Bisnis & Karier Fashion

Mau Wawancara Kerja Virtual untuk Pekerjaan Barumu? Tetap Harus Tampil Maksimal!

Meski hanya virtual, tapi kamu harus anggap serius wawancara kerja untuk pekerjaan barumu! Jangan cuma seadanya, termasuk soal penampilan.

BICARAPEREMPUAN.COM – Zaman sekarang, wawancara kerja virtual menjadi lebih umum. Biasanya hal ini terjadi karena jarak yang jauh dari lokasi pekerjaan, bisnisnya online, atau memang sedang melakukan social distancing.

Meskipun kamu tidak pergi ke kantor untuk melakukan wawancara kerja secara langsung dan formal, kamu tetap perlu terlihat rapi dan profesional.

Kalau kebetulan kamu bingung mau pakai pakaian seperti apa untuk wawancara kerja virtual kamu, di bawah ini ada beberapa saran yang mungkin dapat membantu dilema yang kamu alami.

13 Ide Pakaian untuk Tampil Oke Saat Wawancara Kerja Virtual

Mau Wawancara Kerja Virtual untuk Pekerjaan Barumu? Tetap Harus Tampil Maksimal!

1. Blazer

Untuk semua jenis pekerjaan, blazer adalah atasan yang sempurna untuk dikenakan saat wawancara kerja virtual.

Blazer memberikan tampilan profesional yang pasti akan mengesankan pewawancara. Blazer itu memberi gaya tersendiri yang populer untuk dapat tampil sebagai profesional.

Sekarang blazer ada banyak warna, pola, dan gaya yang lucu. Kenakan blazer yang sesuai dengan gayamu sendiri.

Merasa percaya diri dengan pakaianmu sama pentingnya dengan rasa percaya dirimu dalam wawancara kerja.

2. Jeans

Ya, memang sih, rekruter yang melakukan wawancara kerja virtual denganmu mungkin tidak dapat melihat tubuhmu bagian bawah. Jadinya, kamu mungkin tergoda untuk tetap memakai celana piamamu kan, girls?

But, no. Jangan pakai piama ya. Hal ini pasti kebawa pada penampilanmu loh secara keseluruhan, dan rekruter mungkin jadi bisa merasakan, bahwa ada yang sedang kamu “sembunyi”-kan.

Coba deh untuk memakai jeans. Jeans akan membuatmu merasa lebih produktif dan profesional. Jeans juga cocok dengan begitu banyak atasan berbeda, they will not be hard to match!

BACA JUGA:  Menghadapi Psikotes Tanpa Stres dan Panik? Lakukan 7 Tip Ini!

3. A Matching Set

Pakaian set yang serasi adalah salah satu jenis baju kerja yang paling mudah untuk dikenakan. Kamu enggak perlu terlalu memikirkannya, sudah pasti matching.

Biar semakin matching, tambahkan beberapa aksesori. Ini akan terlihat sangat profesional saat wawancara kerja virtual.

7 Kalimat Terlarang untuk Diucapkan Jika Kamu Bekerja di Kantor

4. Baju Atasan yang Berbeda

Pakai atasan yang sesuai. Ini penting, karena baju atasan akan terlihat oleh pewawancara, dan kamu pastinya nggak pengin membuat kesan buruk jika mengenakan baju yang kurang pantas.

Waspadai atasan dengan garis leher V atau apa pun yang menunjukkan terlalu banyak belahan dada. Coba juga untuk mengenakan baju dengan lengan yang lebih panjang dan pastikan tidak dipotong. Memiliki tampilan profesional dan tepat akan membuat kamu jauh lebih elegan, girls.

5. Sweater

Jika cuaca dingin di daerahmu, a cute sweater is a great look for your virtual interview.

Pastikan terlihat bagus di kameramu sebelum kamu memulai wawancara kerja ya. You want to look professional so keep the sweater simple. Mungkin warna-warna yang kalem seperti hitam, putih atau abu-abu will give off a classy style.

6. A Turtleneck

Untuk wawancara kerja virtual, kamu bisa coba juga untuk kenakan turtleneck.

Padukan dengan tatanan rambut yang ditarik ke belakang, lalu tambahkan anting-anting hoop.

Buat tampilan yang sederhana tapi yang dapat memberikan poin plus saat wawancara kerja. It is perfect for an interview and will set a good impression. Karena make a good impression akan berujung kamu tidak akan dilupakan pewawancaranya lho, girls!

woman having coffee while using laptop
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

7. Aksesori yang Sederhana

Jangan berlebihan dengan aksesori untuk wawancara kerja virtualmu.

Memakai terlalu banyak perhiasan bisa mengganggu. Jangan sampai di saat kamu sedang diwawancarai, kamu malah sibuk dengan aksesori yang kamu pakai dan terkesan tidak fokus ke pertanyaan yang diajukan pewawancara.

BACA JUGA:  4 Teror di Kantor yang Bisa Banget Ganggu Kinerja Kamu

8. Kemeja

Untuk terlihat profesional dan tetap bergaya pada saat yang sama, pakailah baju berkancing atau kemeja.

Pilihlah yang memiliki model simpel, dan kemudian menambahkan beberapa perhiasan. Pakai kemeja yang warnanya tidak telalu menyolok mata yah, girls!

9. Blus Putih Longgar

Cobalah beberapa blus yang longgar untuk tampilan chic and stylish.

Coba kenakan blus putih dengan lengan yang lebih longgar. Ini adalah gaya fashion yang sangat populer di dunia kerja. Antigagal deh.

Ini Dia 6 Kesalahan Baju Kerja yang Sering Dilakukan oleh First Jobber Menurut Para Pakar Fashion

10. All Black

Jika belum ada yang cocok, kamu juga bisa mencoba gaya yang berikut ini.

Coba kenakan pakaian dari atas sampai bawah berwarna hitam. Warna hitam membuatmu terlihat lebih langsing, dan juga akan terlihat bagus di kamera, sehingga akan membuatmu merasa lebih percaya diri.

Wearing a black top with black pants and shoes is a gorgeous look. Menambahkan perhiasan emas ke tampilan ini dapat membuatmu lebih bergaya.

11. Cardigan

Memilih tampilan yang lebih kasual juga baik untuk wawancara kerja virtual. Well, not too casual, but a sophisticated look while not overdoing it, girls.

Dalam beberapa kasus, untuk wawancara kerja virtual mungkin tidak perlu berpakaian sangat bagus.

Jika kamu ingin terlihat cantik tetapi dalam gaya yang kasual, cobalah mix and match kardigan dengan blus hitam atau putih agar warnanya tetap sederhana.

A cardigan is a professional looking style that you can wear comfortably around.

12. Scarf/Syal

Syal bisa menjadi aksesori yang sempurna untuk wawancara kerja virtual. Jika kamu mengenakan atasan sederhana yang menurutmu membutuhkan detail ekstra, throw on a cute scarf.

Karena kamera hanya menunjukkan bagian atas tubuhmu, maka syal akan menjadi sentuhan yang oke agar kamu terlihat profesional.

5 Tip Agar Kerja Lembur Kamu Lebih Efisien

13. Pakaian dengan Warna Netral

Wawancara kerja virtual mungkin bukan tempat untuk mengenakan atasan sweater berwarna neon atau blus dengan garis leher V yang memamerkan belahan dada. Iya, kamu boleh saja mengekspresikan gayamu sendiri, tapi jangan berlebihan ya, girls!

BACA JUGA:  Tren Fashion Imlek: 5 Tip Tampil Cantik Maksimal dengan Baju-Baju Keluaran Factory Outlet

Mengenakan warna dengan motif baju yang berlebihan, akan mendistraksi si pewawancara. So, cobalah tetap menggunakan warna netral untuk wawancara kerja virtual kamu. This can look more sophisticated and professional.

Hitam, abu-abu, putih, dan cokelat adalah warna untuk tampilan netral dan classy. Coba pilih beberapa atasan baru dalam warna-warna ini untuk tampilan yang segar dan gaya.

So, kalau kamu punya agenda wawancara kerja virtual dengan berbagai aplikasi video conference dekat-dekat hari ini, cobalah salah satu dari ide pakaian di atas. You will totally rock the interview and look professional and stylish.

Meski virtual, jangan sampai kamu salah kostum ya, girls, karena akan mempengaruhi penilaiamu saat wawancara nanti.

Go girl!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: