Kesehatan

10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

Kadang karena kesibukan, kita sampai tak sempat memilih makanan yang sehat. Konsumsi makanan kaya serat ini, untuk bantu pencernaanmu.

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa yang yakin banget, kalau selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari? Tampaknya enggak ya?

Kadang karena sibuk, mana sempat deh mikirin kandungan sehat makanan yang kita santap setiap hari. Apalagi soal serat. Hingga kemudian sembelit atau diare terkadang datang menghadang. Untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit pencernaan pencernaan, cara terbaiknya adalah penambahan konsumsi serat.

Ada dua jenis serat, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Kedua serat ini dapat membantu menormalkan feses dan mencegah gangguan lambung, tetapi dengan cara yang berbeda. Serat tidak larut berguna untuk mencegah sembelit, sementara serat larut dapat mencegah diare. Manfaat lain dari serat adalah menurunkan kolesterol, mencegah lonjakan darah secara drastis, dan membuat kenyang lebih lama.

Setelah mengetahui manfaat serat, pasti kamu jadi ingin memperbanyak menu makanan kaya serat untuk dikonsumsi setiap hari kan?

Inilah 10 jenis makanan kaya serat untuk kamu konsumsi setiap hari agar pencernaanmu selalu sehat

Mau Punya Kulit Sehat? - makanan kaya serat

1. Apel

Cara sederhana dan enak untuk meningkatkan asupan serat adalah dengan mengonsumsi buah apel.

Kamu cukup mengonsumsi makanan kaya serat ini satu buah per hari saja lo, untuk memenuhi asupan serat yang cukup. Apel ukuran sedang memiliki kandungan serat kurang lebih sebanyak 4,4 gram.

BACA JUGA:  6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dihangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!

Wah, banyak juga ya.

2. Buah beri

Ada banyak jenis beri yang bisa kamu pilih sebagai makanan kaya serat, seperti stroberi, rasberi, blackberry, gooseberries, dan kismis.

3. Kacang-kacangan (beans)

Meskipun bentuknya cukup mungil, kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai kuning, kacang kedelai hitam ternyata merupakan makanan kaya serat dengan kandungan yang cukup tinggi lo.

Meski memang tinggi, namun sebaiknya kamu mengonsumsinya bergantian dengan sumber serat lain ya.

4. Biji-bijian

Biji-bijian, seperti beras cokelat dan quinoa, adalah makanan kaya serat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jika sulit menemukan beras cokelat, kamu bisa memulainya dengan mengganti beras putih menjadi beras merah. Atau, kamu bisa mulai memperbanyak konsumsi jagung.

5. Sayuran hijau

Nah ini dia nih. Makanan kaya serat yang sangat mudah ditemukan dan mudah diolah. Di mana pun tersedia, bahkan kamu bisa menanamnya sendiri di kebunmu, girls!

Yes, kenapa enggak kan? Mungkin kamu bisa mencoba untuk berkebun hidroponik untuk beberapa jenis tanaman sayur hijau. Pastinya akan sangat aman dan sehat untuk kamu konsumsi sendiri kan?

Agar tidak bosan, kamu bisa memasak bergantian, misalnya hari ini bayam, besok kangkung, lusa sawi hijau, dan seterusnya.

BACA JUGA:  Konsumsi 8 Makanan Penambah Energi Ini Agar Kamu yang Super Sibuk Tidak Mudah Capek!

6. Jeruk

Adakah di antara kamu yang tidak suka jeruk, girls?

Kalau ada yang nggak suka jeruk, well, sebaiknya kamu harus mulai belajar untuk menyukainya. Buah yang manis-asam-segar ini adalah alternatif lezat untuk menjadi sumber makanan kaya serat.

Kamu bisa mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan ya. Jangan berlebihan juga, karena mungkin akan sedikit berefek pada asam lambungmu.

7. Pisang

Jika selama ini kamu banyak mengonsumsi makanan hasil olahan pisang, seperti pisang goreng, pisang aroma, ataupun bolu pisang, maka ada baiknya sekarang kamu mulai mengonsumsi pisang utuh ya, girls.

Pisang yang utuh merupakan makanan kaya serat alami yang tentunya akan lebih baik ketimbang kamu makan hasil olahannya.

8. Kubis

Sayuran jenis kubis-kubisan, seperti kembang kol, brokoli, ataupun kol, mungkin kurang banyak penggemarnya. Namun jangan sampai lidah kamu menjadi penghalang bagi tubuh untuk mendapatkan manfaat dari serat.

Konsumsilah makanan kaya serat ini setiap hari, girls. Kamu bisa menggilirkannya dengan sumber serat yang lain.

9. Kentang

Yes, kentang adalah makanan kaya serat yang sangat baik dikonsumsi.

Tapi, eits! Jangan digoreng ya, girls. Alih-alih sehat, kentang goreng justru kaya akan minyak yang kurang baik bagi pencernaan. Rebus, panggang, kukus, atau tumis adalah cara yang lebih baik untuk mengolah kentang.

BACA JUGA:  10 Resep Minuman Sehat untuk Mendetoks Tubuh

10. Kacangan-kacangan (nuts)

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, kacang tanah, kacang mete, dan wijen bukan hanya merupakan makanan kaya serat, tetapi juga makanan yang mengandung lemak dan fitokimia yang sehat.

Nah, girls. Dengan mengonsumsi 10 makanan kaya serta di atas, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi kekurangan serat setiap harinya.

Dari 10 jenis makanan kaya serat tersebut, kamu bisa selang-seling untuk mengonsumsinya setiap hari, baik sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: