Kesehatan Kuliner

Kebanyakan Makan? Konsumsi 7 Bahan Makanan Ini untuk Detoks Tubuh

Kebanyakan makan? Menu beberapa hari kemarin kurang sehat? Saatnya melakukan detoks tubuh, sekarang!

BICARAPEREMPUAN.COM – Beberapa hari ini rada kebanyakan makan, girls? Perut jadi nggak enak ya? Begah? Kalau begitu, sekarang saatnya kamu melakukan detoks tubuh deh.

Tapi, kok bisa sih kebanyakan makan? Ya, gimana ya. Si lidah nih gara-garanya! Indera pengecap yang satu itu memang penuntut sekali, bukan? Maunya yang enak-enak terus.

Padahal, kalau lidah bisa merasakan kelezatan berbagai hidangan, tidak demikian halnya dengan organ-organ pencernaan. Perut kan, tidak tahu apa-apa. Apa yang dimasukkan ke dalamnya, ya dicerna saja–walaupun bisa jadi dengan susah payah dan penuh perjuangan.

Kasihan perut deh. Pukpuk perut.

Kalau sudah sadar begitu, yuk bantu perut dengan mengonsumsi apa yang benar-benar menjadi kebutuhannya.

Dengan 7 makanan sumber detoks tubuh ini, yuk, sehatkan kembali tubuh dan organ pencernaan setelah kebanyakan makan

1. Bawang Putih

Kebanyakan Makan? Konsumsi 7 Bahan Makanan Ini untuk Detoks Tubuh

Umbi yang satu ini memang sudah terkenal sebagai obat dan penawar racun sejak ribuan tahun lalu.

Bawang putih mengandung senyawa sulfur, alicin, selenium, dan 100 lebih bahan kimia biologis lainnya yang mampu mengeliminasi racun secara alami dari darah. Belum lagi, kandungan vitamin C dan B kompleksnya. Kadar antioksidannya menjadikan bawang putih sebagai agen pembunuh jamur, virus, dan bakteri yang mumpuni.

Untuk keperluan detoks tubuh setelah kebanyakan makan–kalau kamu tahan dengan baunya–bisa dimakan dalam bentuk mentah. Jangan protes dulu! Kalau dimakan mentah begini, kekuatan supernya masih sangat baik untuk mendukung proses penjernihan dalam tubuh lo.

BACA JUGA:  3 Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

Tapi kalau kamu nggak tahan, ada banyak kapsul bawang putih kok.
Nah, katakan pada lidah dan hidung untuk bersabar sebentar ya, girls, “menerima” si bawang ini.

2. Almond

Kacang lezat ini juga merupakan superfood yang amat baik manfaatnya untuk hati dan sebagai detoks tubuh akibat kebanyakan makan.

Apalagi kalau kita habis kebanyakan makan plus minum cocktail. Wah, lemak akan dengan cepat menumpuk di hati.

Seperti yang ditulis dalam situs Eat This. para peneliti di Journal of the National Cancer Institute menemukan hubungan antara asupan vitamin E dengan risiko kanker hati. Dan almond sangat kaya akan vitamin E, girls!

Katanya lagi, orang yang mengonsumsi segenggam kacang itu, kira-kira 15 buah atau seberat 16 mg, akan menunjukkan 40% lebih rendah akan risiko kanker hati.

3. Avokad

Kali ini makanan detoks tubuhnya datang dari kalangan buah-buahan nih. Menurut situs My Domaine, avokad mengandung lemak tak jenuh tunggal yang memicu hormon pembakaran lemak. Buah yang lezat ini juga memiliki manoheptulose, semacam gula yang menghilangkan pelepasan insulin.

Kandungan antioksidan dan berbagai jenis vitamin juga ditemukan dalam avokad, menjadikannya sebagau cara paling nikmat untuk detoks tubuh alami.

Detoksifikasi Tubuh? Sudah! Sekarang Waktunya Detoks Diri Supaya Hidup Lebih Baik!

4. Kunyit

Sebuah penelitian di jurnal bernama Gut mengatakan, bahwa bumbu dapur berwarna kuning ini dapat mengurangi penyumbatan dalam saluran empedu dan menahan jaringan parut dengan mengganggu reaksi kimia yang terlibat dalam proses peradangan, sehingga baik sekali untuk proses detoks tubuh terutama setelah kita kebanyakan makan.

BACA JUGA:  5 Jenis Minuman yang Mampu Meningkatkan Gairah

Senyawa kurkumin yang ditemukan di dalam kunyit memang beraksi sebagai anti inflamasi atau peradangan yang luar biasa bagi tubuh. Rempah yang dalam ilmu Ayurveda menjadi salah satu bintangnya ini lezat juga dikonsumsi dengan susu hangat lo, girls.

5. Teh dandelion

Bunga cantik yang satu ini juga menjadi alternatif bagus dalam detoks tubuh secara alami setelah kebanyakan makan.

Akar tumbuhan dandelion sudah banyak sekali dijadikan teh yang bebas kafein dan natural diuretik. Teh dandelion akan dapat membantu ginjal dan hati dalam membuang racun, serta merehidrasi dan mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Dandelion juga mengandung asam lemak dan fitonutrien yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan lo.

6. Tebu

Selain yang diminum dan dimakan, ada cara detoks tubuh yang diemut-emut juga lo, girls. Iya, anggap saja permen deh.

Yup, batang tanaman yang menjadi bahan utama pembuatan gula ini baik untuk mengembalikan kesegaran hati, sebagai organ penting dalam masalah detoks tubuh.

Tebu juga mengandung glukosa dan elektrolit tinggi yang berfungsi sebagai energy booster, serta antioksidan yang mampu melawan berbagai jenis kanker. Ada juga kandungan fenolik dan flavanoid di dalamnya yang merangsang sistem imun, serta kadar kalium yang tinggi untuk mencegah infeksi lambung yang bisa terjadi akibat kebanyakan makan.

Selama Bulan Puasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Pencernaan Lancar

7. Biji selasih

Biji selasih diambil dari tanaman kemangi. Bunganya yang sudah kering diambil bijinya lalu direndam sebentar dalam air, sehingga berselaput dan bisa dikonsumsi.

BACA JUGA:  10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

Konon, katanya, biji-bijian ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Tiongkok sebagai obat penawar racun serangga. Efek dingin dari biji selasih dapat juga membantu menurunkan demam, serta mampu juga membantu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Well, yang merasa gula darahnya naik setelah kebanyakan makan, segera bantu dengan biji selasih ya!

Nah, kan. Makanya jangan kebanyakan makan. Harus tetap dikendalikan, meski makan makanan yang favorit kita banget.

Dan, ternyata detoks tubuh itu nggak perlu ribet dan mahal kan? Yuk segera cari bahan-bahannya dan lakukan pembuangan racun dalam tubuh karena kebanyakan makan dengan cara alami dan mudah ini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: