Pendidikan

Mencari Beasiswa? Yuk, Coba Berburu di 8 Lembaga Penyedia Beasiswa Berikut Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Berencana untuk mulai berburu dan mencari beasiswa tahun ini untuk melanjutkan pendidikan kamu, girls?

Banyak kok lembaga yang menyediakan beasiswa buat kamu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa lembaga yang mungkin bisa bantu kamu yang sedang mencari beasiswa.

Yuk, mencari beasiswa ke lembaga-lembaga berikut
Yuk, berburu beasiswa ke lembaga-lembaga berikut. Image via Enid Buzz.

1. Studeren in Nederland (STUNED)

Web: www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned

Beasiswa ini adalah bentuk kerja sama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia untuk program magister, kursus pendek, plus pelatihan bagi organisasi yang ingin meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya.

Untuk program magister, tenggat waktu pendaftaran adalah setiap tanggal 15 Maret, girls. Sedangkan untuk dua program yang lain, tenggat jatuh pada tanggal 1 Maret setiap tahunnya.

2. Netherlands Fellowship Programme (NFP)

Web: www.studyinholland.nl/nfp

Sedikit berbeda dengan Stuned, beasiswa yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda ini dibuka untuk mahasiswa dari 51 negara di dunia.

Pendanaan ini diberikan untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan magister, kursus singkat, dan doktoral.

3. Beasiswa Lembawa Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Web: www.lpdp.kemenkeu.go.id

Berbeda dengan sumber dana yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), program ini bersumber dari hasil investasi APBN.

BACA JUGA:  Bekerja Sambil Kuliah Atau Kuliah Sambil Kerja? Ini Kiat Suksesnya

Nggak hanya berlaku buat kamu yang ingin melanjutkan sekolah, beasiswa LPDP juga bisa digunakan untuk pendanaan riset, girls.

Nah, jika kamu memang mencari beasiswa satu ini, kabar baiknya, pendaftaran untuk beasiswa magister, doktoral, serta pendidikan dokter dibuka empat kali dalam setahun.

4. DAAD Scholarships

Web: www.daadjkt.org

Deutscher Akademischer Austausch Dienst atau German Academic Exchange Service adalah lembaga independen yang dibentuk dari ratusan perguruan tinggi di Jerman.

Setiap tahunnya ada 70.000 beasiswa untuk calon mahasiswa dari seluruh dunia, girls. Kebanyakan beasiswa diberikan untuk kalangan dosen, peneliti, dan profesional.

5. ERASMUS+

Web: ec.europa.eu/programmes/erasmus-plus

Program dari Uni Eropa ini membiayai bidang pendidikan, pelatihan, kepemudaan, dan olahraga dari tahun 2014 hingga nanti tahun 2020. Nah, masih sempat tuh, girls, kalau kamu mau.

Pendanaan ini mensyaratkan kamu untuk menempuh pendidikan di dua negara berbeda di Eropa lo. Wow!

Untuk lebih jelasnya, coba kamu kepoin aja ke website-nya ya?

6. Chevening

Web: chevening.org/indonesia/

Beasiswa yang satu ini berasal dari pemerintah Inggris, girls. Buat kamu yang mencari beasiswa ini dan pengin mendapatkannya untuk tahun ajaran 2019/2020, bersiaplah untuk memasukkan aplikasi kamu di bulan Agustus 2019 mendatang.

BACA JUGA:  Pengin Meraih Beasiswa Impianmu? Kamu Harus Punya dan Lakukan 7 "C" Ini!

Tahun 2014 bahkan ada informasi dari duta besar Inggris sendiri, bahwa kuotanya telah ditambah sebanyak 3 kali lipat!

 

7. New Zealand Aid Programme Scholarship

Web: www.aid.govt.nz

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Selandia Baru. Untuk kamu, para pelajar Indonesia, kamu bisa mencicipi New Zealand-ASEAN scholarship.

Penyerahan aplikasi ditutup pada 30 April setiap tahunnya ya, girls. Plus, lembaga ini juga menyediakan pelatihan bahasa Inggris untuk kamu yang terpilih.

8. Fulbright

Web: www.aminef.or.id

Program ini diberikan untuk pelajar dan peneliti Indonesia serta Amerika sejak 1952. Untuk memudahkan akses informasi tentang pendaftarannya, pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia mendirikan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) pada 1992.

Nah, itu dia beberapa lembaga penyedia beasiswa yang bisa BiPer kumpulkan dan bagi dengan kamu, girls. Yuk, segera kepoin masing-masing ya, lalu segera lakukan pula persiapan kamu untuk mencari beasiswa yang sesuai.

Ada buku yang oke banget untuk kamu jadikan teman perjalanan kamu dalam mencari beasiswa lo, yaitu Meraih Mimpi dengan Beasiswa yang ditulis oleh Abellia Anggi Wardani–seorang kandidat doktor di usia 26 tahun yang telah meraih lebih dari 10 beasiswa terbaik dalam negeri maupun luar negeri ini.

Dalam buku ini, ada berbagai tip persiapan mendapatkan beasiswa, mulai dari checklist dokumen-dokumen yang diperlukan, cara menulis CV yang menarik, cara membuat surat motivasi dan surat rekomendasi yang baik, hingga cara agar bisa survive di lingkungan baru dan lulus dengan predikat Cum Laude!

BACA JUGA:  Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

Keren banget kan? Hubungi penerbit Stiletto Book jika kamu ingin membeli buku ini ya. Ada diskon khusus untuk pembelian langsung ke penerbit lo!

Nah, semoga perburuanmu untuk mendapatkan beasiswa sukses ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: