Hobi

Hobi Belanja Online? Nggak Masalah Asal Perhatikan 11 Hal Ini!

Belanja online? Ini hobi yang menguntungkan menjelang hari raya begini lo!

BICARAPEREMPUAN.COM – Duh, apa yang lebih menyenangkan dari sore yang luang, setelah separuh hari yang hectic, baik di kantor maupun di rumah? Apalagi, kalau diisi dengan secangkir teh atau kopi dengan kudapannya, dan … belanja online!

Menatap layar komputer. Memandangi barang-barang lucu. Membanding-bandingkan harganya. Lalu bawa ke keranjang. Siap bayar! Hmmm, benar-benar pengalaman yang mengasyikkan! Bahkan bagi sebagian perempuan, belanja melalui jalur daring begini lebih menyenangkan ketimbang belanja langsung ke tokonya.

Kamu termasuk yang mana nih, girls? Tim belanja online atau tim belanja langsung?

Hobi ini nggak buruk-buruk amat kok. Malahan, bisa banget dimanfaatkan kalau lagi musim diskon, atau menjelang hari raya gini. Siapa juga yang mau berdesak-desakan di toko, bermacet-macetan di jalan, buat belanja langsung, iya kan? Sedangkan kita bisa belanja online dari mana saja; dari rumah, kantor, bahkan sambil ngopi di kafe.

Lagi pula, menurut BiPer nih ya, belanja online ini lebih “aman” ketimbang belanja langsung, karena meminimalkan peluang lapar mata.

Nah, supaya hobi belanja online ini maksimal manfaatnya, tapi tetap nggak “membahayakan”–tahu kan, girls, apa bahayanya?–maka perhatikan 7 hal ini dulu ya!

11 Hal untuk Diperhatikan Sebelum Belanja Online

Belanja baju - hobi belanja online

1. Cek dan ricek tentang tokonya

Barangkali kamu pernah mendengar tentang penipuan online shopping, girls?

Nah, ini memang jadi sisi buruk dari belanja online ya–kita nggak bisa langsung melihat dan berinteraksi dengan penjualnya. Paling banter kita hanya bisa chatting. Dengan chatting, siapa yang bisa menjamin bahwa si pihak online shop tidak akan menipu? Hampir nggak ada.

BACA JUGA:  Jenuh? Berikut 5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Pilih!

So, sempatkanlah melakukan penyelidikan tentang toko yang akan dipercayai transaksi. Apakah namanya familier? Kalau tidak, dari mana kamu mengetahuinya? Hasil rekomendasi teman, melihat di sebuah media, atau melalui mesin pencari?

Kalau ada kolom komentar, baca saja satu-satu, apakah ada yang pernah komplain mengenainya atau tidak. Jangan sampai menyesal nanti, karena tidak melakukan cek ricek dulu.

2. Gunakan Fitur Pembatas Harga

Supaya kamu tidak bersedih hati kalau ada barang yang disuka tapi harganya selangit, maka filterlah harga sesuai bujetmu, selain hanya menuliskan jenis barang saja.

Telusuri hanya barang-barang yang sesuai dengan bujetmu, dan singkirkan barang-barang yang di luar bujet.

3. Tawar kalau perlu

Enaknya lagi kalau belanja online itu, kamu kadang masih bisa nawar lo! Terutama kalau kamu belinya semacam di Instagram, yang bisa chat penjualnya langsung.

Ajak chat saja si adminnya. Katakan hal-hal bagus kepadanya, dan terus, rayulah untuk minta diskon. Kalau belum dikasih, minta ia mengabari kapan tokonya akan menggelar acara diskon. Lumayan kan?

4. Langganan Katalog

Terutama jika tokonya terpercaya, barangnya bagus-bagus, jasa pengirimannya tepat waktu dan ada asuransinya.

Dengan berlangganan katalog, kamu bisa jadi selalu update dengan produk keluaran terbarunya. Termasuk saat si online shop lagi masa diskon atau promo.

Klik saja tombol subscribe di webnya.

5. Pantengin Media Sosial

Selain katalog, para online shop itu biasanya punya akun media sosial. Ikuti banyak toko, girls, untuk mencari tahu kapan mereka mengadakan sale event.

BACA JUGA:  Hobi Baca Buku? Ini Dia Beberapa Plus dan Minus E-Book untuk Menyalurkan Hobi Kamu

Atau, terkadang ada toko yang hanya dengan like dan follow akunnya sudah memberi diskon. Lumayan kan?

6. Gunakan Point Reward

Jika kamu adalah pembeli setia sebuah toko online, kumpulkan poin reward sebanyaknya supaya bisa digunakan sewaktu-waktu. Misalnya saat ada barang lucu dan mahal, kamu bisa deh belanja online dengan diskon. Atau ditukar dengan hadiah-hadaih yang disediakan.

Asyik kan?

7. Asuransi itu Penting

Dan pastikan itu ada dalam perjanjian transaksinya. Sungguh Mama tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada barang yang sudah Mama bayar saat belanja online semasa perjalanannya menuju rumah Mama.

Jangan sampai nanti kecewa kalau barangnya rusak saat diterima.

8. Free Shipping atau Ongkir

Ada situs-situs belanja online yang memfasilitasi pengiriman gratis. Oh, ini harus dimanfaatkan banget nih!

Manfaatkan saja ini untuk menghemat biaya. Tapi jangan kesal juga kalau tidak diberikan ya, apalagi kalau beda kota atau negara.

9. COD lebih baik

Kalau belanja online, daripada membayar dengan kartu kredit, carilah toko yang menawarkan sistem Cash on Delivery, girls. Tapi, memang tidak semua online shop yang menyediakan layanan ini sih.

Tapi jika ada, tak ada salahnya juga jika kamu manfaatkan.

Yang jelas, telusuri benar-benar kredibilitas tokonya sebelum kamu klik untuk membayar.

10. Waspada Too Good to be True

Siapa yang menolak barang bagus dengan harga murah? Lagi pula, kita memang terbiasa membandingkan harga jika sedang belanja online kan?

BACA JUGA:  Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

Namun, yang sewajarnya juga, girls. Jangan sampai harganya terlalu indah untuk menjadi kenyataan, alias keterlaluan murahnya. Tidak masuk akal dan terkesan terlalu mengiming-imingi.

Kalau ketemu yang seperti itu, urungkan saja niatmu untuk belanja online, daripada tertipu karena termakan rayuannya!

11. Tetap Berhati-hati

Walau sekarang sudah banyak sekali online shop yang bisa dipercaya, namun ada baiknya untuk tetap berhati-hati.

Ingat, tidak ada satu toko pun yang berhak meminta nomor identitas, password, pin, atau apa pun itu yang bersifat pribadi.

Selain itu, masih ada banyak kasus mengenai pembajakan kartu kredit. Jadi, hati-hati juga bertransaksi menggunakan kartu kredit kamu, ya.

Jadi, masih tetap berada di kubu Tim Belanja Online daripada belanja langsung? You go, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: