Kesehatan

8 Jenis Yoga Baru yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tubuhmu Lebih Sehat

Begitu banyak program dan jenis yoga yang bisa kamu lakukan. Tinggal pilih sesuai kebutuhanmu, dan tentukan jadwal!

BICARAPEREMPUAN.COM – Yes, olahraga yoga semakin digemari. Karena yoga memang banyak banget manfaatnya, mulai dari melatih pernapasan hingga melatih otot.

Jenis yoga juga banyak. Mulai dari jenis tradisional seperti Hatha Yoga, yang merupakan perpaduan berbagai jenis yoga dan umumnya adalah basic untuk melatih pernapasan dan postur tubuh, Ashtanga Yoga yang lebih terstruktur dan progresif, Acroyoga yang memadukan gerakan yoga dan akrobat, hingga Bikram Yoga yang menggunakan suhu ruangan tinggi sekitar 42 derajat Celcius.

Well, you want something different than the common style, girls? Enggak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri. Kamu bisa mengikuti latihan berbagai jenis yoga ini di Indonesia kok.

8 Jenis Yoga Baru yang Bisa Kamu Coba

1. Acrovinyasa Yoga

Jenis Yoga: Acrovinyasa Yoga
Sumber: Surfset Singapore

Jenis yoga ini merupakan perpaduan Acrobatic Yoga dan Vinyasa Yoga, yang menghasilkan jenis yoga yang terfokus pada sinkronisasi pernapasan dan gerakan akrobatik, membangun kekuatan tubuh, dan melatih keseimbangan.

Dalam teknik ini, kamu akan belajar untuk memercayai, berkomunikasi secara jelas, dan berlatih give and receive dengan partner yoga kamu, girls.

2. AntiGravity Aerial Yoga

Jenis Yoga: AntiGravity Aerial Yoga
Sumber: iStock

Kamu juga dapat mencoba jenis yoga yang disebut dengan AntiGravity Aerial Yoga ini, yang merupakan perpaduan antara fitness, pilates, dance, gymnastic, dan yoga. Tubuh kamu bakalan digantung dan melayang sembari melakukan berbagai gerakan.

BACA JUGA:  9 Rahasia Meghan Markle Tetap Langsing Padahal Doyan Makan

Tubuh kamu akan seolah terbang dan kamu pun merasakan kedamaian dan ketenangan, sembari berlatih pernapasan dan mental focus.

Luar biasa kan?

3. Prenatal Yoga

Jenis Yoga: Prenatal Yoga
Sumber: Hipwee

Prenatal Yoga merupakan jenis yoga yang belakangan ini menjadi tren di antara kalangan para mama muda yang sedang hamil.

Bertujuan untuk mempersiapkan calon ibu untuk proses kelahiran dan menghadapi masa pemulihan pasca kelahiran, prenatal yoga dianggap dapat memberikan beberapa keuntungan, mulai dari fisik, emosional, mental, dan spiritual.

Perempuan yang berlatih yoga selama masa kehamilan juga terlihat mengalami perbaikan otot yang lebih cepat pasca kelahiran lo. Selain itu, jenis yoga ini juga dipercaya dapat membangun koneksi dan ikatan yang kuat di antara ibu dan calon bayinya.

Jika kamu berlatih jenis yoga ini, kamu akan melatih pernapasan, stretching, teknik relaksasi, dan meditasi untuk membuatmu merasa lebih tenang dan mampu melepas stres dan kecemasan selama proses kehamilan.

4. Yoga for Runners

Jenis Yoga: Yoga for Runners
Sumber: Corepower Yoga

Berlari merupakan salah satu olahraga favorit kamu, girls?

Sekarang, sudah ada kelas yoga di Jakarta yang akan membantumu, para atlet atau orang-orang yang senang berlari, untuk meningkatkan keseimbangan mental dan fisik, kewaspadaan dalam setiap gerakan, merilekskan, dan melatih fleksibilitas otot, khususnya pada otot yang sering digunakan ketika berlari, serta dapat melatih pernapasan.

BACA JUGA:  11 Trik Bugar dari Personal Trainer Para Selebriti Dunia yang Seksi

5. Barre Yoga

Jenis Yoga: Barre Yoga
Sumber: TripAdvisor

Jenis yoga ini merupakan perpaduan antara balet, yoga, pilates, dan atletik, yang bertujuan untuk membakar lemak, serta menggunakan alat-alat untuk menopang tubuh dalam gerakan yang statis maupun dinamis.

Beberapa program juga menggunakan small hand weights dan pilates stability balls dalam latihannya.

6. Kundalini Yoga

Jenis Yoga: Kundalini Yoga
Sumber: Yogadhara

Jenis yoga ini juga bisa kamu coba, girls. Merupakan perpaduan yoga dan meditasi untuk meningkatkan self-awareness, dengan merasakan sensasi, emosi, tubuh, dan pernapasan.

Selain itu, Kundalini Yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan, detox, rejuvenation, dan sebagainya lo!

7. Tantra Yoga

Jenis Yoga: Tantra Yoga
Sumber: Tantra Nectar

Buat kamu yang pengin meningkatkan keharmonisan, keintiman, kepercayaan, dan memperkuat koneksimu dengan pasangan, Tantra Yoga bisa jadi pilihan dengan beberapa gerakan berpasangan yang sangat kompak. Mulai dari seated twist, boat pose, dancer’s pose, hand-to-heart pose, dan masih banyak lagi.

Kamu dan pasangan enggak hanya akan merasa segar dan rejuvenated secara fisik, tetapi juga secara mental dan spiritual.

Tantra Yoga belum terlalu populer sih sebenarnya. Untuk saat ini, belum banyak sanggar yoga menyediakan latihan jenis yoga satu ini.

8. SUP Board Yoga

Jenis Yoga: SUP Board Yoga
Sumber: Yoga Journal

Jika ingin berlatih yoga di atas air, SUP Board Yoga atau Standing Up Paddle Board Yoga adalah jawabannya.

SUP Board Yoga merupakan jenis yoga yang merupakan kombinasi antara olahraga Standing Up Paddling dan Yoga. Di sini kamu akan mendayung di atas paddle board ke tengah laut, lalu sambil mengapung, kamu akan melakukan beberapa gerakan yoga.

BACA JUGA:  5 Kebiasaan Sehat Ini Harus Dilakukan oleh Para Wanita Karier Agar Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat!

Jenis yoga ini sangat challenging, girls, karena kamu enggak hanya akan berlatih konsentrasi, ketenangan, dan keseimbangan saja, kamu juga akan basah karena melakukannya sambil terapung di atas air!

Bagian paling serunya, kamu dapat menghirup udara laut yang segar dengan pemandangan luar biasa di waktu sunrise atau sunset, sembari berlatih yoga.

Wah!

Nah, girls, gimana nih? Yang mana jenis yoga yang menjadi favoritmu, atau pengin kamu coba?

Tetap sehat ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: