Kesehatan

7 Makanan Sehat untuk Meringankan Derita Haid

Saat haid, biasalah kalau ada gangguan-gangguan. Coba konsumsi makanan sehat berikut!

BICARAPEREMPUAN.COM – Makanan sehat baik untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita selalu fit dan terhindar dari penyakit. Begitupun saat haid, kita juga perlu banget mengonsumsi makanan sehat.

Karena ketika tamu bulanan hendak tiba, mendadak semua jadi berubah. Seakan-akan semua rasa sakit gantian menyerang. Tidak berjalan mulus dan penuh emosional.

Ya, itu rasa sakit itu bahkan sudah terasa sejak si tamu bulanan hendak datang. Belum bener-bener datang. Dan, itu wajar, bahkan dialami oleh 85% perempuan di dunia. Namanya PMS (pra-menstruation syndrom).

Semua perempuan yang mengalami PMS biasanya mendadak berubah jadi labil, galau, galak atau cengeng. Serasa bukan jadi diri sendiri. Benar nggak, girls?

Kadang kita pun kesal sendiri akan perubahan mood yang tiba-tiba itu, pun dengan perut yang terasa sakit atau kram.

Well, tahu nggak sih, girls? Mengonsumsi makanan sehat ternyata baik banget untuk mengatasi masalah tersebut lo! Karena, saat haid nggak seharusnya menjadi mimpi buruk, ya, bagi kita. Kalau jadi mimpi buruk, berarti setiap bulan kita akan mengalami mimpi buruk dong ya? Ih, siapa yang mau kan?

Nah, untuk mengatasi semua derita haid ini–baik sakit pada perut, mood labil, dan keluhan-keluhan lain–kamu bisa mengonsumsi 7 makanan sehat ini agar bisa mengurangi mood swing dan memperbaiki kesehatan kita.

BACA JUGA:  10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

7 Makanan Sehat untuk Mengatasi Derita Haid

Makanan sehat atasi Gejala PMS

1. Daging merah

Makanan sehat yang harus dikonsumsi untuk mengurangi derita haid yang pertama adalah daging merah.

Mengonsumsi daging merah akan menggantikan posisi zat besi yang banyak hilang saat haid berlangsung. Selain itu, daging merah juga membantu aliran darah saat menstruasi sehingga baik untuk tubuh.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau selalu ada di daftar makanan sehat untuk apa pun ya, girls? Ya memang nggak salah sih.

Mengonsumsi sayuran hijau terutama yang daun-daunan, banyak mengandung zat besi dan vitamin B juga mengandung banyak serat, akan sangat baik untuk mencegah masalah pencernaan. Sehingga saat haid tiba, perut jadi bisa lebih santai dan happy.

3. Buah-buahan segar

Buah-buahan juga menjadi makanan sehat yang sudah tidak diragukan lagi, kayak sayuran hijau.

Selain saat haid, buah-buahan tentu akan membuat tubuh segar dan menguatkan sistem imun. Bagi yang sedang menstruasi, buah menambah fungsinya untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi kram perut saat mens sedang banyak.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk meringankan derita haid. Kacang-kacangan ini baik kacang panjang ataupun buncis atau juga kacang yang untuk camilan.

BACA JUGA:  Sakit Saat Haid Ternyata Bisa Disebabkan oleh 5 Kebiasaan yang Kamu Lakukan Sendiri!

Kacang camilan yang bagus dikonsumsi ketika haid adalah almond dan kenari.

Selain untuk menambah energi, kacang-kacangan juga baik untuk menjaga keseimbangan tubuh yang kurang fit saat haid.

5. Ikan laut

Umumnya ikan laut banyak mengandung asam lemak Omega 3, terutama salmon dan tuna. Nggak perlu dijelasin lagi kan, apa manfaat Omega 3 ini untuk tubuh kita?

So, girls. Konsumsilah ikan laut selama haid agar merelaksasi otot-otot selama haid. Hal ini tentu saja berpengaruh dalam menstabilkan emosi kamu juga.

Nggak harus salmon dan tuna juga kok, yang penting mengandung asam lemak omega 3, ya.

6. Cokelat

Sudah bukan rahasia lagi kalau cokelat bisa memperbaiki mood swing, yes? Dan perempuan mana sih yang nggak suka makan cokelat? Perempuan dan cokelat sudah jadi sahabat akrab sejak dulu sampai sekarang. Iya nggak, girls?

Cokelat adalah makanan sehat yang mengandung magnesium yang banyak diperlukan saat haid. Juga sebagai teman ideal untuk membantu kontrol emosi selama PMS, karena dipercaya berkhasiat membangkitkan hormon bahagia dalam tubuh.

BACA JUGA:  11 Masalah Kesehatan yang Dapat Dilihat dari Kuku Kamu

7. Air putih

Banyak mengonsumsi air putih memang banyak membantu agar selama haid jadi lancar dan tidak banyak keluhan.

Air putih selain melancarkan peredaran darah juga membantu menormalkan siklus haid yang mungkin haidnya kurang teratur sebelumnya.

Sekarang kamu nggak perlu khawatir dengan mood swing ataupun sakit perut yang datang saat haid tiba. Karena bisa diatasi dengan mengonsumsi 7 makanan sehat tersebut.

Yuk, girls, lebih hidup sehat lagi. Sebagai perempuan, penting banget buat kita untuk bisa menjaga mood, dan harus bisa sehat selalu.

Enjoy your period, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: