Lebih Percaya Diri Tanpa Insecure dengan 7 Tip Jitu Ini

BICARAPEREMPUAN.COM – Secara umum, insecure didefinisikan sebagai perasaan tidak aman yang dirasakan oleh seseorang seolah-olah  dirinya ‘rendah’ dibandingkan orang lain. Hal ini lantas memunculkan ketakutan-ketakutan dalam benaknya. Jika diartikan secara singkat, kamu bisa menganggap insecure sebagai manifestasi dari rasa tidak percaya diri alias minder.

Biasanya sih, insecurity ini muncul tatkala seseorang enggak mampu melihat kelebihan dalam dirinya sendiri. Mereka terlalu sibuk dengan pendapat orang lain. Terkadang juga ada rasa khawatir berlebihan, seperti takut enggak diterima oleh masyarakat. Sehingga hal itu membuat mereka berusaha menutupi kekurangannya dan menciptakan image baru hanya untuk lebih mendapatkan perhatian.

Perlu kamu tahu, girls, bahwa perasaan insecure itu tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Selain bikin hati jadi tak tenang, insucure juga dapat merusak hubungan, baik hubungan dengan teman, keluarga, ataupun pacar kamu.

Nah, kalau kamu termasuk pribadi yang kerap merasa insecure, maka buruan lawan gih! Lepas topengmu, dan jadilah diri sendiri yang percaya diri.

 

Berikut 7 trik untuk melawan perasaan insecure dan tak percaya diri

Lebih Percaya Diri Tanpa Insecure dengan 7 Tip Jitu Ini

1. Cukup bersikap baik, prioritas hidup kamu bukan membahagiakan orang lain

Sebagai makhluk sosial, memang perlu bagi kamu untuk bersikap baik kepada orang lain. Namun ingat, hanya bersikap baik! Bukan membahagiakan orang lain. That’s not your job, girls!

Ketika kamu berusaha keras untuk membahagiakan orang lain, maka pada saat itu juga kamu akan lupa dengan kebahagiaan diri sendiri. Karena kamu akan terlalu sibuk memikirkan perasaan orang lain.

BACA JUGA:  Jadi Perempuan Mandiri dan Smart, 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Dan tentunya, kamu juga akan merasa tidak nyaman. So, stop doing something like that!

 

2. Sadarilah bahwa haters ada di mana-mana dan haters gonna hate

Kamu tidak bisa memaksakan orang lain untuk menyukaimu. Faktanya, di dalam kehidupan ini selalu ada yang namanya haters atau pembenci. Sekalipun kamu udah bersikap sangat baik, ramah, berpenampilan menawan, sukses atau apa pun, orang-orang jahat itu akan selalu ada.

Jadi ya, tidak perlu terlalu dipikirkan. Jika ada orang yang benci kamu, maka itu adalah masalah dia. Lebih baik kamu fokus saja dengan kehidupan sendiri.

Kalau kamu memang benar-benar orang baik, pastinya masyarakat akan mengetahuinya tanpa perlu kamu mengumbar-umbar.

 

3. Jadilah diri sendiri, jangan berubah hanya agar disukai

Perasaan insecure terkadang membuat orang mengubah jati dirinya secara drastis. Entah berpura-pura menjadi orang kaya dan gaul, membeli handphone mewah, berpakaian mahal, semua itu dilakukan hanya agar diterima oleh lingkungannya.

Lalu apakah cara tersebut selalu berhasil? Jawabannya tidak!

Dengan kamu hanya menggunakan sebuah topeng, itu tidak akan mendatangkan cinta yang sesungguhnya. Sebaliknya, sikap kamu yang berusaha terlalu keras untuk disukai justru membuat orang lain jadi ilfeel.

 

4. Cobalah menjadi pribadi yang mandiri

Menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri sangatlah diperlukan untuk melawan perasaan insecure terhadap masa depan. Sebaiknya, kamu jangan terlalu mengandalkan orang lain, girls.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

Cobalah berani untuk mengambil keputusan, cobalah untuk berbisnis agar kamu bisa menabung, belajarlah merawat diri sendiri, apa pun itu, usahakan berdiri di kaki sendiri.

Dengan begitu, kamu akan merasa lebih aman mengenai masa depanmu.

Oh iya, menjadi mandiri bukan berarti tidak memerlukan orang lain. Karena bagaimanapun, manusia tetaplah butuh orang lain.

Intinya, hanya jangan berharap berlebihan.

 

5. Belajarlah mencintai diri sendiri

Perasaan insecure akan muncul tatkala kamu tidak mampu mencintai diri sendiri.

Dalam artian, kamu senantiasa merasa minder. Nggak percaya diri dengan kemampuan diri, fisik, dan apa pun itu. Kamu selalu merasa lebih rendah dari orang lain.

Jangan begitu, girls! Kamu harus bersyukur dengan apa adanya kondisi kamu. Tak perlu terlalu mendengarkan omongan orang lain. 

Just be your self, dan berikan lebih banyak cinta untuk diri kamu sendiri.

 

6. Move-on dari masa lalu

Terkadang orang merasa insecure atau tak aman dan tak percaya diri ini dikarenakan memiliki pengalaman masa lalu yang kelam.

Entah itu, pernah mengalami bullying, KDRT, pelecehan seksual, atau pernah melakukan kesalahan pada orang lain. Hal-hal tersebut membuatnya jadi susah bergerak maju.

Apabila kamu mengalami kondisi yang sama, maka belajarlah untuk memaafkan masa lalu. Move on, girls! Jangan pernah lagi menoleh ke belakang, karena itu bakal membuat kamu jadi down dan sulit berkembang.

BACA JUGA:  Nggak Perlu Emosi, Ini Dia 5 Cara Cerdas Mengubah Haters Menjadi Teman!

 

7. Berhenti menghakimi orang lain

Jika kamu tidak ingin dinilai ini-itu oleh orang lain, maka berhentilah juga untuk menghakimi, menjudge, atau mencela orang lain. Sebab hal itu sama sekali tidak penting dan nggak ada manfaatnya. Sebaliknya, justru menambah dosa.

So, please stop menilai orang lain hanya dari sudut pandang kamu sendiri. Belum tentu mereka lebih buruk darimu, dan belum tentu kamu lebih baik dari Mereka. Jadi ya, bersikaplah adil terhadap orang lain.

 

Insecurity bukanlah hal yang menyenangkan untuk dijalani. Selalu khawatir dengan pemikiran orang lain, hanya akan membuang-buang energi. Hati jadi tidak tentram juga.

Cukup lakukan apa yang menurut Mama baik. Dan jangan lupa untuk mencintai diri sendiri dan percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.