Kesehatan

Memastikan Makanan Bersih dan Aman Dikonsumsi Selama Pandemi COVID-19

Memastikan kita makan makanan bersih dan aman selama pandemi bisa jadi problema tersendiri sekarang.

BICARAPEREMPUAN.COM – Ketika physical distancing terus berlanjut di tengah mewabahnya virus Covid-19, bahkan hal-hal sesederhana belanja makanan saja bisa jadi penyebab stres.

Kamu mungkin sudah tahu protokol yang tepat untuk pergi belanja kan ya? Bagaimana kamu harus menjaga jarak dengan orang lain, bawa daftar belanjaan, masuk toko, dan segera keluar kalau sudah selesai, sampai di rumah langsung bebersih? Repot ya, girls? Iya. Hiks.

Terus, bagaimana kalau kamu jajan, terus bawa pulang makanan atau bahan makanan yang kamu beli? Mesti digimanain tuh? Apa iya semua barang belanjaan (termasuk makanan dan bahan makanan) itu dibersihkan pakai disinfektan semua? Bagaimana cara memastikan semua makanan bersih dan aman?

Kalau kamu bingung, berikut BiPer berikan beberapa informasi yang dihimpun dari beberapa sumber, terkait usaha memastikan makanan yang kita makan adalah makanan bersih dan aman dari virus corona.

Disclaimer: Informasi berikut ini bisa berubah sesuai temuan terbaru, karena virus coronanya sendiri adalah virus yang baru ditemukan. Sehingga informasi yang disajikan di bawah ini adalah kondisi terkini saat ini, ketika artikel ini ditulis. Jika di masa depan, ada informasi yang keliru dan perlu di-update, BiPer akan segera mengupdate sesuai info terkini di kemudian hari.

6 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Memastikan Kita Mengonsumsi Makanan Bersih dan Aman dari Virus Corona

Beralih ke Makanan Organik dalam 8 Langkah Agar Sehat dan Hemat

1. Belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan melalui makanan

Para ahli masih percaya, bahwa bentuk utama penularan COVID-19 adalah orang ke orang, bukan melalui makanan atau wadah makanan.

“Coronavirus ini menyebabkan penyakit pernapasan dan menyebar dari orang ke orang, tidak seperti virus gastrointestinal yang ditularkan melalui makanan, seperti norovirus dan hepatitis A yang sering membuat orang sakit melalui makanan yang terkontaminasi,” demikian tulis US Food & Drugs Administration (FDA), yang tugasnya mirip BPOM di Indonesia.

BACA JUGA:  Pengin Menjadi Relawan COVID-19? Nggak Perlu Jauh-Jauh Kok!

Oke, jadi tidak menular melalui makanannya ya, girls. Keterangan dari FDA ini membuat kita menjadi yakin bahwa lebih penting memastikan diri kita sendiri untuk mengikuti protokol keamanan yang tepat saat sedang berbelanja dan berada di toko.

However, kita mungkin harus lebih waspada pada kemasan makanan, yang mungkin tanpa sengaja terkena droplets orang yang terpapar virus corona ini. Sehingga mungkin yang paling bisa kita lakukan adalah tidak memegang-megang barang sembarangan, hanya memilih barang yang hendak kita beli saja.

2. Dengan demikian, perlukah kita mengelap kemasan-kemasan bahan makanan yang kita beli itu dengan disinfektan atau pembersih lainnya yang berbasis alkohol?

FDA tidak pernah secara eksplisit merekomendasikan untuk menyemprot wadah makanan atau makanan apa pun dengan cairan pembersih, sebagai cara untuk mencegah virus corona ini.

Namun, mereka merekomendasikan untuk mencuci tangan begitu kamu pulang dari toko, serta sebelum dan setelah mengolah bahan makanan.

Kamu mungkin sudah pernah menonton beberapa video viral dari orang-orang yang melakukan pembersihan terhadap barang-barang belanjaan dari supermarket ya. Namun, sebenarnya sampai dengan saat ini, FDA tidak pernah memberikan prosedur pembersihan barang-barang belanjaan sebagai rekomendasi resmi.

Namun, kalau memang dengan membersihkan barang-barang belanjaan, terutama yang dikemas dalam kardus, plastik, atau kaleng, itu akan membuatmu merasa lebih aman, kamu boleh saja kok tetap melakukannya.

Hanya saja, pastikan, bahwa cairan pembersih yang berbahaya itu tidak sampai tercampur ke dalam bahan makanannya langsung ya.

Setelah dibersihkan, biarkan dulu barang-barang tersebut sampai benar-benar kering, baru deh kamu simpan.

Tetapi sekali lagi, langkah ini sebenarnya hanya langkah untuk menenangkan pikiran dan diri sendiri.

Dr David Aronoff, direktur Divisi Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center, mengatakan bahwa sebagian besar virus tidak lagi menular setelah 24 jam, dan penelitian telah menemukan bahwa virus corona sudah tidak terlacak atau tidak terdeteksi lagi pada sebagian besar permukaan benda setelah 72 jam.

BACA JUGA:  Suka Ngemil Malam Hari? Ayo, Atasi dengan 9 Trik Jitu Ini!

Ini berarti kamu sebenarnya tak perlu mengelap barang-barang belanjaanmu, apalagi jika kamu tak akan segera menggunakannya dalam satu hari ke depan. Semisal kamu memegangnya, yang paling penting adalah kamu harus segera mencuci tangan kamu, dan bukannya mencuci kemasan makananmu.

Memastikan Makanan Bersih dan Aman Dikonsumsi Selama Pandemi COVID-19

3. Bagaimana dengan produk segar?

Lalu bagaimana dengan produk, terutama makanan yang akan kamu konsumsi secara raw atau mentah? Seperti sayuran atau buah-buahan? Bagaimana memastikan beberapa jenis makanan bersih dan aman untuk dikonsumsi?

Para ahli merekomendasikan, bahwa kamu harus memastikan makanan bersih sebelum kamu konsumsi–termasuk produk-produk segar ini–dengan membilasnya air dingin yang mengalir. Setelah dibilas, segera masukkan ke dalam lemari es, jika ingin disimpan. Jangan lupa untuk mencuci tangan lagi sesudahnya.

Atau, jika kamu ingin langsung memakannya, pastikan kamu mencuci tangan lagi sebelumnya.

Jangan mencuci makanan dengan sabun atau cairan pembersih yang mengandung alkohol maupun cairan pemutih ya, girls!

Akan lebih efektif jika kamu selalu tidak lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan. Atau, biarkan saja dulu tersimpan sampai 2 hari, kalau memang perlu dan memungkinkan.

4. Bagaimana dengan tas belanja kita?

Belum ada penelitian, apakah tas belanja yang bisa dipakai ulang dapat meningkatkan risiko penularan virus corona ini. Tapi, ada bagusnya juga jika kamu berhati-hati.

Jika kamu menggunakan tas yang dapat digunakan kembali, cuci tanganmu setelah memegangnya. Semprotkan cairan disinfektan pada permukaan yang disentuh (handle-nya, misalnya), dan cuci dan jemur di bawah sinar matahari langsung setelah digunakan.

Jika tas belanjamu enggak bisa dicuci, bersihkan dan cobalah untuk enggak menyentuhnya sampai kamu pergi berbelanja lagi.

7 Makanan Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

5. Bagaimana kalau kita beli makanan secara takeout?

Sekali lagi, tidak ada bukti makanan atau kemasan makanan yang bisa dikaitkan dengan transmisi COVID-19.

BACA JUGA:  Terlalu Banyak Makan Padahal Lagi Diet? Ini 7 Tip untuk Membebaskan Rasa Bersalahmu

Namun, demi amannya, kamu bisa saja melakukan beberapa hal untuk memastikan kamu mengonsumsi makanan bersih dan aman, termasuk saat takeout.

Kalau kamu pesan makanan secara online dan kemudian diantar, pastikan kamu menerima makanan tanpa kontak langsung dengan kurir atau driver yang mengantarkan paketmu itu. Setelah menerima makananmu, segera pindahkan makanan di dalam kemasan ke dalam wadah yang kamu miliki. Setelah itu, segera buang kemasan, dan cuci tangan hingga bersih.

Kemudian, kamu bisa segera menikmati makananmu tersebut.

6. Hindari menggunakan peralatan bawaan dari restoran

Misalnya, saat takeout, ada sendok, garpu, atau apa pun yang disertakan. AKan lebih baik jika kamu menggunakan peralatan makan milikmu sendiri, dan tidak usah menggunakan peralatan makan dari restoran tersebut.

Nah, girls, semoga dengan sedikit pemaparan bagaimana memastikan makanan bersih dan aman dikonsumsi seperti di atas, kamu sekarang enggak bingung lagi ya. Tetap sehat sampai bencana ini berlalu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: