Kesehatan

Hindari Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Gaya Hidup Sehat

Sedikit perubahan dalam hal diet, exercise dan berat badan bisa membantu menghindari tekanan darah tinggi.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kapan terakhir kamu mengecek tekanan darah? Jangan-jangan sudah 3 atau 6 bulan lalu, betul? Atau sama sekali dalam kurun waktu setahun kamu nggak pernah ngecek tekanan darah?

Bisa saja itu terjadi, karena kebiasaan kita nih nggak mau repot ke dokter, lebih memilih ke apotek saja menanyakan obat, panggil tukang pijat ke rumah. Kalaupun ke dokter, itu sudah dalam kondisi yang memang sudah genting banget.

Hal kecil inilah yang membuat kita menjadi lalai akan pentingnya mengetahui tekanan darah.

Sebagai contoh, kita merasa sakit bagian tengkuk leher, kita katakan palingan kecapekan atau salah tidur. Padahal, biasanya nyeri di bagian tengkuk itu bisa terindikasi tekanan darah tinggi lo, atau biasa dikenal hipertensi.

Lebih parah lagi kalau kamu cuek. Bisa-bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Duh! Enggak bisa main-main nih, girls!

Makanya ada yang menyarankan, agar sebulan sekali kita rutin mengecek tekanan darah. Di apotek biasanya menyediakan layanan ini secara gratis, atau dipaket dengan check up asam urat, kolesterol dan gula darah. Atau bisa juga ke dokter umum sekaligus konsultasi.

Dari beberapa literatur dan konsultasi dengan dokter keluarga, tekanan darah tinggi itu terjadi sebagian besar karena gaya hidup yang tidak sesuai. Seperti misalnya, makanan enggak dikontrol, olahraga jarang dilakukan, diet yang salah, dan berat badan yang berlebihan.

Makanya untuk masalah tekanan darah tinggi, para dokter sering menyarankan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat!

Lakukan 5 gaya hidup sehat ini bisa membantu menghindari tekanan darah tinggi

Diet Sehat Berdasarkan Zodiak Ini Bisa Kamu Coba Supaya Tubuhmu Lebih Nyaman!

1. Kurangi Sodium

Kurangi konsumsi sodium yang berlebihan.

BACA JUGA:  Gaya Hidup Vegetarian, Tetap Sehat Tanpa Protein Hewani dalam 5 Langkah

Kenapa?

Sodium bisa meningkatkan tekanan darah dengan menyebabkan tubuh menahan cairan berlebih. Dan ini memberi tekanan lebih pada jantung dan pembuluh darah.

Berapa banyak sodium yang aman untuk dikonsumsi?

The American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari 2.300 miligrams per hari dan ukuran ideal untuk orang dewasa tidak lebih 1.500 mg per hari.

Jadi, girls, kalau kamu mau memasak sendiri, perhatikan banget ya, pemakaian garam dalam makanan kalau boleh diseimbangkan. Mending kurang daripada berlebihan.

Apabila kamu mengonsumsi makanan kemasan, ada baiknya juga mengecek label nutrisi di kemasan bagian belakang.

Menurut Rachel Johnson, Phd, professor nutrisi dari Universitas Vermont di Burlington dan mantan ketua The American Heart Association’s nutrition committee, sebaiknya hati-hati dengan ‘salty six’.

Salty six adalah istilah untuk makanan popular yang bisa menaikkan kadar sodium. Apa saja tuh? Roti dan rolls, cold cuts dan cured meats, sandwich, pizza, sup dan ayam.

2. Tingkatkan asupan kalium

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah. Karena, kalium bisa melambatkan efek dari sodium.

Beberapa sumber makanan yang mengandung kalium dan direkomendasikan untuk dikonsumsi seperti :

  • Buah seperti pisang, apricot dan delima.
  • Sayur seperti kecambah, bit.
  • Produk susu yang mengandung rendah lemak (1%) atau bebas lemak.
  • Air kelapa
Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak yang Penting Ini!

3. Makan yang seimbang

Kamu pernah mendengar DASH diet?

DASH diet ini adalah singkatan dari the dietary approaches to stop hypertension. Formula diet ini diciptakan berdasarkan penelitian dari the National Heart, Lung and Blood Institute, bagian dari the National Institutes of Health.

DASH diet sudah terbukti bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi, menurunkannya, dan menstabilkan kolesterol, di mana dua faktor ini sangat berpengaruh menurunkan risiko serangan jantung.

BACA JUGA:  7 Manfaat Olahraga yang Seharusnya Bisa Meyakinkanmu untuk Memulainya Secara Rutin Besok Pagi

Dalam DASH diet disarankan untuk melakukan beberapa hal ini setiap hari:

  • Makan beragam sayur dan buah-buahan
  • Biji-bijian
  • Produk susu yang bebas atau rendah lemak
  • Membatasi sodium dan makanan dengan lemak jenuh yang tinggi
  • Mengurangi pemanis dalam makanan dan makanan yang mengandung gula.
  • Inti dari DASH diet ini adalah menyeimbangkan pola makan Mama.

Jika kamu memang ada kecenderungan untuk punya tekanan darah tinggi, maka cobalah lakukan DASH diet ini. Jangan mengganti semua hal sekali waktu tapi lakukan bertahap. Mulailah dari hal termudah yang bisa kamu lakukan seperti menambahkan beberapa buah dan sayuran dalam porsi makanan.

Kalau kamu stuck dan nggak bisa melakukan DASH diet ini, konsultasilah ke ahli nutrisi. Mereka akan membantumu mengelola pola makan sehari-hari.

4. Lakukan kegiatan fisik, banyak bergerak

“I always recommend that people find something that they enjoy doing to stay in shape. For example, line dancing, walking outside, and riding a bike are all good ways to get active,” ungkap Scott Parker, a health and fitness trainer and a national spokesperson for #GoRedGetFit.

Kegiatan fisik memang nggak selamanya mesti ke gym, yes. Push up, squat, yoga, kegiatan fisik ini bisa kamu lakukan di rumah tanpa perlu daftar member ke gym.

Pengin terkontrol untuk urusan kegiatan fisik? Coba deh, download aplikasi semacam Fitbit, MapMyRun yang sangat membantu untuk keeping track langkah tiap hari, kalori yang terbakar, berat dan number of miles run.

Hindari Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Gaya Hidup Sehat

5. Pertahankan berat badan yang sehat dengan lebih banyak bergerak dan pola makan yang lebih baik

Salah satu hal yang terpenting yang bisa kamu lakukan untuk menghindari tekanan darah tinggi adalah mengontrol berat badan.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

Jadi, tekanan darah itu berbanding lurus dengan berat badan. Nah, tekanan darah tinggi bisa terjadi jika kamu mengalami kenaikan berat badan. Ada baiknya memang mengontrol berat badan dengan memperhatikan apa yang dimakan dan melakukan kegiatan fisik.

Para ahli nutrisi pun menyarankan untuk makan masakan rumahan sebisa mungkin. Kalaupun kamu mesti memilih makanan siap saji, sebaiknya bacalah terlebih dahulu label nutrisi. Ini membantumu untuk mengetahui berapa banyak kalori, sodium, lemak dan potassium di dalam makanan.

Tak lupa juga, mereka mengingatkan untuk lebih menikmati hidup. Carilah, cara untuk hidup lebih sehat, dan di saat gaya hidup sudah berubah makan perlahan hal itu akan menjadi kebiasaan.

Gimana, girls, semua memang kembali lagi ya ke gaya hidup sehat. Butuh waktu, pastinya, enggak bisa sekali jalan saja, makanya diperlukan niat dan konsistensi kuat dalam menjalankannya.

Rutinlah mengecek tekanan darahmu. Demi hidup sehat, kalau sudah terdetesi tekanan darah tinggi setidaknya kamu bisa melakukan tindakan penyembuhannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: