Kuliner

11 Makanan Kekinian yang Harus Kamu Coba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Beberapa makanan baru dan kekinian ikut meramaikan menu kafe dan restoran, dan dicari banget sebagai makanan tren. Kamu sudah coba?

BICARAPEREMPUAN.COM – Beberapa tahun belakangan ini, dominasi tren makanan kekinian nampaknya dipengaruhi tren Korea ya, girls? Meski nampak juga pengaruh Jepang, Taiwan, dan Australia. Meski demikian, makanan western masih megang juga.

Gimana denganmu? Kamu sudah nyobain berbagai makanan kekinian itu belum?

Untuk kedua belas makanan kekinian berikut ini, sebaiknya sih kamu cicipin seenggaknya sekali aja deh. Kenapa? Karena enak bats!

12 Makanan kekinian yang harus kamu cobain

1. Freakshake

Makanan kekinian - Freakshake
Via National Post

Makanan kekinian–atau minuman kekinian (?)–ini disebut juga crazy milkshake. Khas disajikan dalam mason jar, bukan gelas biasa, dengan isi yang lazim saja sampai tumpah-tumpah ke meja.

Berbagai rasa manis disatukan, mulai dari milkshake rasa selai kacang, Nutella, salted caramel, hingga red velvet cake.

Kehebohan berlanjut lagi pada bagian topping yang bisa saja berupa donat, cookie, smores (dari marshmallow), es krim, brownies hingga macaron.

Freakshake ini juga jadi trending di London dan Amerika, girls, nggak cuma di Jakarta saja.

2. Salad gaya Australia

Makanan kekinian - Australian salad
Via Austockphoto

Akhirnya nih, salad yang biasanya tampil apa adanya bisa menarik selera orang karena tampilan yang cantik.

Terinspirasi dari hidangan brunch di Australia, makanan kekinian ini kaya warna karena penambahan edible flower dan micro green.

Karena edible flower masih cukup mahal di sini, maka banyak chef yang menanamnya sendiri juga. Micro green adalah sayuran yang segaja dipanen saat muda dan mulanya dipopulerkan restoran skala fine dining.

BACA JUGA:  7 Makanan Penurun Kolesterol yang Mesti Dikonsumsi Setiap Hari

Dressing salad ala Australia ini lebih segar, girls, terkadang dicampur yuzu (jeruk Jepang), wijen, dan miso.

3. Softcream

Makanan kekinian - softcream
Via Trippino Hokkaido

Setelah Patbingsu (es campur Korea) dan minuman serta es krim bermahkota cotton candy, semua yang serba kawaii dikuti dengan kemunculan softcream, alias soft serve ice cream.

Makanan kekinian ini punya cita rasa yang ringan, nggak terlalu manis, dan lembut, khas buatan mesin soft-serve. Warna-warnanya juga unik, dari biru (umumnya rasa seasalt), ungu (rasa taro), hingga hitam (rasa wijen hitam hingga cheesecake).

4. Cheese tart Hokkaido

Makanan kekinian - cheese tart hokkaido
Via Good Food

Bagian dalamnya lembut seperti pastry cream, nggak seperti tekstur cake pada umumnya. Crust-nya tebal da manis dari adonan cookie.

Merek BAKE yang populer di Jepang, memang ingin mengubah gaya penyajian cheese tart yang dingin, menjadi makanan kekinian yang enak bats. Sang pemilik dulu mencoba menjual hangat karena menurutnya rasa dari 3 campuran cream cheese lokalnya justru paling enak usai dipanggang.

5. Cold-pressed juice

Makanan kekinian - cold pressed juice
Via Citrus Blue

Minuman sehat ini dibuat dengan menggunakan cold press juicer yang berbeda dari cara mengekstrak jus konvensional.

Mesin konvensional menggunakan sistem centrifugal, sementara cold press juicer menekan dan memeras dalam gerakan yang tidak terlalu menghasilkan panas dengan tujuan mempertahankan kandungan nutrisi buah.

6. Cold brew coffee

Makanan kekinian - cold brew coffee
Via Isabel Treats

Hampir semua kedai kopi kini punya cold brew coffee di dalam showcase mereka. Tren menikmati kopi yang tahan dalam lemari pendingin selama berhari-hari ini juga ikut menambah daftar pebisnis kopi yang berdagang secara online.

BACA JUGA:  17 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Harganya Ramah di Kantong

Minuman ini dibuat dari kopi yang digiling dalam tingkat medium hingga course (kasar), bukan bubuk halus. Kopi tidak diseduh air panas, melainkan dengan air suhu ruang dalam pitcher dan selama berjam-jam.

Bisa pula dibuat dengan metode cold drip.

7. Minuman dari es batu kopi

Makanan kekinian - coffee ice cubes
Via Honestly YUM

Setelah cold brew coffee, kini hadir pula minuman kopi yang dicetak menjadi es batu dan disajikan bersama susu cair.

Tampilannya menggiurkan, berkat gradasi warna susu dan kopi yang menyatu dan perlahan melumer manjadi iced latte.

Mudah ditebak deh, ini bahan jepretan menarik nan instagramable deh.

8. Beef ribs with rolling cheese

Makanan kekinian - Beef ribs rolling cheese
Via nibble.id

Makanan kekinian ini marak ditemui di restoran Korea berkonsep muda. Hidangan yang juga ditemui di Seoul ini berupa mozzarella parut yang diletakkan di atas hot plate, berdampingan dengan iga sapi atau chicken wings yang umumnya pedas.

Oleh pramusaji, keju yang meleleh langsung digulung ke iga dan dipotong. Keju yang tersisa dicampurkan nasi, kimchi, dan lainnya sebagai nasi goreng.

9. Martabak mozzarella

Makanan kekinian - martabak mozzarella
Via DetikFood

Setelah martabak berisi cokelat Nutella, Snappy, hingga rasa red velvet, tren makanan kekinian berlanjut dengan martabak yang nggak dilipat. Permukaan martabak dibiarkan terbuka dan diberi variasi topping. Banyak rasa dalam tiap loyangnya.

Utak-atik martabak diikut oleh martabak telur dengan permukaan berselimut keju mozzarella. Keju ini dibakar menggunakan blow torch dan disajikan panas-panas.

10. Korean buttercream cake

Makanan kekinian - Korean buttercream cake
Via The Cake Studio

Penampilan makanan kekinian yang berupa buttercream cake berbentuk bunga dalam warna pastel ini menarik banget. Bunganya khas melingkari cake seperti bentuk wreath, tampak seperti buket bunga dari kejauhan.

BACA JUGA:  7 Makanan Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Buttercream ini umumnya dibuat dari Italian meringue buttercream.

11. Smoothie bowl

Makanan kekinian - Smoothie bowl
Via Almost Landing

Bali menjadi tempat yang memopulerkan makanan kekinian nan sehat dari buah dan superfood ini, girls. Popularitasnya menjadi-jadi karena banyak terlihat di akun-akun para selebgram yang turut serta dalam gaya hidup sehat.

Smoothie bowl (atau healthy bowl) terinspirasi dari smoothies buah dan sayur, tapi dibuat lebih kental dan disajikan dalam mangkuk layaknya bubur. Topping-nya mulai dari chia seed, granola, kacang-kacangan, raw chocolate powder, buah hingga acai berry.

Saat dikulum, rasanya harus balance dan kaya tekstur. Enak pula jadi dessert, girls!

Gimana, girls? Semua makanan kekinian di atas all look yummy ya! Kamu sudah nyobain yang mana aja?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: