Kecanduan Minum Kopi? Ini Dia 6 Cara untuk Menghilangkannya

BICARAPEREMPUAN.COM – Suasana di pagi yang segar dan dingin paling nikmat minum kopi sambil mendengarkan beberapa musik favorit.

Dengan segelas cappucino, dan sepotong kue dapat menemani kita saat mengerjakan beberapa tugas yang belum terselesaikan di kantor. Atau mungkin untuk begadang bikin skripsi?

Ah, cappuccino. Cappuccino memang luar biara. Selain aroma dan rasanya yang nikmat, cappuccino juga mengandung beberapa gizi tambahan yang berasal dari susu, seperti kalori, lemak, dan karbohidrat. Kabar baiknya, kandungan vitamin A, zat besi, dan kalsium membuat kita aman dari kafein yang berlebih.

Tapi kadang, menikmati kopi paling enak itu ketika kita sedang lelah dan merasa emosional. Kita bisa memanfaatkan aroma kopi untuk kembali pada kondisi yang stabil. Ya, lantaran kopi itu sebenarnya nggak baik dikonsumsi oleh wanita. Minum kopi secara berlebihan akan menyebabkan kita sakit kepala, gugup, depresi, gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, dan bisa kehilangan mineral kronis.

So, gimana, girls? Apakah kamu sudah mulai untuk mengurangi atau berhenti minum kopi?

Well, memang sulit ya untuk bisa berhenti dari yang namanya kecanduan? Tapi, sebelum semakin terlambat, coba deh mengurangi minum kopi dengan beberapa tip berikut.

BACA JUGA:  Lakukan Olahraga Saat Haid Supaya Tubuh Makin Sehat, Terutama 3 Olahraga Ini!

 

6 Langkah menghilangkan kecanduan minum kopi

 

Mengatasi kecanduan minum kopi.
Mengatasi kecanduan minum kopi. Image via Odyssey.

1. Mengurangi porsi minum kopi

Jika kamu seorang maniak kopi yang sehari dapat menghabiskan beberapa gelas kopi, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Kalau biasanya 3 kali sehari, kamu bisa menguranginya menjadi sehari 2 kali saja. Atau kalau biasa mengonsumsi pagi dan sore, cobalah untuk menguranginya jadi pagi saja.

Dengan demikian, kamu nggak akan kehilangan asupan kafein secara drastis. Karena kalau kamu memaksakan diri berhenti secara langsung, dampaknya akan membuat kamu lemas, sakit kepala, mudah mengantuk, dan kurang konsentrasi.

Hal tersebut akan sedikit nggak mengenakkan untukmu, maka lebih baik mengurangi dan meninggalkan secara perlahan dan bertahap.

 

2. Ganti dengan teh hijau

Coba ganti acara minum kopi dengan acara minum teh hijau.

Kafein dalam teh hijau lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Dengan teh hijau, kamu juga dapat mengurangi stres, bahkan dapat menyeimbangkan kadar gula darah.

Kamu bisa memulai dengan secangkir teh hijau setiap harinya.

 

3. Tidur cukup

Jangan pernah memaksa tubuhmu melebihi batas kemampuannya. Biarkan tubuhmu menggunakan sumber energi alaminya sehingga tidak perlu bergantung pada kafein.

Ketika kamu mulai berhenti dari mengonsumsi kafein, maka efeknya kamu akan merasa sedikit lelah, dan mungkin membutuhkan waktu istirahat tambahan.

BACA JUGA:  Kacamata Kesehatan K-Link untuk Mata Lelah Karena Kebanyakan Melototin Gadget

Kalau biasanya kita cukup tidur malam selama 5-6 jam, tanpa minum kopi mungkin kamu akan membutuhkan waktu istirahat 8-9 jam. So, mulailah tidur lebih awal supaya kamu nggak kesiangan esok harinya.

 

4. Mengganti kopi dengan minuman lain

Selain teh hijau, ada juga beberapa minuman lain yang bisa kamu minum sebagai pengganti kopi.

Misalnya nih, girls, kalau kamu ingin menghilangkan stres, maka kamu bisa coba minum segelas cokelat hangat. Atau, ketika kamu merasa lelah dan ingin yang segar-segar, kamu bisa membuat segelas lemon dingin atau jus buah sesuai seleramu.

Kalau kamu rutin minum susu di pagi hari, maka hal ini bisa membantumu untuk menghentikan kecanduan tersebut. Karena susu sifatnya menetralisir racun dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh kamu akan sehat dan terhindar dari kafein yang berlebih.

 

5. Perbanyak minum air mineral

Mengapa kita bisa mengatasi kecanduan minum kopi dengan minum air mineral lebih banyak?

Karena kopi cenderung dapat mengeringkan tubuh. Pecandu kopi memang disarankan untuk sering minum air mineral agar kulitnya tidak mengalami dehidrasi.

BACA JUGA:  Tip Sehat dan Bugar ala Atlet Olimpiade untuk Bantu Kamu Semangat Olahraga

 

6. Berolahraga

Dengan berolahraga, kamu akan mendapatkan manfaat yang banyak, girls; memperlancar aliran darah ke otak, merangsang otot-otot yang kaku, dan mengganti zat stimulan bagi otak.

 

So, girls, jangan pernah menyerah kamu memang benar-benar ingin hidup sehat dan jauh dari kafein.

Tahu nggak sih, mungkin bakalan akan terasa lebih nikmat kalau kamu minum secangkir kopi seminggu sekali ketimbang setiap hari lo, girls. Terasa gitu kemewahannya.

Dengan mengurangi kecanduan minum kopi, kamu akan lebih mendapatkan manfaatnya, seperti peningkatan stamina, mencegah kanker, mengurangi risiko diabetes, mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia, meningkatkan mood, serta mencegah bau mulut.

Stay healthy, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.