7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

BICARAPEREMPUAN.COM – Lebaran sebentar lagi nih, girls! Sebagian dari kamu pasti sudah sampai di kampung halaman ya? Sebagian yang lain mungkin nggak punya kampung halaman, alias masih tinggal di kota kelahiran. Di mana pun kamu berada saat ini nggak masalah. Yang penting nih, sudah siapkan kue kering Lebaran belum?

Ya, kalau momen Lebaran seperti ini kita seringnya akan membicarakan soal tradisi keluarga Indonesia yang berbeda-beda ya.

Termasuk selalu ada kue kering Lebaran wajib di meja tamu atau meja kopi di ruang keluarga. Selain sebagai suguhan camilan tamu-tamu, kue-kue ini kadang karena saking cantiknya juga bisa berfungsi sebagai hiasan lo di dalam stoples yang juga bermacam-macam bentuknya.

 

So far, BiPer selalu menemui 7 kue kering Lebaran ini selalu ada di meja rumah keluarga Indonesia.

 

1. Nastar

Kue kering Lebaran: Nastar
Nastar. Image via Notepam.

Kalau dulu, varian rasa nastar hanya ada nanas. Sekarang lebih bervariasi, mulai dari keju, cokelat, green tea, susu, dan lain-lain.

Bentuknya sekarang juga macam-macam, mulai dari daun, bulat, hingga dibentuk seperti bunga, dengan selai nanas atau cokelat di tengahnya.

BACA JUGA:  4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

 

2. Kastengel

 

Kue kering Lebaran: kastengel
Kastengel. Image via Merdeka.

Yang satu ini kue kering Lebaran yang pasti dicari oleh kamu-kamu yang penggemar keju, yes?

Kalau sebelumnya bentuk kastengel adalah selalu persegi panjang, sekarang bentuknya juga lebih bermacam-macam, ada yang lonjong ada juga yang berbentuk hati.

Varian terbaru adalah kastengel yang ujungnya dicelup cokelat leleh. Sudah cobain belum, girls? Enak banget!

 

3. Putri Salju

 

Kue kering Lebaran: Putri Salju.
Putri Salju. Image via Vemale.

Si putih ini juga sepertinya selalu ada di atas meja di setiap rumah menjelang Lebaran seperti ini ya.
Sebenarnya ini bahannya sama saja dengan kue lainnya, tapi biasanya ada tambahan kacang mede di tengah-tengahnya. Umumnya berbentuk bulan sabit, tapi ada juga yang bulat-bulat gitu.

 

4. Semprit Bunga

 

Kue kering Lebaran: semprit bunga.
Semprit bunga. Image via Resep Masakan Kuliner.

Nah, yang satu ini juga cantik banget sebagai hiasan di dalam stoples di atas meja, dan juga enak banget sebagai camilan. Gurihnya gurih mentega, sekaligus manis. Enak banget!

Namanya juga semprit bunga, maka bentuknya juga bunga. Di tengahnya ada “isi”-nya, mulai dari selai stroberi, potongan ceri, choco chips atau cokelat leleh.

BACA JUGA:  4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

 

5. Lidah kucing

 

Kue kering Lebaran: lidah kucing.
Lidah kucing. Image via Merdeka.

Kue kering Lebaran satu ini juga wajib ada nih. Kue yang berbentuk seperti lidah dan tipis-tipis memang enak banget. Makan sestoples nggak kerasa, tahu-tahu habis saja.

Beberapa waktu yang lalu varian lidah kucing rainbow sempat ngehits. Tapi sepertinya sekarang, semua orang sudah kembali ke selera awal yaitu yang plain saja. Atau kalau nggak, ya yang dicelup cokelat ujung-ujungnya.

 

6. Kue Kacang

 

Kue kering Lebaran: kue kacang
Kue kacang. Image via Selerasa.

Yang khas dari kue kacang tentu saja adalah rasa kacangnya.

Kacang yang dihaluskan dan dicampur dalam adonan ini bikin sensasi rasanya lebih nampol. Bikin makin crunchy gitu deh. Tapi kadang rasa kacang ini nggak berasal dari kacang asli juga, melainkan dari selai kacang. Yang mana aja, semuanya tetap enak!

Bentuknya juga macam-macam. Ada yang bulat pipih, ada yang berbentuk hati, ada pula yang berbentuk bulan sabit seperti kue putri salju. Ada juga varian kue kacang yang di tengah-tengahnya ada kejunya. Yummy!

 

BACA JUGA:  Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

7. Choco Chips Cookie

 

Kue kering Lebaran: choco chips cookies.
Choco chips cookie. Image via Pillsbury.

Nah, kue yang satu ini seperti kukis-kukis kemasan yang banyak dijual di pasaran memang. Tapi kalau buatan rumahan pastinya berbeda juga.

Biasanya choco chips cookies rumahan lebih cenderung ke gurih, karena gulanya agak dikurangi. Ada yang cokelat semua, atau ada juga yang seperti foto di atas.

 

Nah, di antara 7 kue kering Lebaran di atas, mana sih yang paling favorit buatmu, girls? Sudah nyetok banyak pasti ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.