Kuliner

Buah Kurma: Kandungan Gizi dan 2 Resep Minuman untuk Berbuka Puasa

Selain karena memang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW, ternyata kandungan gizi buah kurma juga baik sekali untuk berbuka bagi kamu yang telah berpuasa seharian penuh.

BICARAPEREMPUAN.COM – Buah kurma. Si kecil ini sangat dianjurkan untuk disantap saat berbuka, juga saat sahur. Kenapa ya? Kok penting banget. Apa yang dipunyainya?

Buah kurma merupakan salah satu buah bercita rasa manis yang berkhasita meregulasi proses pencernaan dalam tubuh kita, girls. Konon nih, dengan makan kurma, energi kita yang habis bisa langsung pulih kembali dalam waktu 30 menit setelah memakannya.

Hal ini mungkin terjadi oleh karena kandungan gula alami kurma yang cukup banyak, yang bisa memulihkan tenaga kita yang sudah habis.

Ya, dalam beberapa jurnal yang mengulas mengenai kandungan gizi kurma, ternyata betul nih. Kurma mengandung 80% gula, dan sisanya adalah protein, lemak, dan mineral. Kurma juga mengandung serat tinggi dan juga merupakan sumber kalium.

Tahukah kamu, lima buah kurma, atau sekitar 45 gram buah kurma, mengandung 115 kalori, dan hampir semuanya berasal dari karbohidrat.

BACA JUGA:  Resep Praktis: Resep Es Loli Oreo Stroberi

Bisa dihitung pula, bahwa dari 100 gram kurma yang kita makan, kita akan memperoleh sekitar 280 kalori dan 65 gram gula. Dan ya, itu bisa banget untuk menggantikan tenaga yang habis setelah seharian berpuasa.

Kandungan gizi kurma juga begitu baik, karena mengandung potasium tinggi, yang mampu mengobati kelelahan otot, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi potensi terkena stroke.

Sedangkan, kandungan gizi kurma yang berupa vitamin A juga sangat tinggi, sehingga membuat kurma baik untuk kesehatan mata kita.

Kandungan gizi buah kurma

Makanya, buah kurma makin menjadi makanan yang wajib ada saat mendekati saat berbuka ya. Mengonsumsinya setelah seharian berpuasa, selain memulihkan tenaga, juga dapat membantu kita untuk menghindari makan yang berlebihan saat berbuka. Dan kemudian, girls, saat tubuh mulai menyerapi nutrisi dari kurma, maka rasa lapar berlebihan itu pun juga hilang.

Nah, buat kamu yang pengin menghadirkan kurma dalam menu berbuka, dan pengin sesuatu yang lain, bisa coba nih. BiPer punya 2 resep minuman yang menggunakan kurma sebagai bahan utamanya. Seger banget lo! Cobain yuk!

BACA JUGA:  Buka Puasa Sehat dengan 6 Tips Ini

Beberapa resep minuman berbahan buah kurma

1. Resep Smoothies Buah Kurma

Smoothie buah kurma
Via Bon Appetit

Bahan:

  • 10 buah kurma segar, buang bijinya
  • 250 ml yoghurt plain dingin
  • 100 ml susu cair dingin
  • 75 ml madu (sesuai selera)

Cara membuat:

Masukkan semua bahan ke dalam blender, dan haluskan. Tuang ke dalam gelas, siap disajikan.

2. Resep Milkshake Buah Kurma dengan Stroberi

Milkshake buah kurma dengan stroberi
Via Vegetarian Gastronomy

Bahan:

  • 5 buah kurma
  • 5 buah stroberi
  • Susu cair dingin 200 ml
  • 5 sendok makan madu (sesuai selera)
  • Es serut 100 gram
  • Whipped cream

Cara membuat:

Haluskan semua bahan dalam blender. Tuang ke dalam gelas, tambahkan whipped cream dan potongan stroberi di atasnya.

Gimana, girls? Kayaknya menyegarkan banget kan? Pastinya cucok banget nih, kalau bikin sebentar untuk berbuka bareng nanti ya?

Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya sekarang!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: