Kuliner

7 Makanan Penurun Kolesterol yang Mesti Dikonsumsi Setiap Hari

Kadar kolesterol tinggi bukan hal yang sepele, girls! Coba konsumsi 7 makanan penurun kolesterol ini yuk!

BICARAPEREMPUAN.COM – Makanan penurun kolesterol? Wah, pikirannya pasti menu diet ketat yang nggak bikin selera deh. Salah, girls! Well, ikuti terus artikel ini ya, kalau gitu.

Kita akan mulai dengan kata ‘sehat’. Yes, sehat itu satu hal mahapenting yang diinginkan setiap orang.

Pasti kamu pengin dong tubuhmu bebas dari segala macam penyakit. Tapi, gaya hidup kekinian kita sering kali membuat kita terjerumus dalam pola hidup tidak sehat. Nah, salah satu pemicunya nih adalah makanan.

Kamu pasti sudah tahu banget kan, kalau makan berlebihan pasti akan menyebabkan berbagai macam efek ke tubuh. Misalnya, naiknya asam urat, tekanan darah, gula darah hingga kolesterol. Kalaupun nggak dikontrol lebih jauh, serangan jantung maupun stroke siap menanti. Aduh, memangnya ada yang mau mati muda?

So, bicara tentang kolesterol, kita nih sering salah kaprah mengenai hal ini. Ditanya sakit apa, dijawab sakit kolesterol. Padahal kolesterol adalah sterol yang terdapat dalam tubuh. Nah, kalau kadar kolesterol dalam tubuh kita tinggi, maka penyakitnya disebut disiplidemia. Nah, kalau kolesterolnya tinggi dan nggak diobati, maka bisa menyebabkan jantung koroner.

Yang paling baik, kadar kolesterol tubuh kita itu berada pada angka di bawah 200mg/dl. Kalau sudah lebih, apalagi yang seumuran kita nih, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Gejala yang kerap muncul apabila kadar kolesterol tinggi itu seperti migrain, leher belakang terasa tegang, hingga pegal punggung. Nah, apakah kamu sering merasakan gejala seperti itu, girls? Kalau iya, mendingan segera cek deh kadar kolesterol dalam darahmu.

BACA JUGA:  Sering Mengantuk di Kantor? Singkirkan 4 Makanan Ini dari Menu Makan Siangmu!

Lalu apa yang menjadi pemicu naiknya kolesterol? Yes, makanan. Ketika mengetahui kadar kolesterol tinggi, biasanya kita akan bingung makan apa biar aman? Terlintas juga, berarti kita sudah nggak bisa makan cake, donat, pizza dan lain sebagainya. Aduh! Hiks.

Well, tenang, girls, kamu masih bisa ngemil kok, tapi pilihlah camilan sehat agar kadar kolesterolmu bisa stabil. Ternyata makanan penurun kolesterol itu nggak usah jauh-jauh juga nyarinya. Ada kok, girls, di sekitar kita. Banyak malah! Ini 7 di antaranya.

7 makanan penurun kolesterol yang mudah ditemukan di mana pun

7 Makanan Penurun Kolesterol yang Mesti Dikonsumsi Setiap Hari
Puasa yang ini dulu ya.

1. Popcorn

Popcorn? Yes, popcorn, bisa banget menjadi makanan penurun kolesterol.

Menurut American Heart Association, jagung dan popcorn, keduanya termasuk golongan biji-bijian yang memiliki serat tinggi sehingga bisa menjadi makanan penurun kolesterol.

Popcorn nggak hanya memiliki serat lebih banyak daripada roti whole wheat atau beras merah, tapi juga makanan ringan dengan jumlah kalori yang rendah apabila kamu menyajikannya dengan benar dan dimakan secukupnya.

Sebaiknya saat menyajikan popcorn tidak menggunakan butter dan topping garam. Sebaliknya, tuangkan sedikit minyak zaitun dan secukupnya keju parmesan untuk menambah rasa.

So, keep eating popcorn, meski lagi nggak nonton film ya, girls!

2. Kacang

Kacang juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan penurun kolesterol kamu, girls.

Dari semua jenis kacang, kenari adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menurunkan kolesterol. Tapi, perlu kamu garis bawahi bahwa kacang itu tinggi kalori. Jadi, pastikan untuk makan dalam porsi secukupnya sekitar satu ons (nggak lebih dari 14 kenari atau 24 kacang almond).

BACA JUGA:  Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

3. Sayuran

10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

Semua pasti tahu ya, bahwa sayuran itu sangat baik untuk kesehatan. Terlebih sebagai makanan penurun kolesterol karena mengandung serat, vitamin dan mineral.

Tak hanya itu, sayuran juga rendah lemak, sodium, kolesterol dan kalori yang semuanya berkontribusi untuk menghindari risiko penyakit jantung.

Kamu nggak perlu beralih ke diet vegetarian untuk menurunkan kolesterol, tapi pastikan untuk makan sayuran dengan berbagai warna demi memperoleh manfaat kesehatan yang terbaik.

4. Keripik kentang

Sebagian orang menganggap keripik kentang adalah camilan terlarang ketika harus menjalani diet untuk menurunkan kadar kolesterol.

Well, the facts is untuk menurunkan kadar kolesterol, kita memang disarankan menghindari berbagai jenis gorengan terlebih yang ditabur garam.

Untuk kentang sendiri, ternyata memiliki kalori yang rendah, tinggi serat dan kaya akan kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Solusinya? Bikin saja kentang panggang sendiri! Bumbui dengan minyak zaitun, taburkan rosemary, garam dan lada secukupnya lalu panggang. Lebih mudah, enak dan murah kan?

5. Oatmeal

Konsumsi 8 Makanan Penambah Energi Ini Agar Kamu yang Super Sibuk Tidak Mudah Capek!

Oatmeal yang memang kaya akan serat memang merupakan makanan penurun kolesterol yang efektif, juga baik untuk kesehatan jantung.

Eits, jangan hanya menganggap oatmeal hanya sebagai makanan penurun kolesterol untuk sarapan ya, karena kamu sebenarnya bisa mengonsumsinya kapan saja.

Oatmeal mengandung serat yang bisa menyerap kolesterol dan membantu memindahkannya melalui sistem pencernaan tanpa diserap ke dalam tubuh.

6. Buah

Daripada ngemil yang manis-manis mending makan buah, girls!

BACA JUGA:  17 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Harganya Ramah di Kantong

Khasiat buah salah satunya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah seperti apel, stroberi, anggur mengandung sejumlah pectin yang tinggi (serat yang bisa menurunkan kadar LDL).

Kalau pengin variasi dipotong-potong, dijadikan salad buah terus dicampur dengan minyak zaitun.

7. Roti gandum

Siapa yang meragukan manfaat dari roti gandum? Roti gandum kaya akan serat yang sangat baik sebagai makanan penurun kolesterol.

Sepotong roti gandum saja mengandung 2 gram protein dan 2 gram serat. Makan roti gandum setiap hari pun nggak masalah asalkan jangan mencampurkan dengan mentega maupun keju yang berlebihan.

Ternyata camilan dan makanan penurun kolesterol itu nggak sehoror yang kamu kira kan? Semuanya sangat familier dan dapat kamu temukan di sekitarmu. Diatur saja setiap hari pengin ngemil apa.

Inget, girls, kalau nggak sekarang melakukan diet rendah kolesterol, terus kapan lagi?

Stay healthy, ladies!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: