Kesehatan

7 Jenis Makanan Sehat aka Superfood yang Bisa Mengatasi Berbagai Permasalahan Kesehatan

You are what you eat. Menjadikan junk food atau makanan cepat saji sebagai konsumsi harian rutin sama halnya menumpuk sampah di dalam tubuh. Coba sediakanlah ke-7 makanan sehat aka superfood berikut, demi menjaga nutrisi diri kamu sendiri.

BICARAPEREMPUAN.COM – Karena kamu tahu kan, kalau makanan sehat itu pasti akan baik untuk tubuh, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang?

Untuk memahami kualitas nutrisi dan manfaat makanan sehat, kita perlu tahu ilmunya dulu, girls. Tentu saja ilmu tentang kandungan gizi dan manfaat makanan bagi kesehatan.

Sekarang ini, gaya hidup dan pola makan kita sangat jauh berubah. Terlebih semenjak marak penggunaan internet sebagai teknologi yang tak mungkin lepas dari kehidupan kita. Teknologi jugalah yang membuat kita mengenal dan mudah mendapatkan segala jenis junk food alias makanan cepat saji, yang serba ada, enak-enak, dan bisa dipesan secara online.

Well, kreativitas anak bangsa dalam mengembangkan sektor kuliner, khususnya jajanan kekinian, memang patut diacungi jempol ya, tapi tentu jenis bahan makanan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Contohnya, demi kepraktisan banyak penyedia makanan cepat saji menggunakan bahan pengawet, perasa sintetis, pewarna, dan zat-zat lain yang kita tidak tahu reaksi kimianya seperti apa jika masuk ke dalam sistem tubuh.

Itulah mengapa saat ini banyak sekali penderita kanker atau stroke di usia dini. Semua sangat berkait dengan pola hidup, khususnya pilihan makanan. Semestinya, kita meniru orang dulu yang mengonsumsi makanan, yang selain mengenyangkan tetapi juga mampu menjaga kesehatan tubuh.

So, demi kesehatanmu sendiri, kamu perlu tahu nih makanan apa saja yang termasuk ke dalam daftar superfood–yaitu makanan sehat yang selain mengenyangkan, juga menyehatkan, sehingga kamu pun bisa mengonsumsinya setiap hari

BACA JUGA:  Kerja Malam? 4 Tip Ini Akan Jaga Kamu Tetap Sehat

Berikut ini adalah jenis makanan sehat dan masalah kesehatan yang dapat diatasinya

Resep praktis salad bayam

Makanan penyembuh konstipasi

Konstipasi sangat merepotkan, menyebabkan perut tidak nyaman dan buncit. Penyebab utama konstipasi adalah kurangnya konsumsi serat.

Untuk mengatasinya tentu kita harus menambah asupan serat dari makanan sehat berupa sayuran, seperti bayam yang mengandung 4 gram serat dalam satu mangkuknya. Bayam juga mengandung zat laksatif yang mampu mendorong pergerakan pencernaan dalam usus.

Makanan lain yang tinggi serat yaitu jeruk, kiwi, oatmeal dan kopi. Ketika mengalami konstipasi, sebaiknya kita menghindari junk food, olahan susu dan daging merah, girls.

Makanan untuk naiknya asam lambung

Ketika asam lambung naik, sensasi yang dirasakan adalah rasa terbakar di dada. Salah satu makanan sehat yang bagus untuk mengatasinya adalah jahe yang dikenal dengan kandungan zat anti-inflamasi.

Selain itu, makanan tinggi serat, seperti brokoli, juga dapat mengurangi risiko gastroesophageal reflux disease atau GERD, yang ditandai dengan Barrett’s esophagus.

Dan, ternyata permen karet juga membantu meringankan gejala kelainan fungsi gastrointestinal juga lo, sebab mengunyah permen karet akan menstimulasi produksi saliva untuk menetralisir asam di esophagus. Asalkan permen karetnya bukan yang rasa mint ya.

Tidak hanya itu makanan seperti melon, apel, putih telur, oatmeal, dan sayuran dari akar, seperti wortel, juga bagus untuk penderita naiknya asam lambung.

Tetapi penderita penyakit ini harus menghindari konsumsi tomat, alkohol, cokelat, peppermint, jeruk, dan kafein.

10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

Makanan penyembuh diare

Diare bisa menjadi sangat bahaya, girls, terlebih dampaknya yang membuat tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi. Diare disebabkan oleh infeksi bakteri dalam pencernaan yang akan sembuh jika bakteri baik mendominasi ekosistem dalam usus.

BACA JUGA:  5 Makanan yang Sehat Tapi Ternyata Bisa Menjadi 'Silent Killer'

Beberapa jenis makanan sehat yang dapat menyembuhkan diare antara lain sumber makanan kaya akan probiotik seperti yoghurt dan kefir, tetapi produk susu lainnya justru tidak disarankan.

Sedangkan untuk merehidrasi tubuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya akan potasium namun rendah serat seperti pisang, nasi, minuman ber-ion, roti panggang, dan kentang panggang. Untuk sementara penderita diare disarankan menghentikan konsumsi produk susu, jeruk, makanan pedas, dan makanan tinggi serat.

Makanan yang mengurangi anxiety (kegelisahan)

Stres dan anxiety merupakan ketidakseimbangan psikologis yang tidak hanya mengganggu kesehatan mental, tetapi juga memengaruhi kesehatan fisik.

Untuk membuat diri lebih rileks dan tahan terhadap gangguan mental tersebut, kamu bisa menambahkan kunyit pada masakanmu. Kunyit mengandung curcumin, yaitu senyawa pelengkap zat yang mampu menguatkan proses otak, docosahexaenoic acid (DHA). Kekurangan senyawa ini dapat menyebabkan gangguan kognisi seperti anxiety.

Penelitian di Tiongkok menemukan bahwa konsumsi DHA dan EPA secara rutin yang terkandung dalam ikan salmon, cokelat, teh hijau, jeruk, dan blueberry dapat mengurangi kegelisahan dan amarah.

Makanan seperti cokelat berpengaruh pada pengaruh tingkat dopamin dan serotonin yang secara langsung dapat memengaruhi mood dan mengurangi kegelisahan.

Jenis makanan yang harus dihindari saat mengalami kegelisahan di antaranya adalah kopi, red wine dan permen.

Makanan penurun kolesterol

Menekan kadar kolesterol dapat dilakukan dengan konsumsi makanan sehat yang mengandung serat dan juga yang membuat perut kenyang lebih lama, seperti stroberi, terung, barley, oats, jeruk, kedelai, ikan berlemak, avokad, kacang-kacangan, dan bawang putih.

Untuk mengurangi kolesterol, hindari daging sapi, produk susu full cream, telur dan ayam.

7 Jenis Makanan Sehat aka Superfood yang Bisa Mengatasi Berbagai Permasalahan Kesehatan

Makanan pengurang tekanan darah tinggi

Jenis makanan sehat yang dapat meredakan tekanan darah tinggi di antaranya ikan salmon, timun, labu siam, cokelat, whole grain, tomat, wortel, dan daging unggas.

BACA JUGA:  Kacamata Kesehatan K-Link untuk Mata Lelah Karena Kebanyakan Melototin Gadget

Jenis makanan yang harus dihindari di antaranya adalah produk susu full cream, daging merah, makanan yang dipanggang, dan alkohol.

Jenis makanan pelelap tidur

Tidur nyenyak sangat baik bagi kesehatan, setuju kan, girls? Kurang tidur memang menyebabkan banyak dampak negatif pada tubuh.

Minumlah jus ceri yang kaya akan melatonin yang baik untuk meredakan insomnia. Selain itu, bisa dicoba juga mengonsumsi hummus yang kaya akan tryptophan, yaitu sejenis asam amino yang juga terkandung pada daging kalkun. Kamu juga bisa meminum teh chamomile, kiwi, nasi dan kale.

Hindari gula, saus panas, alkohol dan kafein.

Nah, kalau mau lengkap ya, variasikan bahan-bahan makanan sehat di atas dalam masakan sehari-hari kamu, dan sesuaikan dengan kebutuhan kesehatan dirimu sendiri.

Selamat masak … and hello, happy healthy life!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: