Kesehatan

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Niat untuk Hidup Sehat

Pola hidup sehat penting banget untuk kamu terapkan dalam keseharian. Hindari 5 kebiasaan buruk ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kesibukan akan rutinitas harian sering kali membuatmu melakukan banyak hal untuk menyeimbangkannya. Entah disadari atau tidak, kamu kerap mencari kemudahan dan kepraktisan dalam aktivitas yang kamu lakukan. Dan akhirnya membentuk sebuah pola hidup.

Ya kalau dipikir lagi, tentu cara ini tidak salah ya, girls. Mengingat ada banyak hal yang harus kamu kerjakan dan selesaikan. Tapi sayang, hal seperti ini kadang malah merusak kesehatanmu, lantaran ada yang bablas menjadi kebiasaan buruk. Kesehatan yang mungkin saat ini belum terasa tapi akan sangat berdampak di kemudian hari.

So, girls, untuk menghindari dampak buruk tersebut terhadap pola hidup, ada baiknya kamu mengurangi 5 kebiasaan buruk ini!

Selama Bulan Puasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Pencernaan Lancar

1. Mengonsumsi makanan yang dikira sehat

Kalau berbicara tentang makanan yang sehat, sebenarnya perlu ditinjau lagi sih. Apakah makanan yang dikira sehat ini sudah benar-benar sehat?

Jangan-jangan kita sedang mengalami perubahan pandangan. Ambil contoh pada makanan siap saji berbahan dasar ayam.

Mungkin kamu akan mengatakan, makanan tersebut adalah makanan yang sehat, karena ayam sebagai daging putihnya tidak mengandung banyak lemak. Tapi penyajiannya yang dilengkapi dengan krim atau mayonaise tentu bisa menambah jumlah kalori yang tidak baik bagi kesehatan. Belum lagi di saat ayam ini digoreng dengan jumlah tepung yang banyak. Lemak pada minyak goreng dan karbohidrat pada tepung tersebut akan berubah menjadi kalori yang seharusnya dihindari.

Dan bukannya pola hidup sehat juga mewajibkan kita untuk menjaga asupan gizi makanan ke dalam tubuh?

5 Tip Agar Kerja Lembur Kamu Lebih Efisien

2.Terlalu lama duduk

Aktivitas yang satu ini bisa dikatakan menjadi kebiasaan buruk yang kamu lakukan setiap hari, girls. Coba deh, dicermati. Berangkat ke kantor atau kampus, naik mobil atau transportasi umum, kamu duduk. Sesampainya di kantor, bekerja, kamu akan duduk di depan meja. Begitu juga kuliah. Kamu akan duduk beberapa lama. Makan siang, duduk juga. Balik ke kantor, duduk lagi. Sesampainya di rumah, duduk lagi menonton televisi atau sekadar scrolling medsos.

BACA JUGA:  7 Cara Praktis Hidup Sehat yang Simpel Sepanjang Tahun

Lalu apa pengaruhnya ke pola hidup sehat?

Terlalu lama duduk membuatmu jadi kurang bergerak. Dengan demikian, maka peredaran darahmu menjadi kurang lancar, tulang mengalami penurunan ketahanannya, lalu sendi dan otot pun menjadi kaku.

Untuk mengatasi kebiasaan buruk ini sebenarnya kamu enggak perlu repot ke pusat kebugaran. Jika memiliki keterbatasan waktu, cukup lakukan peregangan ringan di rumah, dan sering-seringlah berjalan. Misalkan saat pergi ke minimarket atau warung, apabila biasanya kamu menggunakan motor, bisa diganti dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Tapi jika hal ini masih juga terasa berat, aturlah waktu lalu targetkan untuk berjalan keliling rumah sesuai waktu yang kamu tentukan. Memang sih terkesan ekstrem. Hanya saja untuk membentuk kebiasaan baru yang baik demi pola hidup sehat, why not?

Nah sedikit tip juga nih, bahwa untuk mengurangi kebiasaan buruk ini kadang kita memang harus memaksakan diri. Dipaksa saja, nanti lama-lama bisa dan menjadi terbiasa. Nggak masalah jika belum terbiasa, dengan niat dan semangat maka kebiasaan baru itu akan teradaptasi dengan sendirinya.

4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

3. Terlalu banyak mengonsumsi minuman tidak sehat

Minuman yang tidak sehat itu ada banyak jenisnya. Misalnya nih, sebuah jus kemasan yang iklannya sangat menggugah selera dan dilabeli sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat. Padahal di balik label ini, ada bahan pengawet dan mengandung gula yang tinggi. Bahan-bahan tersebut tidak baik untuk kesehatan lo. Jadi, sebisa mungkin mengonsumsi buah segar atau bikin jus rumahan saja dan kurangi yang instan!

BACA JUGA:  Menjaga Kesehatan Mulut dengan 5 Sayuran

Selain itu ada juga minuman yang terasa enak untuk sebagian orang, seperti alkohol dan soda. Entah mengapa alkohol dan soda begitu digemari. Padahal di kemasannya sudah jelas bahan-bahannya mengandung sodium, gula dan zat-zat yang sukar dicerna oleh tubuh kita. Selain itu, minuman jenis tersebut bisa membuat kalori menumpuk dalam tubuh.

So, baiknya kurangi kebiasaan buruk suka minuman seperti itu. Air putih itu sejuta manfaatnya. Ada baiknya mulai membiasakan mengonsumsi air putih rutin 2 liter sehari demi pola hidup sehat.

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Niat untuk Hidup Sehat

4. Pil diet

Ayo, apakah kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi pil diet?

Sebenarnya pil diet ini sama buruknya dengan melakukan suntik silikon untuk kecantikan. Artinya sama-sama memasukkan zat asing ke dalam tubuh kita. Sayangnya, masih banyak saja yang senang dengan hal-hal instan seperti ini.

Padahal, pil diet itu mengandung obat pencahar yang lumayan tinggi porsinya. Pastinya, hal seperti itu nggak baik untuk tubuh kita. Efeknya itu akan bisa kamu rasakan nanti.

Melakukan olahraga ringan di rumah adalah jalan terbaik dan aman yang bisa diambil. Nggak usah forsir sehari sejam. No no, setengah jam saja sudah cukup.

Percuma kamu minum pil diet tapi malas berolahraga! Nggak ada yang instan, semua butuh proses dan usaha.

3 Resep Salad in A Jar - Menu Sarapan Pagi yang Bisa Dibawa Bekal

5. Melewatkan waktu makan

Kadang kala demi alasan kecantikan, perempuan rela melakukan apa pun. Iyes, APA PUN.

BACA JUGA:  Program Diet Gagal, Mungkin 7 Ini Penyebabnya!

Nggak perlu di-list, pasti kamu pada tahu deh. Contoh kecil nih, biar berat badan tetap ideal, kita sering melewatkan waktu makan.

Sayangnya itu bukanlah cara yang tepat untuk mempertahankan tubuh ideal. Tubuh ini perlu asupan tenaga yang diperoleh dari makanan. Melewatkan waktu makan hanya menambah perkara sakit saja. Bukannya tubuh ideal yang diperoleh tapi mengundang sakit!

Nggak ada salahnya kok kalau kamu mau makan berkali-kali, tapi dalam porsi kecil saja. Dan kurangi makanan gorengan maupun cepat saji. Makan tepat waktu itu penting dan terutama makanan apa yang akan kita konsumsi itu yang harus menjadi perhatian.

Mengubah kebiasaan buruk menjadi niat hidup sehat memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan termasuk mengurangi 5 kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan ini.

Well, pelan-pelan saja melakukannya. Dengan melakukan kebiasaan baru yang positif lambat laun, pola hidup kita pun akan berubah.

So, semangat selalu ya untuk hidup sehat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: