5 Tip Agar Kerja Lembur Kamu Lebih Efisien

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu sering diminta untuk kerja lembur oleh atasan kamu, dan selalu sibuk dalam 5 hari seminggu ini. Sayangnya, gaji nggak bertambah, boro-boro promosi kamu dapatkan. Padahal kerja lembur itu membuat kondisi tubuh kamu semakin kurang fit.

Yah, girls, mungkin sekaranglah saatnya kamu mengevaluasi kembali cara kerja kamu. Yang pasti, kamu harus mengelola diri dan waktumu dengan baik, supaya kerja lembur kamu lebih efisien. Bahkan kalau perlu, kamu bisa membuat pekerjaan kamu supaya tak harus dilembur.

Bagaimana caranya?

 

Berikut 5 tip agar kerja lembur kamu lebih efisien

1. Siapkan mood booster

Bekerja lembur di malam hari melebihi jam kantor yang seharusnya akan membuatmu menjadi lelah dan tak bergairah. Pastinya, hal ini akan menurunkan produktivitas kerjamu, juga mengurangi kreativitas dalam berinisiatif.

Untuk menumbuhkan semangat, sebelum kerja lembur, maka siapkan mood booster sesuai keinginanmu. Misalnya saja, sebelum mulai kerja, coba bikin secangkir hot matcha latte. Atau, siapkan playlist favorit kamu. Kamu juga bisa menyiapkan camilan menyehatkan untuk menemanimu bekerja.

BACA JUGA:  9 Strategi Sukses Presentasi Buat Kamu, Perempuan Kreatif!

Dengan begini, dijamin deh, kerja kamu pasti lebih bersemangat.

 

2. Manfaatkan waktu dengan baik

Biasanya, saat kamu harus lembur, maka waktumu juga akan terpotong untuk makan malam.

Pastikan kamu tidak makan malam yang dilanjutkan dengan mengobrol berkepanjangan bersama rekan kerja atau teman kamu, girls. Karena ini artinya waktu kerja lembur kamu akan semakin lama. Jika hal ini yang kamu lakukan sampai batas waktu kerja kamu habis, pekerjaanmu masih tetap belum selesai.

Untuk itu, biasakanlah memanfaatkan waktu istirahat di tengah lembur ini sebaik-baiknya. Gunakan waktu makan seperlunya, makanlah dengan cepat (tapi bukan dengan terburu-buru). Ssahakan untuk membatasi waktu istirahat seperlunya dan juga beri target pada waktu kerja lembur kamu.

 

3. Atur waktu kerja lembur

Atur waktu kerja kamu untuk menjaga kesehatan serta menyeimbangkan kehidupan sosialmu.

Hal ini penting banget, girls, karena selain bisa mengurangi waktu bersosialisasi dengan orang terdekat pun membatasimu melakukan hal-hal menyenangkan lainnya di luar kerja, kerja lembur itu membuat tubuh dan pikiranmu menjadi cepat lelah. Cara kerja seperti ini kurang sehat, karena hasilnya menjadi nggak maksimal.

BACA JUGA:  4 Teror di Kantor yang Bisa Banget Ganggu Kinerja Kamu

 

4. Pastikan waktu lemburmu tercatat

Tumpukan pekerjaan itu bisa saja datang secara tiba-tiba.

Jika kamu kemudian harus bekerja melebihi jam kerja normal, maka segerakanlah untuk membuat atau meminta surat lembur pada bagian HR. Kalau belum sempat menyerahkan surat lembur, maka jangan lupa untuk mengurusnya keesokan hari.

Penting nih, girls, agar bagian HR di kantormu mengetahui kerja keras yang sudah kamu lakukan demi target perusahaan, sehingga rekaman ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebagai alat promosi kamu untuk naik jabatan.

 

5. Cek honor kerja lembur

Sebagai karyawan, kamu harus selalu proaktif dan kritis soal gaji, termasuk untuk upah atau honor kerja lembur.

Kalau nominal pada slip gajimu tidak bertambah, maka cobalah cek ke bagian HR, dan tanyakan mengapa bayaran lembur kamu tak diberikan. Jangan pantang menyerah, girls, karena pekerjaanmu kan bukan sekadar proyek kerja bakti.

 

Nah, girls. Semoga pekerjaan kamu lebih cepat selesai ya. Kalau perlu atur lagi manajemen waktu kerja kamu di jam kerja, supaya kamu bisa meminimalisasi peluang untuk lembur.

BACA JUGA:  Apakah Atasan di Kantor Kamu Termasuk Salah Satu dari 5 Tipe Ini? Begini Cara Menghadapi Mereka

Kerja lembur itu bukan hal yang harus kamu lakukan setiap hari, girls. Karena itu, cobalah untuk mengelola pekerjaan kamu dengan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.