Kuliner

Waspadai 3 Kontaminasi Bahan Makanan Mentah Berikut Ini!

Beberapa orang lebih suka mengonsumsi langsung makanan mentah. Katanya, itu lebih sehat. Tapi sebaiknya waspada!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hei, girls! Kamu pasti tahu ada banyak pola makan sehat yang ditawarkan untuk diterapkan akhir-akhir ini ya? Salah satu di antaranya adalah mengonsumsi raw food, alias bahan makanan mentah. Well, ini memang bagus sih, karena tujuannya adalah mengurangi proses pengolahan yang kadang memang membuat makanan kita lebih enak tetapi justru membuatnya berkurang nilai gizi dan kesehatannya.

Tapi, girls, ternyata, rata-rata sumber makanan mentah yang ada di sekitar kita berpotensi gede untuk terkontaminasi bahan atau organisme berbahaya lo!

Yes, sebelum jadi makanan, semua yang ada dalam piring kita memang merupakan sayuran yang belum diolah, ikan dan daging mentah, juga bumbu yang masih belum teracik sempurna.

Nah, nggak jarang nih, karena perlakuan yang salah atau memang kualitas produksi yang kurang bagus, seluruh bahan makanan mentah tersebut jadi rentan banget terkena organisme yang malahan bisa membahayakan tubuh.

Supaya terhindar, kita memang harus menjadi pembeli yang cermat saat memilih semua bahan makanan mentah tersebut. Wajib memperhatikan kebersihan dan kesegaran bahan makanan lewat aroma, warna, dan tekstur.

Tak hanya jika dikonsumsi secara raw, jika kita ingin mengolahnya menjadi makanan siap santap juga jangan lupa cuci tangan dengan menggunakan sabun. Nggak lupa juga, peralatan masak dan makan yang akan dipakai juga sudah tercuci bersih ya.

BACA JUGA:  7 Makanan Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Pastikan juga bahan makanan yang sudah matang tidak berdekatan dengan makanan mentah, karena bakalan menimbulkan kontaminasi silang, sehingga banyak banget zat yang nggak bagus buat tubuh jadi balik lagi ke makanan yang sudah dimasak.

Berikut adalah beberapa bahan makanan mentah yang harus banget kita perhatikan kondisinya (sebelum dimasak)

10 Makanan Kaya Serat - Kontaminasi Bahan Makanan Mentah

1. Sayuran dan buah

Sayuran dan buah biasanya terkontaminasi oleh zat kimiawi yang dipakai saat penanaman. Pestisida, misalnya.

Banyak juga ditemukan penjual sayuran nakal yang mencampurkan zat pewarna dan pengawet berbahaya supaya sayuran dan buah jadi terlihat lebih menarik dan segar.

Nah, sebaiknya sebelum kamu membeli bahan makanan mentah ini, perhatikanlah permukaan sayuran dan buah, apakah badan sayuran kelihatan layu atau memar. Soalnya kondisi fisik di luarnya akan menentukan banget kondisi di dalamnya. Misal nih, buah yang sudah terlihat memar di luar akan tercium aroma busuk dari dalam.

Yang paling penting, cepat-cepatlah dibersihkan dengan air sebelum dikonsumsi. Kalau belum akan dimasak, masukkan sayuran dan buah ke dalam lemari es, karena kuman gampang banget berkembang di suhu kamar.

2. Ikan dan daging

Kontaminasi ikan dan bahan seafood lainnya bisa berasal dari bahan kimia buangan limbah pabrik yang mencemari lingkungan tempat mereka tinggal.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Paskah dari Berbagai Negara di Dunia yang Unik dan Yummy!

Ngerinya lagi, ada saja modus penjual nggak bertanggung jawab yang menjual ikan berklorin yang ditambah dengan zat-zat berbahaya, seperti formalin, borax, bahkan sampai detergen! Ouch!

Ini bisa bikin ikan tahan sampai beberapa bulan sih, memang, sesuai dengan kadar zat yang diberikan. Tapi kan, ya gimana dong? Masa kita makan detergen?

Begitu juga dengan bahan makanan mentah berupa daging. Kontaminasi daging juga bisa berasal dari bakteri yang memang sudah menempel pada daging tersebut. Salah satunya dari sumber pakan rumput yang terkontaminasi pestisida.

Kontaminasi juga bisa terjadi kalau daging dan ikan mengalami jalur distribusi yang kurang baik, misalnya dibawa dalam truk yang nggak punya cold storage. Jadi kuman berkembang biak dengan cepat deh.

Waktu dan temperatur pengolahan juga menentukan banget kondisi layak enggaknya daging dan ikan dikonsumsi, girls.

Daging aman diolah di atas suhu 63 derajat Celcius, sedangkan kalau di dalam freezer, bakteri nggak bisa berkembang biak di bawah suhu 0 derajat Celcius.

Yang harus diingat juga, sebaiknya hindari mengonsumsi daging olahan secara berlebihan. Selain nggak terlalu bernutrisi, daging olahan juga sudah dicampur bahan adiktif atau bahan tambahan pangan yang berbahaya kalau dikonsumsi terlalu sering.

3. Bumbu giling

Di balik kepraktisannya, ada juga bumbu giling yang berbahaya, girls. Nggak sedikit penjual yang menambahkan zat kimia berbahaya sebagai pengawet, penguat rasa, dan pewarna supaya lebih nambah selera.

BACA JUGA:  Mau Punya Kulit Sehat? Konsumsi 8 Makanan Ini Setiap Hari!

Bakalan lebih baik sih kalau kita bisa membuat dan memakai bumbu asli dengan mengolahnya sendiri ya. Meski terkesan repot, paling nggak bumbu ala kita sendiri ini jauh lebih segar, nggak berbahaya, dan bebas dari kontaminasi zat asing.

So, girls. Setelah tahu bahwa ada 3 bahan makanan mentah yang rentan terhadap kontaminasi di atas, tentunya sekarang kamu bisa lebih berhati-hati saat berbelanja dan juga saat mengolahnya ya.

Begitu pun dengan kamu yang menerapkan pola makan makanan mentah alias raw food. Selalu cuci bersih semua bahan makanan yang hendak kamu konsumsi.

Tetap sehat, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: