Kuliner

11 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Menu Diet

Yuk, atur menu diet kamu agar tubuh lebih sehat dan bugar. Pastikan jenis makanan sehat ini ada di dalamnya!

BICARAPEREMPUAN.COM – Menurut pendapat Michael Van Straten, seorang ahli pengobatan natural, akan lebih baik jika dalam menu diet kamu terdapat berbagai bahan makanan sehat, yang dapat memberi tambahan energi bagi tubuhmu. Karena, sesungguhnya tak ada makanan yang buruk, yang ada hanya diet yang enggak sehat.

Kedua belas jenis makanan sehat berikut ini merupakan makanan peningkat energi, penambah daya tahan tubuh, dan penunda proses penuaan lo! Coba lihat yuk, apa saja.

11 Jenis Makanan Sehat Wajib dalam Menu Diet

1. Apel

Buah Apel: Khasiat dan 5 Cara Memilihnya

Dalam satu hari, tubuh kita memerlukan masukan zat pectin dan vitamin C yang cukup, minimal dua kali dalam satu hari, untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan zat-zat ini, kita dapat mengonsumsi apel yang mengandung 2 unsur tersebut. Nutrisi yang terkandung dalam jenis makanan sehat satu ini juga dapat membantu memperkecil risiko terkena penyakit tulang, seperti encok dan rematik.

Sementara itu, buah apel yang diparut juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi diare lo, girls.

2. Wortel

Banyak yang sudah tahu bahwa kandungan vitamin A pada wortel dapat membuat mata menjadi sehat. Ternyata, selain kandungan vitamin yang berkhasiat, jenis makanan sehat satu ini juga mengandung betakaroten yang dapat membantu mencegah penyakit mata, liver, dan kulit. Juga dapat melindungi kamu dari risiko penyakit berat seperti kanker usus lo!

Dengan hanya mengonsumsi satu potong wortel besar dalam satu hari, itu saja sudah cukup untuk mengalirkan betakaroten yang diperlukan tubuh selama sehari.

BACA JUGA:  10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

3. Bawang putih

Bawang putih yang masih segar merupakan jenis makanan sehat yang terkenal ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih bisa berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan dapat melindungi tubuh dari serangan kanker.

Masih ragu memasukkan jenis makanan sehat satu ini dalam bumbu masakanmu, girls? Jangan lagi deh. Bawang putih sudah jelas sangat efektif menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan membantu pembuatan sel-sel darah dalam tubuh.

4. Bawang bombay

Jenis makanan sehat satu ini dikenal dapat berfungsi sebagai antibiotik yang membantu melindungi sistem sirkulasi dalam tubuh kita.

Selain itu, dengan mengonsumsinya, kamu dapat mengurangi sakit perut, sesak napas, dan infeksi saluran kencing. Bawang bombay juga memiliki khasiat seperti apel, girls, yaitu meringankan gangguan rematik dan encok.

5. Avokad

5 Tip Memilih Alpukat, Plus Resep Sup Alpukat Istimewa

Buah avokad memang dikenal memiliki kadar lemak tinggi, tetapi ternyata jenis makanan sehat satu ini juga memiliki kadar potasium tinggi, yang berarti mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, B, C, dan E.

Buah ini dapat membantu kamu memerangi kelelahan dan depresi, juga melindungi tubuh dari kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

Kelebihan lain dari buah yang lezat ini adalah berfungsi sebagai pemicu produksi zat antikerutan pada kulit akibat penuaan dini, karena buah ini mengandung vitamin E berkualitas tinggi.

Jadi, buat kamu yang ingin selalu tampak awet muda, avokad adalah pilihan jenis makanan sehat yang memenuhi syarat.

6. Pasta

Resep Praktis: Spaghetti Saus Kecap Asin Jepang

Mungkin kamu berpikir, diet akan terganggu jika mengonsumsi makanan lezat nan mengenyangkan seperti pasta ya?

Well, jika dilihat dari sisi yang lain, ternyata jenis makanan sehat satu ini kaya akan kandungan serat lo, juga vitamin B dan mineral. Kalau waktu makan tiba, nggak ada salahnya kamu coba menyajikan menu diet untuk makan siang ini: pasta dilengkapi minyak zaitun, buah tomat segar, bawang bombay, dan tuna.

BACA JUGA:  Resep Praktis: Resep Fusili Saus Sarden

Dengan begitu, kamu sudah mendapatkan santapan yang tinggi akan kandungan serat. Nilai plusnya, masak begini ini mudah dan praktis kan ya?

7. Kol

Kol yang kaya akan kandungan zat besi, zat hijau daun, zat sulfur, dan vitamin C ini dikenal dapat memerangi kanker, membantu mencegah anemia, dan menyembuhkan penyakit pada pencernaan.

Jenis makanan sehat satu ini juga dapat menangkal penyakit jantung, stres, dan infeksi.

8. Gandum

Gandum memiliki kandungan zat gizi yang cukup banyak, girls. Mulai dari kalsium, potasium, magnesium, silikon, protein, sampai vitamin B dan E.

Ini berarti gandum dapat juga membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol, dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuhmu.

9. Pisang

5 Tipe Atasan di Kantor Nan Toxic - Begini Cara Menghadapinya!

Di India, orang mengobati sakit perut dengan mengonsumsi pisang dan yoghurt yang berbahan dasar alami.

Yes, pisang adalah salah satu jenis makanan sehat yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan. Pisang memberi tubuh kita zat potasium, seng, serat, zat besi, zat asam, kalsium, dan vitamin B6.

Buah ini juga dapat melancarkan pencernaan, dan sangat baik dikonsumsi oleh perempuan di masa pra menstruasi.

Keampuhan lain dari buah ini adalah memberi tambahan energi yang cepat, cocok untuk kudapan di sela-sela waktu kerja.

10. Kentang

Kentang–yang tidak digoreng–banyak mengandung serat dan vitamin B serta C. Kentang rebus sangat baik bagi tubuh jika kamu tidak menghilangkan seluruh air rebusannya yang banyak mengandung vitamin itu, girls.

BACA JUGA:  6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dihangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!

Saat menyantapnya, kulit kentang lebih baik lagi kalau tak usah kamu kupas, karena justru di dalam kulit tersebut terdapat banyak nutrisi.

11. Kacang kedelai

11 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Menu Diet

Kacang kedelai merupakan bagian dari keluarga kacang polong yang kaya akan protein. Menurut Dr. Arien Van Der Merwe, masyarakat yang hidup di negara Asia yang negaranya memproduksi 60% kacang kedelai tiap harinya, mempunya persentase penyakit seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker usus, dan kanker prostat lebih rendah dibandingkan negara lain.

Jenis makanan sehat satu ini juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan tulang keropos. Untuk perempuan, khususnya, konsumsi kacang kedelai juga amat penting, karena kacang kedelai membantu menormalkan kadar estrogen yang rendah di tulang.

Kacang kedelai baik dikonsumsi setiap hari, minimal satu atau dua kali dalam seminggu.

Nah, girls. Tunggu apa lagi? Pastikan kesebelas jenis makanan sehat di atas ada dalam menu dietmu setiap hari ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: