Cecintaan

Jangan Asal Curhat Meski ke Sahabat, Apalagi Soal Cinta

BICARAPEREMPUAN.COM – Saat mengalami masalah, adalah hal yang wajar kalau kita lantas gatal untuk curhat ya, girls? Apalagi zaman sekarang curhat makin gampang. Selain ke sahabat, kita juga bisa curhat ke media sosial.

Oops! Tapi, jangan asal curhat. Ada beberapa hal yang perlu diceritakan dan ada yang sebaiknya kita simpan sendiri, meski pada sahabat sekalipun.

Menurut Terri Orbuch, Ph.D, penulis buku 5 Simple Steps to Take Your Marriage from Good to Great, perempuan biasanya memang membutuhkan teman untuk membicarakan kehidupan, terutama percintaannya, ketika komunikasi mereka dengan pasangannya sedang tidak sehat.

Pada situasi ini, teman biasanya mampu memberikan dukungan, sudut pandang, dan informasi untuk menyelesaikan masalah hubungan.

Meskipun begitu, kamu tetap saja nggak perlu menceritakan semua hal yang ada dalam hubunganmu dengan si pacar pada orang lain. Sedekat apa pun, ada baiknya kamu selektif dalam memilih topik.

Selain kamu harus menghormati hubungan yang sedang kamu jalani, bisa jadi apa yang kamu lakukan justru akan menjadi bumerang dan terlihat buruk di mata teman-teman, karena sering mengeluh atau menjelek-jelekkan pasanganmu.

BACA JUGA:  Ini Dia 4 Tipe Karakter Pria yang Harus Kamu Waspadai

 

Berikut adalah 4 percakapan umum yang sering dilakukan oleh perempuan dalam curhat dengan sahabat terkait kehidupan cinta

 

Jangan asal curhat meski ke sahabat.

Jangan asal curhat meski ke sahabat. Image via maribor24.

  1. Haruskah saya meninggalkannya?

Sahabat yang baik tentu akan selalu ada di sisinu ya, apalagi kalau kamu sedang mempertimbangkan keputusan terberat seperti ini. Seorang sahabat akan siap mendengarkan setiap ceritamu dan memberikan sarannya.

Namun, yang perlu diingat ketika kamu berbicara dengan sahabat, jangan hanya menjelek-jelekkan pasangan dan menceritakannya dari satu sisi. Cobalah untuk menceritakannya secara lengkap dan bijaksana, sehingga sahabat pun bisa memberikan saran terbaiknya untuk hubungan cintamu.

 

  1. Saya tertarik dengan pria lain.

Untuk menceritakan masalah ini, kamu harus benar-benar selektif memilih teman yang bisa dipercaya. Baik untuk menjaga rahasia perasaanmu ataupun untuk tidak memberikan penilaian buruk pada diri kamu, girls.

Jika perlu, pilih seseorang yang usia hubungannya sudah matang. Yang sudah menikah, mungkin? Dengan demikian, ia bisa memberikan saran dari sudut pandang yang berbeda.

“Yang Anda perlukan hanyalah pengakuan, bahwa apa yang Anda alami sangatlah normal. Beruntunglah jika teman Anda bisa mengingatkan, bahwa tertarik itu berbeda dengan selingkuh. Yang penting adalah menahan ketertarikan Anda agar tak sampai selingkuh.” Begitu kata Prof. Orbuch.

 

  1. Saya pikir pacar saya selingkuh

Kecurigaan seperti ini tanpa sadar bisa membuatmu stres, karena terlalu memikirkannya. Pastinya kemudian kamu akan butuh teman untuk berbagi kekhawatiran ya.

BACA JUGA:  Gebetan Akan Menguji Dulu Cinta yang Kamu Berikan dengan 5 Cara Ini!

Seorang sahabat yang benar-benar mengenal kamu dan pacarmu bisa jadi akan bisa menenangkanmu untuk nggak perlu terlalu cemburu. Kalaupun kecurigaanmu benar, ia tentu akan berada di sampingmu, girls.

Namun, berhati-hatilah jika teman kamu memberikan komentar negatif dan malah justru menakut-nakutimu. Ini justru bisa merusak hubungan kamu dengan si pacar, apalagi jika kecurigaan tak terbukti.

 

  1. Saya nggak suka kebiasaan pacar

Well, pria memang diciptakan dengan keunikannya sendiri. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton tayangan olahraga atau menikmati beberapa menit untuk menyendiri setelah pulang kerja.

Daripada kamu selalu kebingungan menghadapi aksi ajaib para pria ini, sah-sah saja kok berdiskusi dan saling berbagi dengan sahabat mengenai hal tersebut.

Menurut Coopersmith, membagi kebiasaan pasangan dengan sahabat kita bisa membantumu menilai kebiasaan mana yang normal dan kebiasaan mana yang perlu dikhawatirkan.

 

So, girls. Masih tetap butuh sahabat sebagai tempat curhat? Boleh saja, tapi ingat, tak perlu semua kamu umbar juga padanya ya?

BACA JUGA:  Cemburu Bisa Merusak Hubungan - Lakukan 5 Tip Ini Untuk Mengendalikan Rasa Cemburu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: