Karier

Menghadapi Psikotes Tanpa Stres dan Panik? Lakukan 7 Tip Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, ladies! Kalau kita mau melamar pekerjaan, biasanya banyak yang gugup saat harus menghadapi psikotes ya? Sepertinya memang jenis tes satu ini adalah salah satu jenis tes yang nggak bisa dimanipulasi dan nggak bisa dipelajari.

Nggak cuma kamu, girls, sebagian besar orang juga kerap dilanda kecemasan kalau harus menghadapi tes masuk kerja yang satu ini.

BiPer sendiri pernah baca dari seorang psikolog, bahwa tidak pernah ada trik jitu untuk bisa menaklukkan psikotes. All you can do is mempersiapkan diri sebaik-baiknya, sehingga badan dan otak kamu fit saat harus menghadapi psikotes.

 

Nah, begini cara mempersiapkan diri menghadapi psikotes supaya sukses

 

Persiapkan diri menghadapi psikotes.

Persiapkan diri menghadapi psikotes. Image via Freepik.

  1. Jangan lupa sarapan atau makan sebelum tes dimulai

Ini penting agar tubuhmu nggak menderita dan kamu bisa konsentrasi menjawab soal tanpa gangguan kelaparan.

Kan ganggu banget tuh, kalau kamu lagi khusyuk mengerjakan soal terus tiba-tiba naga di perutmu berontak dan demo. Kalau kamu menjalani psikotes bareng beberapa orang lain juga bakalan mengganggu konsentrasi mereka.

BACA JUGA:  11 Tipe Kepribadian Karyawan yang Pasti Ditemukan di Setiap Perusahaan

So, meski kamu nggak terbiasa sarapan, usahakan untuk isi perutmu dulu deh sebelum berangkat psikotes.

 

  1. Bersikap setenang mungkin

Mau menghadapi psikotes pastilah kamu akan merasa gelisah. Itu wajar, girls. Tapi ingatlah, kegelisahan pada tingkat tertentu adalah wajar, namun jangan sampai memperlihatkan kegelisahanmu dengan terang-terangan.

Kamu harus tampak percaya diri karena semua perilakumu secara umum berada dalam pengamatan, seperti halnya hasil tes kamu.

 

  1. Jika tiba-tiba menghadapi masalah, yang pertama dilakukan adalah jangan panik!

Karena jika panik, maka tubuhmu akan bereaksi negatif sehingga kamu nggak bisa berpikir dengan tenang. Mintalah bantuan pengawas jika kamu menghadapi masalah, pengawas pasti akan membantumu.

 

  1. Nyamankan dirimu

Pelajari teknik-teknik relaksasi yang sesuai dengan dirimu untuk meredakan ketegangan dalam menghadapi psikotes.

Sesekali pandanglah sekelilingmu, ambil napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan luruskan kaki. Ini akan membantu meredakan ketegangan yang timbul dalam dirimu. Boleh juga lo, kalau mau mengobrol dengan sesama testee lain. Tapi tetap jaga ketenangan ya..

BACA JUGA:  9 Strategi Sukses Presentasi Buat Kamu, Perempuan Kreatif!

 

Jurus tenang menghadapi psikotes.

Jurus tenang menghadapi psikotes. Image via Union Test Prep.

  1. Buat posisimu senyaman mungkin

Misalnya jika meja atau kursimu bergoyang, maka carilah pengganti kursi yang lebih baik. Atau ganjal deh dengan kertas.

Kalau posisi dudukmu silau atau terlalu langsung dengan cahaya matahari, hubungi pengawas untuk meminta pindah atau minta solusi lain.

Pokoknya, kamu harus nyaman, karena ini akan memengaruhi konsentrasi kamu.

 

  1. Kerjakan seefisien mungkin

Kerjakan dengan cepat namun tidak terburu-buru. Ingatlah makin banyak soal yang bisa kamu kerjakan, maka makin besar pula kemungkinanmu untuk mendapatkan nilai tinggi.

Segera lewati kalau ada yang terasa sulit. Nanti kamu bisa balik lagi ke soal tersebut kalau sudah mengerjakan semua yang lebih mudah. Jangan putus asa ya.

Pertanyaan itu mungkin sama sulitnya juga bagi orang lain, dan nggak perlu cemas jika pesaingmu tampak bekerja lebih cepat ketimbang kamu. Nggak ada jaminan bahwa jawaban mereka selalu benar kok.

 

7. Jangan terlalu memaksakan diri

Percayalah, kamu telah melakukan hal terbaik dan selalulah berusaha untuk berpikir positif. Hal ini akan membuat tubuhmu juga bereaksi positif, timbal baliknya adalah kamu pun menjadi lebih nyaman dengan situasi atau kondisi yang ada.

BACA JUGA:  9 Cara Mencintai Pekerjaan Agar Kamu Lebih Cepat Sukses

 

Nah, selamat menghadapi psikotes kamu, girls! Ingat, tetap tenang dan percaya diri. Kerjakan semampu kamu. Jikalau gagal, anggap saja mungkin memang bukan kamu yang mereka cari, dan mereka pun juga belum tentu cocok untukmu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: