Traveling

Liburan ke Pantai Itu Sangat Menyehatkan Lo! Ini Dia 8 Alasannya!

BICARAPEREMPUAN.COM – Berbicara tentang liburan ke pantai, rasanya hampir setiap orang pasti pernah kan ya? Bahkan bisa dibilang pantai itu tempat liburan favorit sejuta umat.

Terbukti dari banyaknya pantai-pantai di Indonesia yang dijadikan spot wisata. Misalnya saja pantai Kuta di Bali, Gili Trawangan, Raja Ampat, dan masih banyak lainnya.

Nah, ternyata nih, girls, liburan ke pantai itu enggak sekadar menyenangkan lo! Tapi juga bikin sehat. Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan oleh Michael H. Depledge dan kawan-kawannya mengungkapkan, bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar pantai hidupnya cenderung lebih sehat dibandingkan mereka yang jauh dari pantai.

Nah, maka itu, girls, jangan ragu untuk secara rutin merencanakan liburan ke pantai. Nggak perlu takut kulit jadi hitam atau bersisik karena kering, selama kamu tetap rajin mengoleskan skincare andalan yang tepat, maka tak akan ada masalah.

 

Berikut alasan kenapa liburan ke pantai menyehatkan!

 

1. Membantu Relaksasi Pikiran

Ketika kamu disibukkan oleh aktivitas yang terus-menerus berulang, tugas yang menumpuk, dan segala beban yang melelahkan, coba deh sesekali liburan ke pantai.

Kamu bisa mencari referensi dari internet. Usahakan mencari pantai yang masih asri, yang banyak pepohonan dan sejuk. Dengan begitu pemandangannya juga enak untuk dinikmati.

BACA JUGA:  5 Pantai di Lombok Selain Senggigi dan Gili Trawangan yang Belum Banyak Diekspos tapi Tak Kalah Cantiknya

Menurut studi, berlibur ke pantai bisa membantu pemulihan pikiran agar lebih rileks dan tenang.

 

2. Banyak Aktivitas yang Ampuh Membakar Kalori yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai

 

Tahu nggak sih, girls, bahwa ternyata acara liburan ke pantai itu bisa menjadi aktivitas penunjang program diet lo!

Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Biology, jogging di pasir pantai dapat membakar kalori tubuh 3 kali lebih banyak ketimbang di permukaan yang keras, misalnya di tanah, kaveling, atau sejenisnya.

Oh iya, kamu juga bisa sekalian cobain aktivitas berenang di pantai. Olahraga berenang ini ampuh menghilangkan lemak di tubuh secara cepat. Selain itu juga membantu menyehatkan organ jantung.

 

3. Membuat Kulit Kaki Jadi Mulus

 

Satu lagi manfaat dari liburan ke pantai, yakni bisa membantu kulit kaki jadi lebih mulus. Jadi semisal nih, telapak kaki kamu pecah-pecah, maka kamu cukup berjalan-jalan di atas pasir dekat air untuk mengembalikan kemulusan kulit kakimu, girls.

Menurut studi, pasir pantai terbukti dapat menjadi pengelupas alami untuk sel-sel kulit mati.

 

4. Memperkuat Otot Kaki

 

Selain membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, ternyata pasir di pantai juga dapat menyehatkan otot-otot kaki.

Menurut sebuah penelitian, pasir memiliki kemampuan dapat menstimulasi ujung syaraf kaki hingga 3000-7000 simpul syaraf, yang mana bila kamu berjalan di atasnya maka itu akan membuat otot kakimu semakin kuat.

BACA JUGA:  5 Destinasi Wisata untuk Pencinta Film Ini Mesti Masuk ke Bucket List Liburan Kamu!

 

5. Sinar Matahari Menjadi Sumber Vitamin D Alami untuk Tubuh

 

Berjemur di pantai memang bisa bikin kulit menjadi lebih gelap. Namun di balik itu, sinar matahari juga punya manfaat bagi tubuh, yakni sebagai penyedia sumber vitamin D alami.

Adapun kegunaan vitamin D bagi tubuh adalah mengoptimalkan penyerapan kalsium, sekaligus memperkuat tulang dan gigi.

 

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

 

Paparan sinar matahari dari pantai tidak hanya berguna sebagai penyedia asupan vitamin D, tapi juga mampu meningkatkan produksi zat endorfin di dalam tubuh.

Sekadar informasi, zat endorfin ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imun), sekaligus menciptakan suasana hati kita gembira, girls.

 

7. Meredakan Stres

 

Pantai menjadi objek wisata yang cocok untuk menghilangkan penat. Cukup duduk di atas pasir sembari bermain ombak, itu saja sudah mampu meredakan stres.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar antropologi di Cornell University, Meredith F. Small, beliau mengungkapkan bahwa air dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan kejenuhan pikiran.

Masih meragukan kalau liburan ke pantai itu menyehatkan?

 

8. Terapi Penyembuhan Rematik

 

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Bali Berpanorama Luar Biasa dan Biaya Murah

Jika sekarang ini kamu atau keluarga kamu sedang mengalami gangguan nyeri otot atau sendi, maka segera agendakan untuk liburan ke pantai!

Menurut penelitian, garam yang terkandung dalam air laut bisa membantu mengatasi masalah rematik lo, girls. Selain itu, adanya kandungan mineral lain dalam air laut, seperti yodium, kalium, atau magnesium juga bagus untuk kesehatan kulit, seperti mengembalikan keelastisannya sekaligus menyembuhkan infeksi.

 

Nah, tapi catat nih, girls, enggak semua air laut bagus untuk kesehatan! Apabila air lautnya kotor, penuh dengan logam dan zat-zat yang berasal dari limbah pabrik, maka itu malah berbahaya bagi tubuh.

Karena itu, kamu harus benar-benar pilih objek wisata pantai yang bagus ya! Dalam artian, belum banyak tercemar.

Selamat berlibur, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: