So Long, Dolores O’Riordan! Until We Meet Again!

BICARAPEREMPUAN.COM – Setelah kematian Chester Bennington–vokalis Linkin Park–barangkali berita ini adalah berita tersedih kesekian di dunia musik dunia. Dolores O’Riordan–vokalis, motor, dan ikon The Cranberries–meninggal mendadak 15 Januari 2017 malam di Park Lane Hotel di London.

Dolores O’Riordan diberitakan tengah melakukan sesi singkat rekaman suara di London. Namun, kemudian ia ditemukan dalam kondisi tak bernyawa lagi. Sampai dengan tulisan ini dipublikasi, penyebab kematian Dolores O’Riordan masih belum terungkap (atau diungkap?).

Entah apa yang menyebabkan vokalis yang kental dengan logat Irish-nya itu meregang nyawa. Dolores sebelumnya pernah terlibat narkoba, dan juga dikenal sebagai pengidap bipolar disorder. Namun, semoga memang ia meninggal ‘secara normal’. Meski tetap saja, terdengar begitu tragis.

The Cranberries telah menelurkan 7 album. Yang paling sukses tentu saja adalah album pertama mereka, yaitu Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We? dan No Need to Argue. Saat mereka vakum 6 tahun, circa 2003-2009, Dolores pun sempat bersolo karier, dan menelurkan 2 album, yang salah satunya meraih penghargaan dari insan musik Eropa.

Diam-diam, The Cranberries–terutama Dolores–ternyata banyak memperoleh penghargaan. Di antaranya, mereka–sebagai grup–pernah memenangkan International Achievement dalam Ivor Novello Awards. Zombie juga pernah meraih penghargaan sebagai Best Song dalam ajang MTV Europe Music Awards tahun 1995. Sedangkan album mereka, No Need to Argue meraih Best Selling Album dalam Juno Awards tahun 1996.

BACA JUGA:  7 Selebgram Body Positive Pendobrak Standar Kecantikan Ini Wajib Difollow untuk Memberimu Rasa Pede!

 

Dan, ini dia 5 best The Cranberries’ song versi Bicara Perempuan, yang dinyanyikan oleh Dolores O’Riordan

1. Zombie

 

 

Lagu rock dengan pesan dan melodi paling kuat yang pernah dinyanyikan oleh Dolores adalah Zombie.

Lagu ini ada dalam album kedua mereka, No Need to Argue yang dirilis tahun 1994. Yang menarik dari lagu ini adalah komposisi suara Dolores yang sedang menyanyi diiringi petikan bass yang dominan, dan kemudian mengencang di bagian chorus–terutama drumnya–yang semakin dipacu dengan lengkingan gitar.

Selain itu, liriknya juga kuat banget ya, girls.

 

2. Linger

 

 

Linger adalah single pertama The Cranberries, dan barangkali adalah salah satu lagu yang begitu menonjolkan kekuatan vokal Dolores in a gentle way.

You’ve got me wrapped around your finger / Do you have to let it linger?

Begitu tanya Dolores pada kita. Dan kita memang melakukannya! Begitu mendengar lagu ini, orang pasti langsung jatuh cinta dengan nada-nada melodiknya.

 

3. Dreams

 

BACA JUGA:  5 Artis Penyanyi Ini Pernah (Dituduh) Melakukan Lip Sync

 

A pure pop rock beauty! Begitu media Inggris sebesar Telegraph UK menyebutnya.

Lagu ini sebenarnya merupakan single debut mereka yang dirilis tahun 1992, tapi butuh 2 tahun untuk menjadi hits. Lebih lanjut Telegraph UK menyebutkan, bahwa Dolores bak perpaduan antara Bono U2 dan Sinead O’Connor dalam lagu ini.

Wuah! What a compliment ya, girls!

Dalam lagu ini pula, pertama kalinya Dolores bernyanyi dengan teknik yodelling tingkat tinggi yang tak semua orang bisa melakukannya.

 

4. Ode to My Family

 

 

Lagu ballads yang bisa didengarkan dalam album kedua, No Need to Argue, ini punya komposisi melodi yang sangat sederhana, sebenarnya. Dibawakan dengan dominasi gitar dan biola, lagu ini serasa easy listening dan begitu ringan didengar.

Namun, begitu Dolores menyanyikan lirik-liriknya, duh … menohok banget! Apalagi ada layering vokal Dolores di tengah lagu, yang manis namun entah kenapa terdengar menyayat.

Does anyone care?

Kalimat itu terus diulang oleh Dolores, layaknya sebuah mantra-mantra sedih.

BACA JUGA:  6 Pemimpin Negara Muda dan Cerdas yang Penampilannya Tak Kalah dari Seleb

 

5. Promises

 

 

Another rock anthem dalam album Bury The Hatchet yang dirilis tahun 1999, Promises merupakan lagu penuh emosi yang dinyanyikan oleh Dolores O’Riordan.

Mendengarkan Dolores yang “marah-marah” di lagu ini seakan kita jadi pengin bertanya langsung padanya, siapa yang tega melanggar janji denganmu, wahai Dolores?

 

Memang lagu The Cranberries yang sarat makna nggak cuma 5 lagu di atas. Semua lagu The Cranberries punya cerita, dan diceritakan pula dengan baik oleh Dolores O’Riordan.

Oh well. So long, Dolores O’Riordan!

Until we meet again!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.