Kuliner Kesehatan

Beberapa Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setelah Liburan atau Pesta

BICARAPEREMPUAN.COMLiburan sudah usai. Waktunya makan-makan enak tanpa kendali sudah habis. Sekarang saatnya kita kembali ke menu makanan sehat, agar kebugaran tubuh kita tetap optimal.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan sehat yang harus kamu konsumsi setelah liburan ataupun pesta, demi menetralkan makanan yang kita santap tanpa kontrol saat liburan ataupun pesta.

 

4 Makanan Sehat Wajib Konsumsi untuk Menetralisasi Kembali Kesehatanmu Setelah Liburan

1. Raw Almond Milk

Makanan sehat setelah liburan

Raw Almond Milk. Via Sunny Daily.

Tingginya kandungan kalsium, asam lemak baik, vitamin E, dan asam folat di dalam almond membuat makanan sehat satu ini dicari oleh para pecinta hidup sehat. Nggak hanya sebagai camilan ataupun topping kue, tapi kini diolah juga menjadi susu almond–atau raw almond milk.

Seperti halnya susu kedelai, susu almond dikonsumsi sebagai alternatif susu sapi karena bebas laktosa dan kasein (protein susu sapi) yang menjadi sumber alergen bagi sebagian orang. Bahkan nih, girls, di luar negeri, susu ini sudah menjadi produk komersial dan dikonsumsi masyarakat luas. Sedangkan di Indonesia, tren ini baru saja naik daun sekitar beberapa tahun belakangan.

Nggak seperti susu sapi atau susu kedelai yang melalui proses pemanasan dalam pembuatannya, susu almond dibuat dengan cara merendam almond selama satu malam, lalu dihaluskan bersama air matang, dan disaring. Hasilnya inilah yang siap dikonsumsi. Kadang-kadang bisa ditambahkan juga kurma atau madu sebagai pemanis alami.

Proses pemasakannya memang tak banyak melibatkan mesin, dan tanpa suhu tinggi. Hasilnya adalah susu almond yang segar, alami, dan nutrisinya nggak rusak terkena pemanasan.

Kelebihan lain susu almond adalah rasanya yang gurih dan kalorinya juga rendah. Sangat pas untuk kamu yang sedang diet kalori.

BACA JUGA:  Menjaga Berat Badan, Perhatikan 9 Prinsip Diet Berikut!

 

2. Wheatgrass

Beberapa Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setelah Liburan atau Pesta

Wheatgrass juice. Via The Chalkboard Mag.

Wheatgrass atau rumput gandum yang masih muda merupakan makanan sehat lain yang bisa kamu konsumsi setelah liburan ataupun pesta dalam bentuk jus.

Rumput gandum ini mengandung 70% klorofil–yang menjadi kelangsungan hidup tumbuhan–yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sel darah merah dalam tubuh kita. Mengonsumsi wheatgrass setiap hari–minimal 300 gram dalam bentuk jus–dapat membentuk lingkungan yang kurang kondusif untuk perkembangan bakteri di dalam tubuh.

Di sisi lain, wheatgrass kaya akan vitamin B dan mineral yang sangat diperlukan untuk kelancaran metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan. Kandungan nutrisi ini bisa mengatasi sembelit, iritasi usus, dan masalah pencernaan lainnya.

Wheatgrass juga dapat meningkatkan produksi enzim yang mulai menipis lantaran bertambahnya usia kita, girls.

Konsumsi wheatgrass di luar negeri sudah dimulai tahun 1930 berkat percobaan Charles F. Schnabel, dan upayanya untuk memopulerkan makanan sehat ini. Sedangkan, di Indonesia, wheatgrass mulai diminati sekitar 10 tahun belakangan.

Untuk mengonsumsi wheatgrass, rumput harus dicabut dari pot, dicuci, kemudian dimasukkan ke dalam mesin penyaring rumput yang kenampakannya mirip dengan mesin penyaring tebu. Hasil yang didapat adalah satu sloki–sekitar 45 ml–sari rumput gandum. Atau, kamu bisa membeli frozen wheatgrass yang dikemas dalam aluminium foil yang banyak dijual secara online, girls.

 

3. Flaxseed

Beberapa Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setelah Liburan atau Pesta

Flaxseed crackers. Via Peaceful Dumpling.

Sepintas lalu, makanan sehat ini mirip dengan biji bunga matahari; berwarna merah kecokelatan hanya saja ukurannya lebih kecil. Di beberapa negara di Asia Barat, sekitar 30.000 tahun yang lalu, biji tumbuhan flax ini merupakan bahan untuk membuat kain pakaian.

BACA JUGA:  5 Obat Sakit Kepala Super Jitu, Aman, dan Alami

Belakangan, biji sehat ini makin digemari lantaran kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Gimana enggak, setiap hari kita akan memerlukan asupan asam lemak omega-3–yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah–sebanyak 600-1000 mg, dan ini tuh bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 1-2 sdm flaxseed saja!

Kandungan serat flaxseed juga tinggi sekali, 10 kali lipat dari kandungan yang ada dalam buah apel. Terdiri atas 2 macam serat, yaitu serat larut dan serat tak larut, yang sama-sama berfungsi untuk mengikat kolesterol dan lemak berlebih untuk dibuang dari tubuh kita.

Makanya, girls, bahan makanan sehat cocok banget untuk kamu konsumsi setelah liburan, pesta, ataupun hari raya.

Di pasaran, umumnya yang tersedia adalah jenis golden flaxseed, flaxseed brown, atau minyak flaxseed. Bedanya, golden flaxseed berasal dari tumbuhan flax yang hanya ada di Amerika Utara dan Kanada. Sedangkan, flaxseed brown ada di berbagai negara Barat.

Agar mudah terserap ke dalam tubuh, haluskan flaxseed, lalu bisa dikonsumsi langsung seperti halnya sereal. Bisa juga sebagai campuran milkshake, yoghurt, pancake, ataupun kue kering. Selama disimpan dengan baik, flaxseed dalam bentuk utuh mampu bertahan hingga 2 tahun. Sedangkan, yang dalam bentuk bubuk bisa bertahan sampai 1 bulan.

 

4. Quinoa

Beberapa Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setelah Liburan atau Pesta

Garlic butter quinoa. Via Maria Carbone

Meski sering disebut sebagai “ibu” dari jenis padi-padian, namun quinoa bukan berasal dari keluarga padi. Biji-bijian yang sepintas lalu seperti ketumbar ini dihasilkan oleh tanaman Chenopodium, yang sekeluarga dengan bayam dan bit.

Sedikit berbeda dengan gandum dan beras yang kaya serat, quinoa mengandum 9 asam amino esensial yang menjadikannya sumber protein yang setara dengan daging, telur, dan ikan.

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

Makanya, girls, bahan makanan sehat ini banyak dicari oleh mereka yang menjalani pola hidup vegetarian atau mereka yang alergi protein hewani.

Quinoa juga tak mengandung gluten sehingga membuatnya aman bagi penderita intoleransi gandum atau gangguan penyerapan nutrisi dalam pencernaan. Apalagi kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi.

Quinoa memang belum sepopuler flaxseed ataupun chia seed, namun seiring dengan kesadaran kita akan pola hidup sehat, kini quinoa juga semakin mudah didapatkan. DI pasaran, yang banyak tersedia adalah white pearl quinoa dan brown quinoa.

Mengolah quinoa ini nggak terlalu sulit juga kok. Kamu bisa memasaknya dengan air, dengan perbandingan 1:2. Jaga supaya apinya tidak terlalu besar ya, sampai matang. Ganti air dengan kaldu ayam atau kaldu sayuran supaya lebih yummy.

Well, quinoa memang sedikit pahit sih. Tapi kamu bisa mengakalinya dengan mencuci quinoa sebanyak 2-3 kali sebelum mengolahnya.

 

Nah, pastikan keempat bahan makanan sehat di atas ada dalam menu kamu dalam beberapa hari ke depan ya, demi menetralisir apa yang kemarin kamu makan tanpa kontrol saat liburan.

Tetap sehat, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: