5 Jenis Karya Seni Sederhana yang Bisa Kamu Buat untuk Mengisi Waktu Senggangmu dengan Berfaedah

BICARAPEREMPUAN.COM – Seni itu memang mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan unsur itu  ternyata nggak terlalu sulit lo! Sebaliknya membuat karya seni itu sangat menyenangkan! Kamu hanya perlu mengasah kreativitas kamu sedikit, dan juga banyak berlatih.

Dan, yang namanya karya seni itu nggak berarti harus berupa lukisan ala Michaelangelo atau Affandi yang bisa laku sampai beratus-ratus juta dan diburu oleh para kolektor seni. Karya seni itu bisa kita hasilkan sehari-hari dalam bentuk benda kecil, yang kita buat dengan hati senang, dan kalau sudah jadi tuh bikin kita puas–meski hasilnya sebenarnya tak seberapa.

Ya, itulah manfaat dari membuat karya seni kecil-kecilan. Bisa membantu kita mengurangi stres, girls! Apalagi kalau kita bisa menikmati setiap proses yang harus dijalani.

Nah, akan jadi bonus, kalau karya seni itu juga bisa dinikmati oleh orang lain, atau bahkan bisa menambah pundi-pundi uang kita. Duh, pasti makin bikin kita semangat dan makin rajin deh membuatnya. Iya nggak sih?

So, buat kamu yang pengin mencobanya, berikut ini ada beberapa karya seni sederhana yang bisa kamu buat saat pikiran jenuh ataupun sekadar pengisi waktu senggang, ketimbang hanya scroll media sosial atau melakukan kegiatan unfaedah lainnya. Dijamin bisa membunuh bad mood deh, girls.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Android Selain Tik Tok Buat Kamu yang Suka Musik

 

5 Karya seni sederhana yang bisa kamu buat untuk mengisi waktu senggang

1. Origami

Origami.

Origami. Image via Pinterest.

Kamu pasti sudah nggak asing dengan seni origami, kan? Setidaknya kamu pasti pernah mendengarnya, atau membaca tentangnya di internet, yes?

Origami merupakan seni melipat kertas yang asalnya dari Jepang. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyediakan kertas origami, yang biasanya berupa kertas persegi berwarna-warni atau ada juga yang bermotif.

Dengan melipat-lipatnya, kamu bisa membentuk kertas-kertas ini menjadi objek tertentu, seperti misalnya burung, topi, dadu, bunga, kapal, atau yang lain.

Seni origami ini cukup menghibur dan ampuh buat mengusir bad mood, girls. Untuk pola dan caranya, kamu bisa berburu ide di Pinterest ataupun di Youtube ya?

 

2. Merajut

Merajut

Merajut. Image via Pinterest.

Kadang kita masih menganggap, kalau merajut itu aktivitas kuno yang hanya dilakukan oleh para lansia.

Tapi untunglah sebagian lain sudah membuat aktivitas merajut ini menjadi ngehype lagi beberapa waktu belakangan. Bukti nih, kalau merajut itu asyik banget. Apalagi dalam melakukannya, kita akan membutuhkan konsentrasi tinggi, ketelatenan, dan kesabaran, girls.

Awalnya memang akan terasa sedikit sulit untuk bisa menghasilkan karya seni berupa berbagai rajutan dengan pola-pola tertentu ini. Tapi lama kelamaan, dijamin bakal bikin kamu ketagihan.

BACA JUGA:  Hobi Baca Buku? Ini Dia Beberapa Plus dan Minus E-Book untuk Menyalurkan Hobi Kamu

Untuk tutorial, berbagai ide pola dan barang yang bisa dibuat, kamu bisa melihatnya di Youtube.

 

3. Kerajinan dari kain flanel

Kerajinan kain flanel.

Kerajinan kain flanel. Image via Pinterest.

Kalau kamu suka menjahit, kamu bisa mencoba membuat karya seni berupa kerajinan tangan berbahan dasar kain flanel.

Jenis kain ini cukup mudah ditemukan ya, girls. Bahkan di toko-toko kerajinan, jenis kain ini selalu ada. Atau, kamu bisa mendapatkan kain-kain sisa di tukang-tukang jahit.

Agar kamu bisa menghasilkan karya seni yang lebih, sebaiknya sediakan kain flanel berwarna-warni. Kamu bisa membuat berbagai benda yang lucu dan unik. Misalnya saja bros, jepit rambut, sarung handphone, gantungan kunci, pouch, atau lainnya sesuai keinginan kamu.

 

4. Kolase untuk hiasan dinding

Kolase dinding.

Kolase dinding. Image via Pinterest.

Membuat kolase ini, selain asyik dan tak begitu sulit, nilai seninya juga lumayan tinggi lo, girls. Cocok dijadikan kado buat teman atau hiasan dinding di ruang kamar.

Kolase sendiri biasanya dibuat dengan cara menempelkan foto-foto, potongan tulisan, atau hiasan lain pada media kertas, yang kemudian dipigura.

BACA JUGA:  Jenuh? Berikut 5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Pilih!

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencari tutorialnya dari Pinterest, atau Youtube.

 

5. Bunga hias beserta potnya

Hiasan bunga dari sedotan.

Hiasan bunga dari sedotan. Image via Martha Stewart.

Nah, kamu juga bisa membuat bunga mawar dari bahan sedotan, atau bunga matahari, anggrek dan yang lainnya juga, girls. Sekalian buatlah pot handmade-nya dari kaleng atau botol plastik bekas.

Untuk cara membuatnya, pertama bentuk pola kelopak-kelopak bunganya, lalu potong sedemikian rupa. Selanjutnya kamu bisa membuat pot dengan mengecat botol dan menghiasnya, agar terlihat lebih menarik.

Tutorialnya banyak banget di Pinterest, girls.

 

Nah, gimana nih? Menarik kan pastinya beberapa ide karya seni dari BiPer di atas?

Aktivitas tersebut bisa membuatmu lebih produktif dan semangat lagi, daripada hanya sekadar galau atau scrolling media sosial untuk lihat-lihat gosip artis yang dicekrek dari hengpon jadul.

Yuk, mulai bikin hari ini, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.