Keuangan

Perempuan Lajang, Hindari 7 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Menabung Lebih Banyak!

Belum ada tanggungan, belum banyak kebutuhan. Hidup perempuan lajang seharusnya lebih menyenangkan. Tapi, hati-hati ada jeratan utang.

BICARAPEREMPUAN.COM – Dalam artikel The High Price of Being Single ini Ameica yang dilansir oleh Kompas.com, Lisa Arnold dan Christina Campbell mengungkap bahwa kehidupan para perempuan lajang berpotensi lebih boros ketimbang perempuan yang telah menikah.

Waduh, apa saja sih yang membuat kamu, para perempuan lajang, jadi begitu boros? Yuk, cari tahu, supaya enggak kebablasan.

7 Hal yang Sering Membuat Perempuan Lajang Terjebak Hingga Nggak Pernah Bisa Menabung

Perempuan Lajang, Hindari 7 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Menabung Lebih Banyak!

1. Gaji belum habis, belum afdal

Selama rekening masih gendut, belanja pun jalan terus. Perasaan “masih kaya” inilah yang sering membuat para perempuan lajang keasyikan menggunakan uang.

Duh, girls. Kapan kamu tobat?

Kalau keadaan ini sulit dihindari, buatlah pos-pos pengeluaran yang berbeda pada hari gajian. Sisihkan mana yang akan dipakai untuk biaya hidup, menabung, dana darurat, hingga membayar utang. Baru gunakan sisanya untuk senang-senang.

Hal ini terlihat sepele, tetapi efektif lo. Cobain deh!

2. Dikit-dikit jajan

Kalau dirata-rata, para perempuan lajang bisa menghabiskan uang sekitar Rp300 ribu untuk sekali jajan. Kalau dilakukan 3 kali dalam sebulan, uang Rp1 juta pun bisa hilang tanpa pamitan.

Batasi anggaran jajanmu setiap hari, girls. Di masa sulit seperti sekarang, kamu perlu berhemat lo. Misalnya saja, kasih jatah jajan makanan online hanya seminggu 3 kali. Atau, kamu bisa sekali pesan untuk bisa dimakan 2 – 3 kali, supaya irit ongkos kirim. Kadang, banyak outlet yang juga menawarkan harga makanan paketan kan? Lumayan tuh, buat mengirit.

BACA JUGA:  Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

Selebihnya, cobalah untuk memasak sendiri. Akan sangat lebih hemat, apalagi jika kamu bisa menerapkan metode meal prepping.

5 Tip Aman Transaksi Online

3. Tergoda rayuan kartu kredit

Makin hari, perang promo kartu kredit semakin memanas. Membuat para perempuan lajang merasa bisa menghemat karena bisa dapat diskon belanja, cashback, promo, yang bisa up to lebih dari 50%.

Padahal kalau dipikir-pikir lagi, apa yang kamu beli sebenarnya bukanlah kebutuhan utama. Kadang malah barang aneh yang ada di marketplace, awalnya tampak lucu, tapi begitu sudah sampai, kamu malah lupa kemarin pesan untuk apa.

Jadi sama saja kan, mengeluarkan uang ekstra?

So, sebelum membeli, pastikan dulu apakah kamu benar-benar perlu atau hanya tergoda rayuan? Tunggu sampai besok, kalau sampai terbawa-bawa ke mimpi, bolehlah dibeli.

4. Enggak mau hidup “susah”

Ketimbang naik bus, kita lebih memilih naik taksi karena lebih nyaman. Ketimbang masak sendiri, bawa bekal dari rumah, mendingan pesan makanan resto via online, karena biar keren diposting di Instagram.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi! Ikuti Tipnya Yuk!

Gaya hidup mevvah seperti inilah yang kadang membuat kantong para perempuan lajang jebol.

Cek lagi deh kebiasaan-kebiasaan ini. Kapan perlu naik taksi, kapan jalan kaki saja? Kapan bawa bekal, kapan memang harus pesan makanan online?

Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi COVID-19? Coba Lakukan Langkah Berikut Segera

5. Belum punya rekening tabungan

Menggabungkan tabungan, dana darurat, serta biaya hidup dalam satu rekening akan membuat pengeluaran kamu sulit dideteksi. Sering kali, inilah yang mengakibatkan uang tabungan kita jadi terpakai untuk belanja.

Jadi, mesti gimana?

Punyai rekening tabungan berjangka, girls, yang hanya bisa diambil setahun atau dua tahun kemudian, dengan setoran yang diatur autodebet setiap bulannya.

Atau, kamu bisa juga memilih reksa dana pasar uang, sebagai instrumen “tabungan”-mu. Dengan imbal yang lebih tinggi ketimbang bunga tabungan biasa dan tabungan deposito, kamu malahan akan mendapatkan hasil sekian kali lipat nantinya.

6. Belum terpikir untuk menyimpan aset dengan baik

Perempuan lajang kerap lupa menyimpan buku tabungan, tagihan kartu kredit, hingga surat-surat penting yang berhubungan dengan keuangan.

Ketika kamu butuh untuk dokumen ini itu, baru deh kebingungan.

Segera miliki kotak khusus untuk menyimpan semua dokumen penting ini. Menyimpannya dengan baik bisa membuat kita tetap waspada, bila terjadi kecurangan atau kesalahan hitung dari pihak lain lo!

Perempuan Lajang, Hindari 7 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Menabung Lebih Banyak!

7. Merasa tabu membahas keuangan dengan pasangan

Bila hubungan kamu sudah benar-benar serius, ada baiknya kamu memulai untuk membahas topik ini dengan pasanganmu, girls. Jangan sampai masing-masing dari kamu atau dia memiliki ekspektasi berlebihan satu sama lainnya.

BACA JUGA:  Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

Mulailah dengan jujur mengenai penghasilan masing-masing, sehingga kamu dan pasanganmu bisa merencanakan masa depan dengan lebih pasti, sesuai dengan kemampuan finansial kalian berdua.

Nah, mana nih di antara ketujuh hal di atas yang masih menjadi kebiasaan finansial kamu? Yuk, girls, kita kelola keuangan dengan baik, karena ini adalah garis start kita untuk menjadi perempuan mandiri yang kuat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: