Sering Mengantuk di Kantor? Singkirkan 4 Makanan Ini dari Menu Makan Siangmu!

BICARAPEREMPUAN.COM – Pekerjaan menumpuk, tapi kamu seperti nggak bisa berhenti menguap? Duh, gawat ini kalau sampai ketahuan sering mengantuk di kantor oleh bos!

Kamu sering begadang ya? Coba kurang-kurangi begadang malemnya, girls. Jangan sampai deh mengganggu kinerja kamu di kantor.

Tapi, tahu nggak sih, girls, bahwa rasa kantuk yang datang itu nggak selalu disebabkan oleh kurang tidur lo.

Kok bisa? Iya, menurut Jacob Teitelbaum, Direktur Medis di Fibromyalgia and Fatigue Centers, makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari ini juga bisa menjadi penyebab rasa mengantuk yang sering menyerang.

Nah, apalagi kalau kamu suka mengonsumsinya saat kamu berada di kantor, apalagi sering kamu makan sebagai menu makan siang. Terutama 4 jenis makanan ini nih.

 

4 Makanan yang bisa menyebabkan kita mengantuk

 

Sering Mengantuk di Kantor? Singkirkan 4 Makanan Ini dari Menu Makan Siangmu!

1. Susu

Segelas susu yang disajikan secara hangat akan mengundang kantuk dengan cepat. Mengapa?

Karena susu mengandung tryptophan yang berefek menenangkan kita, girls. Susu yang kaya akan kalsium juga demikian, karena memperbanyak produksi melatonin, yaitu hormon yang membuat seseorang menjadi mengantuk.

BACA JUGA:  4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

Jadi, sebaiknya hindari minum susu selama di kantor, girls. Gantilah dengan jenis minuman lain, atau yang paling sehat ya minum air mineral saja. Selain baik untuk tubuh, juga bisa membantu otak kamu untuk lebih fokus.

 

2. Pisang

Si buah yang berwarna kuning ini mengandung potassium dan magnesium. Kedua mineral ini berfungsi membuat otot menjadi relaks secara alami. Wah, pantesan aja bikin ngantuk!

Pisang juga mengandung tryptophan yang dapat berubah menjadi serotonin dan melatonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang menjadikan tubuh merasa rileks, girls. Dan, untuk mencapai otak, tryptophan hanya membutuhkan waktu 1 jam saja.

Jadi, apakah kamu sering makan pisang sebagai pencuci mulutmu saat makan siang? Bisa jadi 1 jam kemudian kamu sudah akan terkantuk-kantuk di kubikel kamu. Kamu menyalahkan salad yang kamu makan, tapi sebenarnya pisanglah yang harus bertanggung jawab.

 

3. Teh

Teh yang mampu mengundang rasa kantuk adalah teh yang tidak mengandung kafein, karena efek menenangkan yang dihasilkannya.

Yang paling mudah membuat seseorang tidur nyenyak adalah teh hijau. Karena di dalamnya terdapat kandungan theanine.

BACA JUGA:  4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

Nah, jadi, kalau kamu mau minum teh untuk menemanimu bekerja, jangan pilih teh hijau ya, girls. Teh hijau sebaiknya kamu konsumsi saat kamu sudah pulang kerja, ketika sudah bersantai di rumah.

 

4. Makanan berlemak

Nah, ini dia nih. Makanan jenis ini paling susah dicerna oleh tubuh, girls, lantaran butuh waktu 6 – 8 jam bagi tubuh untk mencernanya.

Saat berusaha mencernanya, tubuh akan mengalirkan semua energi ke organ-organ pencernaan untuk membantu.

Dengan logika sederhana saja bisa diketahui, bahwa kalau tubuh tak memiliki energi yang cukup untuk bekerja, maka kemungkinan kamu akan merasa cepat lelah dan mengantuk.

Jadi, hindarilah menu makan siang yang terlalu berlemak, girls. Pilihlah yang lebih banyak terdiri atas sayuran hijau ya. Selain itu, makanan berlemak juga berpotensi menurunkan daya ingat lo.

 

Itu dia 4 jenis makanan yang bisa membuatmu sering merasa mengantuk. Kalau kamu banyak mengonsumsinya saat jam kerja, maka mulai hari ini, coba kurangi dan ganti deh dengan yang lain.

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

Nggak mau kan, kamu tertangkap basah sedang menguap lebar saat meeting dengan bos atau klien penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.