Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

BICARAPEREMPUAN.COM – Tak bisa dimungkiri ya, bahwa cewek itu cenderung doyang ngemil. Dan kebiasaan tersebut kerap kali membuat mereka bermasalah kalau pengin menurunkan berat badan mereka.

Jika kamu mengalami hal tersebut, its okay, girls! Jangan keburu stres duluan. Sebab ada banyak cara yang bisa kamu lakuin untuk mengembalikan postur badan menjadi langsing kembali. Salah satunya lewat makanan.

Hah? Menurunkan berat badan lewat makanan? Iya, girls, konon makanan-makanan ini bisa membantu kamu diet lo!

 

Nah, ini dia, girls, 6 makanan yang bisa membantumu menurunkan berat badan

1. Avokad

Banyak orang salah kaprah menganggap buah avokad sebagai salah satu pemicu naiknya berat badan. Padahal enggak begitu lo! Memang benar, avokad kaya akan kandungan lemak. Tapi bukan lemak jahat, girls. Melainkan lemak tak jenuh yang bisa membantu proses pengeluaran kolesterol dalam tubuh.

Penelitian di University of California juga menjelaskan, bahwa avokad mengandung asam lemak Omega-9, yang mampu mengendalikan rasa lapar di otak. Di samping itu, avokad juga menyimpan serat cukup tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Jika kamu ingin memasukkan avokad sebagai menu diet, kamu cukup mengonsumsi ½ buah per hari untuk memperoleh manfaatnya secara optimal. Tapi ingat, hanya buah avokad saja, tanpa tambahan apa pun termasuk gula dan susu ya.

BACA JUGA:  4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

 

2. Ikan Tuna dan Salmon

Makanan seafood apa yang paling kamu sukai, girls? Apakah ikan salmon? Ataukah ikan tuna? Tak masalah kamu mau memilih yang mana, sebab kedua jenis ikan tersebut sama-sama memiliki nilai gizi tinggi. Bahkan diklaim bisa membantu menurunkan berat badan lo.

Hal itu dikarenakan ikan tuna dan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega-3. Menurut kimiawan yang bernama Barry Sears, Ph.D, senyawa Omega-3 bisa meningkatkan produksi hormon leptin dalam tubuh, yang berguna untuk menekan rasa lapar.

Dengan begitu, jika kamu mengonsumsi ikan tuna atau salmon, maka kamu akan merasa kenyang lebih lama. Jadinya enggak gampang ngemil, deh!

 

3. Bayam

Siapa sih yang tidak pernah makan bayam? Sayuran hijau ini sangat populer di Indonesia. Biasanya sih, pengolahannya pakai cara ditumis, atau disayur bening. Lalu enak juga ditambahin udang serta dimakan dengan sambal. Atau kalau enggak dibuat salad bayam atau pecel. Hmmm, yummy!

Anyway, bayam ini juga termasuk makanan yang bisa membantu program menurunkan berat badan, girls. Menurut studi yang dilakukan oleh Petya Kamenova, M.D dalam Journal of Hormones, bayam mengandung senyawa asam lipoat, yakni senyawa yang berguna mengurangi pembentukan lemak dengan cara mengoptimalkan proses perubahan glukosa menjadi energi.

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

Kamu cukup konsumsi 3 cangkir bayam per minggunya, untuk bisa menurunkan berat badan hingga 10%. Tapi lagi-lagi perhatikan cara masaknya ya, karena biasanya yang bikin gagal diet adalah zat-zat yang ikut dimasak bersama bahan makanan sehatnya.

 

4. Yoghurt Tawar

Yoghurt, minuman berfermentasi ini, ternyata selain bikin sehat usus, juga bagus dikonsumsi untuk membantu program diet.

Hal itu dikarenakan yoghurt mengandung senyawa protein dan bakteri probiotik, yang dapat merangsang hati untuk membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Menurut penelitian di Australia, pengonsumsian yoghurt tawar 1,5 cangkir setiap hari bisa menurunkan berat badan hingga 25%.

 

5. Kayu Manis

Selanjutnya, makanan yang bisa menurunkan berat badan adalah kayu manis. Menurut pakar kesehatan, kayu manis ini mengandung bahan aktif yang bisa membuat sel-sel lemak lebih responsif terhadap insulin. Maksudnya, sel lemak akan menyerap kelebihan glukosa dari darah, lalu mengubahnya menjadi cadangan energi dalam bentuk glikogen.

Dengan mengonsumsi kayu manis, timbunan lemak-lemak dalam tubuh bisa termininalisir, girls. Oh iya, selain itu, kayu manis juga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 20 %.

BACA JUGA:  4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

 

6. Oatmeal

Nasi putih memiliki kandungan gula cukup banyak. Sehingga kurang cocok bila konsumsi oleh orang yang sedang diet. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba konsumsi oatmeal. Selain enak dan bergizi, oatmeal juga dapat menekan rasa lapar lo! Sehingga bila kamu mengonsumsinya, maka kamu bakal ngerasa kenyang lebih lama, walaupun enggak makan nasi.

 

Nah, dari keenam makanan di atas, mana nih yang paling kamu sukai, girls?

Hmm sebaiknya suka semua ya! Soalnya bila memang ingin menurunkan berat badan, maka kamu juga nggak boleh pilih-pilih menu makan. Selama itu sehat, rendah lemak dan kalori, why not? Yang terpenting batasi konsumsi makanan olahan.

Sehat selalu, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.