Bisnis & Karier

Punya Bisnis Lintas Pulau atau Negara? Jasa Forwarding Solusinya

BICARAPEREMPUAN.COM – Hi, girls! Apakah di antara kamu yang pengin berbisnis lintas pulau atau negara, khususnya bisnis perdagangan? Kalau iya, maka jasa forwarding ini akan menjadi salah satu elemen yang penting lo!

Sektor perdagangan terus mengalami peningkatan yang berpengaruh pada kebutuhan jasa pengangkutan logistik. Jasa tersebut dikenal dengan sebutan freight forwarding, atau jasa forwarding, yang sering kali digunakan dalam bisnis impor dan ekspor.

Mari kita berkenalan dengan jenis layanan jasa satu ini!

Apa Itu Jasa Forwarding?

Forwarding adalah proses pengiriman dan pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Maka freight forwarding adalah sebuah jasa ekspedisi barang yang bertanggung jawab untuk memantau pergerakan dan pengiriman barang. Selain mengirim barang, jasa forwarding mengurus berbagai operasional terkait negosiasi harga, pemilihan rute dan transportasi yang ekonomis dan tercepat.

Jasa ini sangat membantu distribusi logistik dalam bisnis impor maupun ekspor. Pengiriman dan pengangkutan barang melalui jasa forwarding menawarkan jasa transportasi barang melalui jalur udara, laut, dan darat. Hal ini karena operasi pengiriman memiliki cakupan luas dengan jangkauan internasional.

Punya Bisnis Lintas Pulau atau Negara? Jasa Forwarding Solusinya

Layanan Jasa Forwarding

Pada umumnya, layanan jasa forwarding meliputi:

  • Mengurus perizinan kepabeanan mencakup ketentuan bea cukai tiap negara yang bersangkutan
  • Membuat dokumentasi impor dan ekspor internasional
  • Menanggung asuransi dan jaminan barang kiriman aman sampai di tujuan
  • Packing barang, penyimpanan di gudang, hingga manajemen persediaan
  • Menentukan rute jalur pengiriman yang aman dan ekonomis
  • Mengatur koordinasi pembelian hingga pengiriman barang

Dengan layanan tersebut yang menyeluruh terkait ekspor dan impor barang, jasa ini menjadi kebutuhan yang terus dicari dan diandalkan. Karenanya, pemerintah membuat regulasi terkait pajak pada jasa forwarding ini sebagai jaminan kepastian hukum bagi pengusaha.

BACA JUGA:  6 Cara Menghadapi Bos Killer Agar Pekerjaan Kamu Lebih Lancar

Pengiriman Barang

Jasa forwarding mengatur proses pengiriman ke dalam enam tahap:

  1. Mengangkut dan transfer barang dari pengirim ke gudang freight forwarder
  2. Mengurus perizinan ekspor barang di bea cukai
  3. Menangani pembongkaran barang serta mengadakan inspeksi dan validasi kargo untuk dokumen pemesanan
  4. Menyerahkan dokumen impor bea cukai untuk diperiksa di negara tujuan
  5. Memantau kargo hingga sampai ke kantor atau gudang tujuan
  6. Memastikan kargo dari gudang disampaikan ke tujuan akhir yaitu penerima.

Dari kerumitan proses pengiriman tersebut, kalau memang kamu ingin berbisnis lintas pulau atau negara, maka ada baiknya kamu menciptakan hubungan yang baik dengan jasa forwarding yang kamu pilih. Hal ini karena mereka akan bertanggung jawab menjaga barang kiriman. Sebelumnya, juga pastikan bahwa kamu memilih perusahaan jasa forwarding yang tepat, dapat diandalkan, dan dipercaya.

Terlebih, jasa ini akan menguntungkan bisnis kamu dalam berbagai aspek. Jika kamu memilih perusahaan yang tepat dan memiliki profesionalitas yang tinggi, kamu tidak perlu khawatir lagi akan barang kirimanmu. Pasti bisa sampai dengan aman. Mereka akan memastikan barang tersebut tiba tepat waktu dan menghemat biaya pengeluaran dalam pengiriman. Kamu tidak perlu melakukan proses pengiriman yang rumit sendirian.

Layanan Dokumen

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain proses pengiriman, jasa forwarding akan menyediakan berbagai dokumen penting terkait ekspor dan impor.

BACA JUGA:  Hal-Hal yang Akan Berubah di Dunia Kerja Setelah Pandemi COVID-19

Dokumen tersebut juga akan diserahkan untukmu, misalnya surat tagihan, bill of lading, certificate of origin statement, inspection certificate, lisensi ekspor, ekspor packing list, dokumen deklarasi ekspor pengirim. Dokumen tersebut penting untuk memastikan barang kiriman sampai tujuan tanpa masalah.

Nah, kamu sudah memahami manfaat dan proses pengiriman barang dengan menggunakan jasa freight forwarder. Namun, perlu diketahui jasa ini biasanya menawarkan berbagai cara pengiriman barang dengan menyesuaikan kebutuhamu.

6 Situs Belanja Online Paling Ngehits Sekarang Ini yang Bikin Kamu Nyaman dan Kalap Belanja

Cara Pengiriman Barang

Cara Pengiriman Barang Berdasarkan Alamat

Jika pengiriman barang kiriman ingin disesuaikan dengan kebutuhan alamat tujuan, maka terdapat 3 jenis cara dan layanan.

Pertama DD (Door to Door) yaitu mengirim barang dengan menawarkan layanan pengangkutan dari tempat eksportir ke tempat importir.

Kedua DP (Door to port) yaitu pengiriman barang yang diantar ke agen di sekitar bandara atau pelabuhan.

Ketiga, Port to Port dengan barang yang dikirim sendiri oleh pengirim ke bandara atau pelabuhan, dan penerima menjemput barang ke tempat kedatangan barang.

Cara Pengiriman Barang Berdasarkan Sistem Kirim

Layanan sistem kirim barang memiliki 2 jenis yaitu:

LCL (Less Container Loaded)

Sistem pengiriman dengan kapasitas atau jumlah barang di bawah standar muatan container. Barang akan dihitung berdasarkan kubikasi dan digabung dengan barang kiriman lainnya agar container terisi penuh dapat segera dikirim.

FCL (Full Container Loaded)

Sistem ini diperuntukkan bagi pengiriman barang dengan jumlah yang banyak dan memenuhi kapasitas muatan container sehingga tidak perlu digabung dengan barang kiriman lain.

Cara Pengiriman Barang Berdasarkan Jenis Kontainer

Jenis container dibuat berdasarkan kebutuhan barang kiriman. Keragaman dan sensitivitas barang memerlukan container yang dapat menampungnya dengan aman.

BACA JUGA:  4 Teror di Kantor yang Bisa Banget Ganggu Kinerja Kamu

Berikut ini beberapa jenis container yang perlu kamu ketahui juga:

  • Dry Container, merupakan standar kontainer yang sering digunakan untuk barang umum yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan fasilitas keamanan lain.
  • Reefer Container, jenis ini dilengkapi alat untuk mengatur suhu. Biasanya digunakan untuk bahan makanan yang harus awet agar tidak membusuk.
  • Open Top Container, merupakan container dengan bagian atap terbuka khusus untuk barang yang tinggi dan melebih ukuran standar dry container
  • Flat Rack Container, yaitu container berbentuk datar dan seluruh bagiannya terbuka dikhususkan untuk barang yang lebar.

Demikian penjelasan singkat terkait jasa forwarding. Dapat disimpulkan forwarding adalah sebuah jasa angkut dan pengiriman barang dengan jangkauan daerah yang luas. Jasa ini membantu bisnis kamu mengirimkan barang ke konsumen.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: