Kuliner

Makan Kenyang Tapi Tetap Langsing, Coba 5 Makanan Ini!

Pengin makan kenyang tapi tetap langsing? Bisa kok!

BICARAPEREMPUAN.COM – Perempuan di belahan dunia mana pun rasanya memiliki masalah yang sama: mudah naik berat badan, sedangkan perlu perjuangan besar untuk menurunkannya.

Tenang, girls, ini bukan salah kamu. Yang salah itu tukang bakso! Kenapa dia mesti lewat di depan kosan, padahal kamu baru saja makan siang. Juga salah tukang gorengan! Kenapa bau gorengannya begitu gurih menggoda hidung?

Iya, itu alesan aja sih.

Baiklah, kita harus berani jujur mengakui, girls, bahwa yang sebenarnya bersalah adalah mereka, para makanan itu!

Yup, kita memang harus pintar-pintar memilih makanan. Hindari yang dicurigai bisa menaikkan berat badan dengan cepat. Hindari yang berlemak, yang digoreng, dan yang banyak, seberapa pun menggodanya.

Yang sabar ya, girls.

Nih, BiPer sudah memilihkan 5 jenis makanan yang akan membuat kamu makan kenyang namun tetap langsing. Simak ya.

Selama Bulan Puasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Pencernaan Lancar

Kategori Karbohidrat

Kentang hanya mengandung 70 kalori dalam setiap 100 gramnya. Jadi, tukar nasi dengan kentang yang direbus atau dibakar–jangan digoreng ya, karena minyaknya membawa masalah tersendiri.

Lebih baik lagi jika kentangnya tidak dikupas, karena kamu akan mendapat tambahan serat dari kulitnya yang membuat lebih lama kenyang. Selain itu, kentang juga bebas dari kolesterol dan lemak, serta zat besi sehingga sangat cocok untuk program diet.

Roti gandum juga merupakan makanan yang cukup membuat kenyang untuk jangka waktu lama. Kandungan serat yang tinggi membuat gandum sangat baik untuk membantu menyehatkan organ pencernaan, karena proses pengolahannya yang lama.

Biji-bijian ini juga turut mengontrol berat badan, lagi-lagi karena keistimewaannya yang mampu menyibukkan organ pencernaan sehingga kamu bisa makan kenyang dan perut tidak cepat lapar.

BACA JUGA:  7 Makanan Penurun Kolesterol yang Mesti Dikonsumsi Setiap Hari

Kategori Protein

Telur adalah makanan favorit, karena mudah didapat dan praktis saat diolah. Sumber protein ini mengandung 9 asam amino penting yang tidak bisa dihasilkan tubuh, demikian kata bapak Joy Dubost, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics di Saint Louis University, Amerika Serikat.

Keistimewaan lain adalah mengonsumsi telur dapat memicu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang bisa menekan rasa lapar.

Dari pihak nabati, kacang merah bisa kamu konsumsi sebagai teman makan siang yang berprotein akan cukup menyenangkan, sehingga kamu bisa makan kenyang.

Kacang merah mengandung asam folat, besi, mangan, thiamin dan tentu saja protein. Bahkan, dengan hanya menyuapkan 9 gram kacang merah akan mencukupi 17% dari total kebutuhan protein tubuh per hari.

Yuk, bikin sup kacang merah dengan banyak rempah untuk makan siang hari ini!

Mau Sarapan Pagi Berkualitas? Cobain 5 Menu Olahan Telur yang Super-yummy Ini!

Kategori Mineral

Seperti yang diberitakan dalam situs Halosehat, ada 9 mineral penting yang diperlukan tubuh, yaitu:

  • Kalsium, untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan gigi
  • Fosfor, yang berperan penting dalam berbagai reaksi kimia tubuh, misalnya pembentukan enzim
  • Zat besi, untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah
  • Iodium, sebagai pengendali pertumbuhan, di mana jika kekurangan mineral ini berpotensi terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher (atau sakit gondok)
  • Natrium, yang berfungsi untuk mengatur detak jantung dan membantu proses perlambatan saat terjadi impuls saraf.
  • Klorin, yang merupakan mineral untuk mengoptimalkan jumlah asam lambung. Biasanya Natrium dan Klorin digabungkan dalam rumus kimia NaCl
  • Zinc, yang berperan penting dalam membentuk metabolisme, juga baik untuk mengobati masalah-masalah kulit
  • Magnesium, yang salah satu kegunaannya adalah untuk kesehatan syaraf. Kekurangan zat ini bisa menimbulkan gangguan mental, dan jika kelebihan pun mengganggu sistem syaraf otak
  • Kalium, yang sangat baik dalam mengatur detak jantung dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh
BACA JUGA:  7 Makanan Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Makanan-makanan berikut mengandung mineral yang diperlukan itu:

  • Kacang-kacangan, yaitu kacang polong, almond, kedelai, dan lain-lain. Kacang-kacangan tidak berpotensi membuat gemuk karena lemak yang terdapat di dalamnya adalah lemak omega yang baik bagi tubuh. Jadi jangan salah kaprah ya.
  • Sayur dan buah, seperti bayam yang tinggi zat besi, dan pisang yang tinggi kalium. Makan kenyang dengan semangkuk sayur bayam ditambah satu buah pisang akan menyelamatkanmu dari masalah kurang konsentrasi dan anemia.

Kategori Vitamin

Vitamin terbagi dalam 2 jenis, yaitu yang meresap dalam tubuh (Water soluble) seperti vitamin B dan C, dan yang larut dalam lemak (Fat soluble) seperti vitamin A, D, E, K.

Vitamin A dapat ditemukan dalam wortel buah-buahan yang berwarna kuning dan merah, karena kaya akan betakaroten. Wortel, pisang, paprika dan sebagainya.

Vitamin B terkandung dalam sayur-sayuran hijau misalnya brokoli, asparagus, bayam, juga avokad, kuning telur, biji bunga matahari dan ikan.

Vitamin C ada di dalam semua jenis buah, terutama jambu, jeruk, tomat, stroberi. Kebutuhan vitamin C ini hanya sekitar 2.000 miligram saja per hari. Namun jika sangat suka buah (atau suplemen multivitamin) dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak, tentu tidak akan merugikan dan kelebihannya akan terbuang secara otomatis oleh tubuh. Asal dibarengi dengan konsumsi air putih juga, ya.

Vitamin D ditemukan dalam sinar matahari pagi dan berbagai protein seperti susu, telur dan ikan-ikanan

Vitamin E ada di dalam banyak sayuran. Namun sayur lobak mencukupi 28.8% dari total kebutuhan per hari. Wajar bila orang-orang di Jepang, Tiongkok, dan Korea doyan sekali masak lobak, ya!

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

Vitamin K terkandung dalam sayuran berdaun hijau, juga kubis dan kembang kol. Yang sedang dalam pengobatan antibiotik jangka panjang perlu banyak vitamin K, ya.

Makan Kenyang Tapi Tetap Langsing, Coba 5 Makanan Ini!

Kategori Camilan

Setelah mengungkap semua jenis makanan, dan membiarkanmu bisa makan kenyang namun tetap langsing berdasarkan kategorinya, ada juga nih camilan.

Supaya kita nggak perlu jajan bakso.

  • Apel tinggi serat pektin larut, sehingga ampuh untuk menahan lapar.
  • Popcorn, yang akan ‘menyumpal’ perut sehingga otak berpikir bahwa kamu tidak lapar, dengan kandungan hanya 90 kalori saja.
  • Sereal dan oatmeal, yang tentu saja berserat tinggi. Pastikan susunya yang rendah lemak ya!
  • Yoghurt, karena mengandung dua kali protein dan lebih sedikit lemak sehingga meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula tubuh.

Nah, sudah siap makan kenyang sedikit makanan tapi bertahan lama di perut?

Selamat makan, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: