Kecantikan

Nggak Suka Memakai Make Up? 5 Hal Baik Ini Akan Terjadi Padamu

Ada yang nggak suka memakai make up? Jangan merasa kudet!

BICARAPEREMPUAN.COM – Percayakah kamu, girls, bahwa di balik keindahan make up, terdapat wajah cantik natural asli setiap perempuan?

Pastinya percaya ya?

Memakai make up tampaknya sudah menjadi ritual maha penting bagi setiap perempuan. Tidak jarang perempuan sangat menikmati waktu ber-make up-nya karena selain menjadi terkesan lebih cantik, ada kepuasan sendiri saat melihat warna-warni cantik menghiasi wajah.

Well, tentu saja tidak ada yang salah kalau kamu suka memakai make up. Perempuan mana pun berhak untuk mempercantik dirinya. Namun, mungkin kamu akan mempertimbangkan untuk tampil seperti Alicia Keys, yang nggak memakai make up? Yes, apalagi kalau tahu manfaat no make up day bagi wajah kamu. Apa saja?

5 Manfaat baik jika kamu tak memakai make up

Mempertahankan Jati Diri - tanpa memakai make up

Terlihat lebih muda

Mungkin kamu sudah menyadari besarnya perbedaan antara dirimu yang ber-make-up dengan wajahmu saat bebas make up. Tanpa memakai make up, wajahmu akan terlihat alami dan jauh lebih muda.

Yes, kulit tanpa make up akan memancarkan cahaya dan rona natural yang sebelumnya tertutup produk make up. Jika sebelumnya kamu selalu memakai make up setiap hari, coba deh sesekali lakukan no make up saat kuliah. Bisa jadi, kamu akan dikira anak SMA!

Wajah tanpa make up bukan berarti juga malas untuk membersihkan wajah. Itu sih tetap harus rutin! Tetap lakukan perawatan kulit wajah ya, supaya kulit kamu tetap segar, mencegah jerawat dan bersih dari debu atau kotoran yang menempel.

BACA JUGA:  Begini Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan 5 Bahan

Yah, mungkin untuk wajah yang lebih bercahaya dan menghindari kusam, kamu bisa poleskan sedikit pelembap, bedak tipis dan lipbalm untuk trik bebas make up ke kantor ataupun ke kampus.

Kulit lebih sehat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk make up itu mengandung zat-zat kimia yang kurang ramah bagi kulit. Belum lagi ditambah dengan alat make up, seperti kuas, dan sponge make up, yang sering lupa kita bersihkan.

Pun kadang kamu juga memaksakan untuk tetap memakai make up meskipun sedang berjerawat.

Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti inii bisa memperparah kondisi kulit wajah kamu, bahkan bisa jadi akan memunculkan jerawat baru. Belum lagi, kalau make up-nya kurang cocok, bisa menimbulkan alergi kulit, dermatitis, iritasi dan inflamasi kulit.

Kalau kamu memutuskan untuk break sejenak dengan produk dan alat-alat make up yang biasa kamu gunakan, coba rasakan deh, pasti kamu akan merasakan perubahan positif pada kulitmu.

Misalnya, kamu akan menyadari banyaknya breakout yang hilang dari wajah, atau kemungkinan terkena alergi make up pun akan menurun.

Pori-pori lebih bersih

Produk-produk kosmetik yang biasa kamu gunakan–sebut saja alas bedak, BB Cream, concealer, bedak, blush on, dan lain-lainnya itu–ternyata dapat masuk dan terjebak di dalam pori-pori.

Kalau kamu bukan tipe perempuan yang rajin membersihkan wajah–terutama sesaat sebelum tidur–maka sisa-sisa make up tersebut akan terakumulasi. Akibatnya kotoran ini tercampur dengan minyak alami wajah dan sel kulit mati. Komedo membandel yang merusak penampilan kulit pun muncul.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah - Jangan Sampai Salah!

Tahu nggak sih, girls, bahkan saat tanpa memakai make up pun, pori-pori kamu itu sudah terancam oleh sumbatan debu, kotoran dan polusi loh.

So, kalau kamu sekarang sedang mengalami masalah komedo ini, cobalah untuk berhenti memakai make up. Jika ingin kulit lebih sehat dan cantik, kamu harus fokus dan rutin membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat, dan bebaskan dulu kulit wajah kamu tanpa memakai make up sementara waktu.

Selain menjaga kebersihan pori-pori, no make up juga akan menjaga kelembapan dan kelembutan kulit kamu, karena kulit mendapatkan kesempatan untuk bernapas dengan bebas.

Tidak perlu repot membersihkan make up

Nah, ini nih, yang tadi juga sudah dibahas di atas. Selain memang mager, terkadang make up ini memang bandel, susah bersih dari wajah. Apalagi kalau make up-nya waterproof.

Untuk membersihkan sisa make up seharian, kamu mungkin terpaksa harus menggosok-gosokkan kapas pembersih ke wajah kamu dengan keras. Girls, yang begini ini dapat mengakibatkan iritasi lo!

Tapi, kan juga nggak mungkin kita tidur tanpa membersihkan wajah dengan benar? Memangnya, siapa sih yang mau wajahnya dikerubungi kuman, bakteri, debu dan polusi yang bekerja sama untuk merusak wajah?

Tapi, kalau kamu berhenti memakai make up, maka kamu juga tidak perlu lagi harus kerepotan menghapus make up.

Eits, tapi ini bukan berarti wajah tidak perlu dibersihkan lo! Tetap harus selalu dibersihkan setiap selesai melakukan kegiatan ya! Hanya saja, jadi lebih mudah dilakukan.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

Menghemat waktu

Berapa lama sih waktu yang kamu butuhkan untuk memakai make up? 10 menit? 20 menit? 30 menit?

Biasanya nih kaum perempuan selalu bangun lebih pagi agar bisa menghabiskan waktunya agar bisa bermake up dan tampil sempurna.

Tapi, kalau kamu berhenti memakai make up yang berlebihan, maka kamu pun dapat mengalokasikan waktu tersebut untuk tidur lebih lama, menikmati sarapan pagi dengan enjoy, atau berangkat lebih cepat untuk menghindari macet. Bener nggak?

So, girls, BiPer sih bukannya melarang kamu untuk memakai make up, karena memang untuk sebagian besar perempuan, make up berarti adalah kepercayaan diri. Hanya saja, tak perlu sampai berlebihan dan lebih baik disesuaikan dengan agenda dan tempat kamu akan pergi hari itu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: