Kecantikan Kuliner

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Jogja memang terkenal dengan wisatanya. Wisata alam atau tematik hits lagi diburu oleh orang-orang, terutama wisatawan nih, girls. Selain terkenal dengan wisatanya, makan enak di Jogja juga banyak dicari. Banyak makanan yang legendaris, lantaran sudah ada sejak lama, dan uniknya cita rasanya masih dipertahankan keasliannya.

Banyak makanan enak di Jogja yang harganya terbilang murah. Tau enggak girls? Kalau makanan enak di Jogja itu kebanyakan justru bertempat di warung sederhana, bukan restoran mewah, loh!

Kesederhanaan itulah yang membuat wisata kuliner di Jogja enggak pernah sepi wisatawan. Ada juga yang sampai rela mengantre, demi menikmati satu porsi makanan enak tersebut.

Nah, berikut 10 rekomendasi makanan enak di Jogja yang paling banyak dicari!

1. Lupis Mbah Satinem

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Kamu kepengin sarapan yang ringan tapi enak girls? Tenang! Ada Lupis Mbah Satinem. Jajanan tradisional ini terkenal sekali. Kalau kamu ingin menikmati Lupis Mbah Satinem ini kamu perlu mengambil nomor antrean dulu untuk menikmatinya.

Satu porsi Lupis Mbah Satinem berisi lupis, ketan, tiwul, gatot juga cenil. Cita rasa yang enak terus dipertahankan oleh Mbah Satinem dari kali pertama jualan pada tahun 1963. Makanan Lupis ini juga dapat membawamu bernostalgia di masa kecil, loh!

Paling penting nih, kamu harus dating pagi-pagi sekitar jam 6 pagi, karena Lupis Mbah Satinem ini rata-rata habis dalam waktu 2 jam saja.

Lupis Mbah Satinem ini beralamat di Jalan Bumijo No 50, Gowongan, Kota Jogja.

2. Mangut Lele Mbah Marto

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Mangut Lele Mbah Marto menjadi salah satu makanan enak di Jogja yang enggak boleh kamu lewatkan. Mangut lele Mbah Marto ini teknik memasak lelenya dengan diasap, jadi wangi smooky nya sewaktu kamu santap akan terasa nikmt, girls.

Dulunya Lelel Mbah Marto ini berada di rumahnya yang ada di Jalan Parangtritis km 6.5, Dusun Sewon, Bantul tetapi sekarang pindah ke Jalan Parangtritis km 14,5, Desa Gaduh Patalan. Di sana kamu dapat melihat langsung Mbah Marto memasak langsung mangut lele dan sayur pendampingnya.

BACA JUGA:  7 Bahan Aktif Pelembap Wajah yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

Satu porsi menu berisikan sepiring nasi dan mangut lele. Kamu juga dapat memilih lauk lainnya yang tersedia. Untuk satu porsi menu mangut lele dibanderol harga Rp25 ribu saja, kelezatan mangut lele Mbah Marto sudah bisa kamu nikmati sampai puas.

3. Lumpia Samijaya

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Lumpia memang merupakan kuliner khas Semarang, tetapi bukan berarti kamu enggak bisa menemukannya di Jogja, loh. Lumpia Samijaya ini merupakan lumpia yang terkenal di Jogja dari masa ke masa. Lumpia Samijaya ini berlokasi di Jalan Malioboro No 18, Kota Jogja.

Perbedaan Lumpia Semarang dengan Lumpia Samijaya ini adalah isiannya. Kalau lumpia Semarang itu isiannya menggunakan rebung, lumpia Samijaya justru menggunakan bengkuang. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan tauge, wortel, daging ayam, hingga telur puyuh. Makanan enak di Jogja ini rasanya akan semakin nikmat jika dimakan dengan saus khusus yang dibuat dari campuran bawang putih dan bengkuang.

4. Wedang Tahu Bu Kardi

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Di Jogja, ada salah satu kuliner enak yaitu wedang tahu yang nikmat dan layak untuk dicoba Wedang tahu Bu Kardi ini dapat kamu datangi dari jam setengah 7 pagi hingga 11 siang di daerah sekitar Pasar Kranggan. Lebih tepatnya di Jalan Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Satu porsi wedang tahu harganya hanya Rp7 ribu saja loh. Murah bukan?

Sekarang ini Bu Kardi telah berhasil memiliki total empat titik berjualan wedang tahu. Dua cabang wedang tahu Bu Kardi lainnya berada di daerah dekat Mirota Godean dan daerah Umbulharjo. Kalau yang di dekat Mirota Godean dan Umbulharjo mulai bukanya sore hari girls, atau sekitar jam 4 atau 5 sore sampai jam 9 malam. Wah! Pas banget nih, kalau pas sore atau malam hujan, minum wedang tahu untuk menghangatkan badanmu!

BACA JUGA:  5 Romantic Cafe dan Resto Romantis di Jogja untuk Makan Malam Bareng Pacar

5. Sambel Belut Pak Sabar

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Makanan enak di Jogja selanjutnya yaitu warung belut Pak Sabra. Warung makan ini berada di Jalan Imogiri Kilometer 6 yang menyuguhkan olahan belut yang sudah menyatu dengan sambal. Jadi Ketika kamu makan akan terdapat kombinasi yang pas antara rasa gurih dengan pedasnya sambal khas Jogja.

Warung sambal belut Pak Sabar mulai membuka usaha tersebut sejak tahun 1998. Jadi sudah lama juga kan ya, Pak Sabar bergelut di usaha kuliner ini. Enggak perlu diragukan lagi rasanya. Sambel belut ini per 100 gram dibanderol harga Rp 14.000. Kamu bisa memesan sambal belut sesuai dengan tingkatan kepedasan yang kamu inginkan.

6. Entok Slenget Kang Tanir

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Enthok slenget Kang Tanir adalah warung makan yang menyajikan kuliner pedas. Lokasinya di Jalan Pakem, kecamatan Turi yang menuju ke arah Gunung Merapi. Biasanya, warung buka sekitar pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB atau sehabisnya.

Makanan enak di Jogja yang dijual di warung makan Kang Tanir ini berbahan dari Entok atau itik. Menu yang dijualpun mulai dari balungan itik sampai tengkleng. Untuk olahan daging entoknya setiap hari bisa memasak 150 porsi.

Kalau kamu mau kesini, jangan dalam keadaan lapar banget ya, girls. Karena tempatnya lumayan jauh dari kota, proses pembuatan makanannyapun begitu ada pesanan baru dibuat jadi hot from panci hehehe.

7. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Makanan enak di Jogja yang cocok untuk sarapan yaitu Soto Ayam Pak Dalbe. Soto Ayam Pak Dalbe terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jogja. Warung makanan jogja ini lebih tepatnya sih, berada di seberang Bank CIMB Niaga. Jika kamu tak ingin kehabisan, lebih baik jangan datang di jam makan siang, karena sudah habis hihihi.

Soto ayam ini memiliki kuah bening, tapi kalau dilihat dari dekat kuahnya berwarna lebih gelap. Soto ayam ini diracik dengan bumbu spesial, rasanya gurih dan sedikit manis. Jika ditambah perasan jeruk, cita rasanya lebih istimewa. Isian dari soto ayamnya juga melimpah. Ada nasi, irisan kol, tauge, bihun, taburan daun seledri, bawang goreng, dan banyaknya suwiran daging ayam kampung yang empuk.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Paskah dari Berbagai Negara di Dunia yang Unik dan Yummy!

Harga dari makanan enak di Jogja ini Rp 10.000 untuk soto campur dan Rp 13.000 untuk soto pisah. Di meja makan juga tersedia sate usus, sate usus tersebut harganya Rp 3.000 saja.

8. Mie Ayam Bandung 59

8 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

Girls, ada lagi nih makanan enak di Jogja. Namanya Mie Ayam Bandung 59. Mie Ayam Bandung 59 ini berlokasi di Jalan Beskalan, Ngupasan, Jogja sebalah Pasar Pathuk.

Menu di warung kuliner ini ada lomie kangkong, yamin asin dan manis, misoa pedas, yamie sechuan, dsb. Warung ini memang bukan menyediakan makanan khas Jogja, tapi warung ini sangatlah terkenal karena makanan yang dijualnya sangatlah nikmat. Harga per porsi makanan mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000. Murah kan?

Itulah 8 rekomendasi makanan enak di Jogja yang wajib banget kamu coba saat pelesiran ke Jogja ini, girls. Selain enak nih, harganya juga ramah di kantong.

Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: