh banyak hal, di antaranya tingkat stres, faktor genetik, hingga sampai ke taraf kedewasaan dan persepsi si penderita terhadap rasa sakit yang dirasakannya. Misalnya nih, pribadi yang cenderung “manja”, misalnya, biasanya akan lebih merasa tersiksa dibanding yang berkepribadian tahan banting.

 

So, mari kita lihat beberapa kondisi yang bisa terjadi pada perempuan saat mengalami gejala PMS

 

Kenali 21 Gejala PMS

Kenali 21 Gejala PMS. Image via Dr. Jockers

  1. Mudah tersinggung

Ketidakseimbangan hormon menjadi pemicu kondisi emosional jadi labil. Hal-hal sepele pun bisa membuat perempuan menjadi mudah tersinggung menjelang masa haid.

 

  1. Mendadak demam

Ketidakseimbangan hormon yang terjadi secara tiba-tiba juga bisa membuat organ-organ tubuh tidak siap. Akibatnya, tubuh “salah” menangkap sinyal, lalu muncul gejala demam yang sebetulnya bukan gejala penyakit.

BACA JUGA:  7 Pemicu Sakit Kepala

 

  1. Terlihat murung

Banyak perempuan yang sebelumnya punya sifat periang jadi murung saat mengalami gejala PMS. Kesedihannya mudah tersulut. Jangan heran kalau tanpa sebab yang jelas ia bisa tiba-tiba menangis.

 

  1. Uring-uringan

Ketidakseimbangan hormonal juga membuat tubuh terasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan itu kemudian menyebabkan munculnya sifat uring-uringan. Bahkan banyak juga perempuan yang jadi lebih galak saat sebelum haid.

 

  1. Perut kembung

Keluhan ini dipicu oleh adanya pemekaran indung telur. Menjelang haid, ada beberapa sel telur serempak matang dengan ukuran yang makin lama makin besar. Proses pematangan dan pembesaran sel telur ini  membuat perut tak nyaman.

 

  1. Migrain

Jika respons terhadap segala bentuk ketidaknyamanan di tubuh akibat ketidakseimbangan hormonal tadi diteruskan ke otak, besar kemungkinan akan muncul keluhan migrain.

 

  1. Sariawan

Akibat perubahan hormonal menjelang haid, daya tahan tubuh seseorang umumnya juga cenderung menurun. Peluang terkena berbagai gangguan pun jadi semakin besar. Di antaranya gangguan sariawan, terutama bila kondisi kebersihan mulut kurang terjaga.

 

  1. Perut melilit

Gejala PMS ini muncul akibat adanya kontraksi kuat dan merata dari seluruh otot yang terkait dengan organ-organ reproduksi. Bila dianalogikan, perut tak ubahnya seperti cucian yang sedang diperas. Betul nggak, girls?

 

  1. Diare

Otot-otot rongga perut yang bekerja ekstra menjelang haid besar kemungkinan ikut memengaruhi aktivitas otot-otot pencernaan hingga terjadilah diare.

 

  1. Ambeien

Diare dengan intensitas cukup sering biasanya membuat yang bersangkutan harus bolak balik ke belakang. Tak heran kalau gangguan ambeien pun bisa muncul.

BACA JUGA:  Menstruasi Bukan Hal yang Memalukan - Ingat Akan 5 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!

 

Kenali 21 Gejala PMS.

Kenali 21 Gejala PMS. Image via Victoria Health

  1. Payudara terasa tegang

Umumnya, menjelang haid perempuan akan merasa payudaranya terasa tegang dan “penuh” akibat membanjirnya aliran darah ke daerah ini. Payudara pun terasa nyeri saat disentuh.

 

  1. Gelisah

Perasaan gelisah ini muncul karena yang bersangkutan merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri akibat berbagai perubahan mendadak menjelang haid di atas.

 

  1. Sering lapar

Saat PMS, nafsu makan pun biasanya meningkat. Disarankan untuk memilih makanan yang kaya serat yang bisa sekaligus meredam keluhan.

 

  1. Susah tidur

Kondisi emosional yang kacau ditambah kondisi fisik yang tidak nyaman disertai aneka keluhan yang mengganggu, terutama rasa nyeri, membuat pola tidur pun terganggu.

 

  1. Mual

Keluhan ini muncul karena rangsangan pada syaraf-syaraf di perut akan naik ke saluran cerna bagian atas. Rasa melilut di perut berubah menjadi rasa mual karena menyentuh sistem pencernaan.

 

  1. Bobot tubuh naik

Bobot tubuh naik akibat peningkatan produksi hormon kortisol yang berujung pada tertimbunnya air dalam tubuh, terutama dada, kaki, dan tangan. Amat disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan gula untuk mengurangi retensi air.

 

  1. Lemah, letih, lesu

Ketidaktahuan yang membuat perempuan mengikuti kata hatinya untuk makan sembarangan membuat kadar gula darah cenderung menurun. Tak heran kalau tubuh pun menjadi gampang lemah, letih dan lesu.

 

  1. Keringat dingin

Ini umum terjadi karena yang bersangkutan menahan rasa sakit yang tidak tertahankan.

BACA JUGA:  7 Cara Makan Sehat saat Pesta Tahun Baru

 

  1. Tubuh terasa pegal

Kerja otot-otot tubuh yang berlebihan ketika mempersiapkan luruhnya sel telur menjelang haid inilah yang memunculkan keluhan pegal-pegal.

 

  1. Nyeri

Saat kita mengalami gejala PMS, prostaglandin diproduksi secara berlebih. Aktivitas tinggi dari reseptor di mulut rahim yang bertugas “menangkap” prostaglandin itu menimbulkan rasa nyeri.

 

  1. Cenderung malas

Rasa malas muncul akibat rasa tak nyaman pada tubuh. Akan tetapi, kecenderungan ini harus dilawan, girls. Perlu diketahui, bahwa gejala PMS justru akan berkurang jika kita bergerak aktif secara fisik.

 

Nah, itu dia 21 gejala PMS yang umum dialami oleh perempuan. Kamu mengalaminya juga, girls? Tenang, kamu enggak sendiri. Jadi, tetaplah cool dan nikmati saja anugerah kamu sebagai perempuan.

Jangan terlalu mudah menelan obat-obatan kimia untuk mengurangi gejala PMS yang dirasakan. Akan lebih baik jika kamu mengatasinya secara alami saja, misalnya dengan mengompres perutmu dengan sekantung air hangat untuk meredamkan kram yang terasa. Begitu juga dengan migrain dan berbagai gangguan lainnya itu. Perbanyak istirahat, dan makanlah makanan sehat. Seiring waktu, gejala PMS kamu pun akan berkurang.

Tetap sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.