Kecantikan

7 Kebiasaan Wisatawan Indonesia yang Indonesia Banget!

Wisatawan Indonesia memang lucuk-lucuk, meski sudah sampai ke penjuru dunia, tetap aja Indonesia banget.

BICARAPEREMPUAN.COM – Dari sekian banyak kaum pelancong dari seluruh dunia, ternyata wisatawan dari Indonesia itu mempunyai kebiasaan tersendiri lo. Misalnya, seperti lengket dengan gadget, hobi mengumpulkan uang receh, dan selalu pulang dengan segambreng oleh-oleh, adalah sebagian di antaranya.

Apa lagi ya yang lainnya? Coba simak yuk. Kamu juga boleh menambahkan yang lain juga di kolom komen nanti.

7 Kebiasaan wisatawan Indonesia yang Indonesia banget!

Liburan ke Pantai Itu Sangat Menyehatkan Lo! Ini Dia 8 Alasannya!

1. Suka ngirit demi bisa liburan

Menurut survei pariwisata TripBarometer yang dikeluarkan oleh TripAdvisor, liburan adalah hal yang penting bagi orang Indonesia.

Dari total 19.000 wisatawan di dunia yang disurvei, 95% orang Indonesia giat berhemat demi bisa liburan.

Ada yang rela mengurangi acara nongkrong di kafe (35%), ada yang rela mengurangi shopping (35%), dan acara makan-makan di restoran (34%) demi menabung untuk liburan. Ada pula yang memotong anggaran kado untuk orang lain (34%) hingga rela mengurangi pembelian rokok demi bisa liburan (24%).

Gimana dengan kamu, girls?

2. Liburan jadi prioritas

Gairah berlibur orang Indonesia makin membara akhir-akhir ini. Menurut survei Nielsen Global Consumer Survey Q1 2013, berliburan (37%) menjadi prioritas kedua setelah menabung (74%). Menabung dan berlibur (termasuk menabung untuk berlibur) ternyata lebih penting ketimbang belanja pakaian atau gadget terbaru.

BACA JUGA:  3 Khasiat Luar Biasa Cuka Apel untuk Kecantikan

Hal yang sama juga ditemukan oleh TripAdvisor, yang mensurvei 19.000 konsumen globalnya lewat TripBarometer 2013. Katanya, sebanyak 57% orang Indonesia berencana untuk menambah anggaran liburan untuk tahun depan.

10 Destinasi Wisata untuk Perempuan: All About Shopping, Kulineran, dan Instagram

3. Suka liburan ramai-ramai ke luar negeri

Jumlah keluarga yang mencari tiket untuk liburan ke luar negeri di situs Skycranner semakin bertambah setiap tahunnya.

Selain negara-negara favorit seperti Singapura, Malaysia, Belanda, dan Australia, makin banyak pula keluarga yang memilih berlibur ke Thailand, Prancis, Inggris dan Amerika Serikat.

Berdasarkan survei, sekitar 7 juta orang wisatawan Indonesia di atas usia 15 tahun ke luar negeri setiap tahunnya.

4. Kebiasaan simpan receh

Orang Eropa dan Amerika terbiasa membayar dengan uang pas hingga ke uang recehnya, sementara wisatawan Indonesia lebih suka membayar dengan uang kertas, sehingga koin-koin pun berceceran ke mana-mana.

Masih menurut situs Skycranner, wisatawan Indonesia yang pulang berlibur dari luar negeri rata-rata mempunyai sisa uang mata asing hingga senilai Rp783.000, dan membiarkannya begitu saja. Sekitar 48% dari mereka bahkan yakin, jumlah uang recehan mereka senilai Rp1 juta lebih lo. Wow!

5. “Mana oleh-olehnya?”

Seperti tradisi, wisatawan Indonesia suka membawakan (dan juga minta) oleh-oleh dari liburan. Sebegitunya, 97% orang pernah menyesal karena hanya belanja untuk diri sendiri. Akibatnya, banyak yang kalap belanja di duty free bandara sebelum pulang. Kebanyakan yang dibeli adalah kaus, boneka, dan cokelat.

BACA JUGA:  No Makeup Makeup: 5 Trik Riasan Wajah Natural yang Bikin Kamu Tambah Cantik

Jika kamu termasuk dari mereka yang suka membelikan oleh-oleh, sebaiknya belikan yang bersifat personal. Sebab, menurut survei Skycranner, ternyata 89% responden mengaku pernah menerima oleh-oleh yang begitu jeleknya, sampai-sampai mereka berharap nggak usah dibelikan saja! Ouch!

Lebih parah lagi, girls, 10% responden yang dibelikan oleh-oleh berupa makanan khas justru menganggapnya nggak enak, dan nggak dimakan. Yah, mubazir kan?

Asal tahu saja nih, girls, survei ini menyimpulkan, suvenir yang paling menyebalkan adalah kaus khas kota atau negara, dekorasi rumah, dan barang-barang nggak penting seperti pulpen atau gantungan kunci.

Sementara, oleh-oleh berupa minuman alkohol khas daerah tertentu sering kali hanya berakhir mengumpulkan debu di lemari.

Hmmm. Jadi, sebenarnya apa sih yang dimaui orang-orang sebagai oleh-oleh? Sungguh membingungkan. Ckckck.

7 Kebiasaan Wisatawan Indonesia yang Indonesia Banget!

6. Online terus!

Sepertinya, sulit bagi wisatawan Indonesia berpisah dari gadgetnya selama liburan. Survei oleh situs perjalanan global terhadap 1000 wisatawan Indonesia di bulan Maret 2013, 91% mengaku pernah login ke Facebook setidaknya sekali sehari selama liburan.

Sebanyak 58% memakai Facebook untuk memberi kabar pada keluarga, 20% update status setiap 2 hari, dan 21% mengecek timeline setidaknya 2 jam sekali.

Hanya 16% yang masih senang mengirim kartu pos dari luar negeri. Meski begitu, tampaknya SMS masih populer sebagai sarana komunikasi dengan orang-orang di rumah, dengan pemakainya mencapai 61%.

BACA JUGA:  5 Langkah Simpel Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Sementara 5% wisatawan memilih untuk memutuskan hubungan sementara dengan orang lain di rumah dan kantor selama liburan.

7. Andai bisa liburan gratis …

Hambatan untuk liburan ke luar negeri yang paling besar adalah uang. Menurut MasterCard, wisatawan lokal rata-rata menghabiskan Rp800.000, sedangkan mereka yang ke luar negeri rata-rata menghabiskan Rp13.500.000.

Nggak heran sih, kalau ditanya tujuan wisata yang ingin dikunjungi kalau ada kesempatan gratis jalan-jalan ke luar negeri, rata-rata memilih kota-kota yang mahal, yaitu Makkah (26%), Paris (23%), dan Tokyo (17%).

Nah, gimana dengan kamu, girls? Mana di antara kebiasaan wisatawan Indonesia di atas yang kamu banget?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: