Hobi Baca Buku? Ini Dia Beberapa Plus dan Minus E-Book untuk Menyalurkan Hobi Kamu

BICARAPEREMPUAN.COM – Berwujud seperti tablet, gadget E-book atau yang biasa disebut dengan kindle ini juga punya fungsi yang sama dengan buku konvensional, yaitu menyediakan berbagai macam bacaan–mulai dari bacaan nonfiksi seperti panduan hingga novel. Kamu tertarik untuk mencoba menyalurkan hobi baca buku kamu dengan membaca E-book?

 

Coba yuk, kita lihat dulu plus dan minusnya membaca buku dengan E-book!

 

Hobi baca buku dengan kindle.
Hobi baca buku dengan kindle. Image via HuffPost

1.Lebih ramah lingkungan

Untuk membuat sebuah novel atau buku panduan–apalagi diktat kuliah–yang tebal maka dibutuhkan kertas yang berasal dari pohon, yang memerlukan air serta bahan bakar dalam pengolahannya.

Itu saja sudah banyak menyedot sumber daya alam tak terbarukan yang ada di bumi, girls. Belum lagi proses distribusi dari percetakan ke toko buku, tentunya kendaraan yang dipakai butuh bahan bakar juga, dan mengeluarkan gas karbon yang berbahaya.

Dengan memakai kindle untuk membaca e-book, maka hal-hal tersebut tentunya bisa terkurangi, dan kita tak menambah beban bumi lebih berat lagi kan?

 

2. Nggak boros tempat

Kamu butuh beberapa rak buku untuk menaruh koleksi bukumu? Ya, biasanya sih kalau kamu hobi buku, maka kamu juga akan menjadi seorang penimbun buku. Coba sekarang hitung deh, ada berapa rak buku yang kamu punya?

Belum lagi kalau diktat kuliah. Sering pegal-pegal di pundak karena memakai tas yang dipenuhi dengan diktat kuliah? Padahal dari masing-masing diktat hanya beberapa halaman saja yang kamu baca atau butuhkan tuh.

BACA JUGA:  Jenuh? Berikut 5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Pilih!

Coba bandingkan dengan memakai e-book, semua bacaan dan materi kuliah yang dibutuhkan bisa disimpan dalam satu gadget doang. Bentuknya simpel, ukurannya kecil, dan beratnya relatif ringan. Tinggal masukin tas saja deh!

 

3. Perhatian ekstra

Tak seperti buku yang ‘tahan banting’, kindle untuk e-book memang butuh perawatan ekstra. Layaknya gadget pada umumnya, kindle pun jangan sampai terkena air, terjatuh–apalagi terbanting–dan harus rajin diisi ulang baterainya.

Koneksi kindle dengan internet juga bisa menjadi ‘pintu masuk’ bagi virus malware laknat yang bisa merusak gadget ini. Kalau sampai terkena virus ini, ya bisa jadi koleksi buku yang sudah kita unduh pun hilang ‘termakan’ oleh virus.

Saran BiPer, jika kamu punya kindle, maka jangan lupa untuk memasang aplikasi antivirus ya, dan juga rajin backup data di luar e-book, misalnya ke external harddisk kamu.

 

4. Mudah lelah

Pantulan sinar dari lampu ke layar kindle bisa bikin mata kita cepat lelah, girls.

Ya, ini sih sebenarnya masalah klasik buat kamu yang hobi baca buku sih ya, apalagi kalau kamu membacanya dengan posisi kurang benar. Matalah yang biasanya menderita. Hal ini ditambah dengan kondisi kindle yang kurang lebih memang mirip dengan smartphone.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Android Selain Tik Tok Buat Kamu yang Suka Musik

Kalau membaca e-book terlalu lama di kindle, kita juga bisa mengalami sakit kepala, dan menyebabkan gangguan permanen pada mata, seperti rabun jauh ataupun rabun dekat.

Maka, usahakan tak lebih dari 2 jam berturut-turut ya, kalau kamu mau membaca e-book kamu.

 

5. Biaya relatif lebih ringan

Ya, untuk membeli kindle di awal mungkin kita memang harus merogoh dompet lumayan dalam, girls. Seperti kalau kita beli smartphone deh.

Tapi, setelah itu, kita bisa mengunduh berbagai jenis buku dengan biaya yang bisa mencapai sepertiganya. Bahkan banyak lo penyedia e-book gratis, tinggal unduh saja.

 

6. Hemat waktu

Mencari buku di perpustakaan atau di toko buku tentunya akan butuh waktu lebih banyak, juga tenaga dan biaya.

Tapi berbeda dengan e-book, girls. Kita bisa dengan cepat search kata kunci atau judul buku yang kita mau, juga melihat-lihat buku sejenis yang lain yang direkomendasikan dengan lebih cepat, tanpa harus pergi ke toko buku.

Kalau sudah ketemu, langsung bayar dan cus! Unduh deh!

 

7. Paling update

Coba lihat buku-buku kita deh. Biasanya sih sudah dicetak beberapa tahun yang lalu, apalagi untuk buku-buku nonfiksi–seperti buku panduan–atau diktat kuliah.

BACA JUGA:  Jenuh? Berikut 5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Pilih!

Kalau kita memakai e-book, maka kita bisa mendapatkan versi update-nya dengan lebih cepat biasanya, girls. Tinggal pilih saja tanggal update, lalu ya, update e-book deh. Biasanya penambahan materi bisa otomatis.

 

Nah, banyak kan keuntungan dan kelebihan e-book yang bisa kita baca melalui kindle dibandingkan membaca buku konvensional? Cocok banget nih buat kamu yang hobi baca buku.

Namun, dewasa ini e-book pun juga sudah banyak versi bajakannya, girls. So, kamu harus memastikan e-book yang kamu unduh dan koleksi adalah buku-buku asli dan resmi ya. Apalagi kalau buku itu memang bagus atau kita benar-benar perlukan isinya, sudah selayaknyalah kita memberikan apresiasi berupa royalti pada sang penulis.

Setuju kan?

So, kamu sudah membaca buku apa nih hari ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.