Kuliner

10 Makanan Unik Tapi Berbahaya

Punya hobi makan apalagi makanan unik sih boleh saja, tapi kita juga harus tahu makanan apa saja yang baik dan tidak membahayakan hidup.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu punya hobi kulineran, nyobain berbagai makanan unik dari banyak daerah?

Well, itu bagus sih. Tapi kamu perlu berhati-hati juga, girls, karena ada beberapa makanan yang berbahaya bagi diri kita, terutama apabila dimakan dalam jumlah berlebihan atau pengolahan yang nggak tepat.

Jangan sampai hanya karena kita ingin memuaskan rasa penasaran ingin mencoba beberapa makanan unik ini, kemudian membahayakan nyawa kita.

So, seperti yang dilansir oleh Business Insider, ada beberapa jenis makanan unik di dunia yang benar-benar menimbulkan ancaman pada hidup kita. Apa saja?

Ini beberapa makanan unik namun berbahaya yang harus kamu ketahui terutama kalau kamu hobi kulineran

Selama Bulan Puasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Pencernaan Lancar

The Giant Bullfrog / Katak Raksasa

The Giant Bullfrog biasa dihidangkan pada perayaan di Namibia. Makanan unik ini memiliki masa simpan yang sangat terbatas.

Katak yang di Indonesia disebut dengan Katak Lembu ini hanya boleh dikonsumsi ketika sudah memasuki usia dewasa atau hanya boleh dipanen setelah hujan ketiga, karena katak muda membawa toksin yang bisa berisiko menyebabkan gagal ginjal bahkan kematian jika dikonsumsi secara berlebihan.

Waduh!

Monkey Brains / Otak Monyet

Kamu barangkali pernah makan olahan otak sapi atau otak ayam? Enak ya? Tapi jangan sekali-kali kamu nekat mencoba makanan yang terbuat dari otak monyet ya.

Walaupun di beberapa negara di Asia, otak monyet ini merupakan salah satu makanan unik yang diburu oleh wisatawan kuliner, tetapi sesungguhnya otak monyet ini termasuk makanan berbahaya.

Mengonsumsi otak monyet bisa menyebabkan gangguan neurologis degeneratif yang fatal. Otak monyet juga bisa menularkan penyakit Creutzfeldt-Jakob, atau penyakit sapi gila, yaitu penurunan fungsi otak yang menyebabkan demensia dan yang paling parah adalah kematian.

Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

Raw Chasew Nuts / Kacang Mete Mentah

Sepertinya hanya orang yang alergi dengan kacang-kacangan saja yang tidak suka dengan kacang mete. Kalau kamu suka nggak, girls?

BACA JUGA:  5 Dampak Makanan Manis dan 5 Tip Supaya Kamu Tidak Kecanduan Gula

Kacang mete yang digoreng begitu saja pun rasanya sudah sangat gurih dan enak. Kita juga bisa menemukannya di dalam sebatang cokelat yang dijual di supermarket.

Eitss … tapi tahukah kamu, kacang mete yang masih mentah itu ternyata juga merupakan makanan berbahaya lo!

Kacang mete mentah mengandung kadar racun urushiol yang sangat tinggi. Racun ini berasal dari getah yang keluar dari cangkang yang melindungi bagian kacang tersebut. Racun urushiol ini menyebabkan peradangan, pembengkakan dan iritasi pada kulit.

Oleh karena itu, girls, sebaiknya hanya konsumsi kacang mete yang sudah dimasak dengan proses yang pengolahan yang baik dan benar.

Sannakji / Gurita hidup

Sajian makanan unik berupa gurita hidup ini sangat populer di Korea. Di banyak restoran Korea di Indonesia pun tersedia menu gurita hidup ini.

Menikmati hidangan ini harus menggunakan teknik tersendiri. Kamu tahu bagaimana cara penyajiannya?

Gurita ini akan disajikan di hadapanmu masih dalam keadaan hidup dengan tentakel yang bergerak-gerak. Kamu harus menggunting tubuh beserta tentakelnya hingga kecil-kecil agar bisa dimakan.

Nah, jika tidak hati-hati tentakel ini akan sangat membahayakan hidup kamu lo. Tentakel walau sudah terpotong kecil masih bisa tersangkut di tenggorokan dan menghisap dinding tenggorokan yang menyebabkan sesak napas.

Ouch!

10 Makanan Unik Tapi Berbahaya - Biji aprikot

Apricot Seeds and Stones

Buah aprikot banyak ditemui di wilayah Indonesia. Buah yang mirip dengan buah persik ini memiliki banyak manfaat, girls, baik untuk kesehatan juga untuk kecantikan.

Namun, kamu harus tahu kalau biji dari buah aprikot ini mengandung zat yang sangat berbahaya, yaitu Glikosida Sianogenik, yang dikonversi menjadi hidrogen sianida saat dimakan. Zat beracun ini dapat menyebabkan muntah-muntah, rasa pusing yang berat, rasa sakit pada otot dan nyeri di persendian.

Hot Dogs

Wah, ini sih makanan enak. Siapa yang tidak pernah makan hot dog? Hampir semua anak-anak sangat menggemari hot dog selain burger.

BACA JUGA:  Mau Diet Sehat? Ini Dia 3 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Kamu Variasikan Sendiri!

Selain nikmat dikonsumsi, roti isi daging khas negeri Paman Sam ini dianggap sebagai makanan unik yang berbahaya juga lo, karena dapat menyebabkan tersedak pada saat dimakan.

Faktanya, sekitar 17% kematian akibat tersedak pada anak-anak di bawah usia 10 tahun disebabkan oleh hot dog. Karakteristik bentuk silinder pada roti dan daginglah yang membuatnya sulit untuk dicerna oleh anak-anak.

10 Makanan Unik Tapi Berbahaya - blood clams

Blood Clams / Kerang Darah

Jika kamu pencinta masakan seafood, pasti kamu juga pernah mencicipi olahan masakan dari kerang.

Yes, kerang adalah salah satu sajian masakan seafood yang paling banyak disuka ya. Dagingnya yang lembut dan gurih tidak pernah tidak enak diolah dengan resep apa pun.

Yang juga harus kamu ketahui adalah ada satu jenis kerang yang diklaim dapat menyebabkan orang yang mengonsumsinya terkena penyakit Hepatitis A. Kerang darah, terutama dari Laut Tiongkok, menyerap banyak virus dan bakteri untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup di lingkungan dengan oksigen rendah.

So, kalau masak kerang jenis ini, harap diperhatikan tingkat kematangannya.

Pufferfish / Ikan Buntal

Ikan buntal atau disebut Fugu dalam bahasa Jepang termasuk ikan yang sangat unik. Ia akan mengembang berkali-kali lipat jika terancam bahaya.

Di Jepang ikan ini biasa disajikan sebagai sashimi dan bagian paling enak namun berbahaya dari ikan ini adalah hatinya. Hati ikan buntal mengandung racun tetradoxitin yang sangat mematikan.

Karena itulah, penyajian makanan unik satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, bahkan seorang koki sekalipun. Hanya koki yang sudah mengikuti pelatihan khusus selama tiga tahun dan memiliki lisensi tertentu yang diizinkan mengolah ikan buntal ini.

10 Makanan Unik Tapi Berbahaya

Durian

Salah satu buah paling favorit di Indonesia adalah buah durian, yang dikenal dengan rasa dan aromanya yang sangat khas. Apalagi kalau buahnya masak di pohon. Wah, enak sekali. Betul kan, girls?

Tapi hati-hati ya, jangan sampai lupa diri mengonsumsi buah ini terlalu banyak. Kandungan alkohol dalam buah durian dapat berpotensi menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak yang akan menjadi awal mula serangan stroke pada seseorang.

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

Selain stroke, buah durian bila dikonsumsi sangat banyak juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi, penyakit ginjal, kematian janin, dan kematian pada pengidap penyakit hipertensi.

Jadi, cukup mencicipi beberapa biji saja ya, girls. Jangan sampai khilaf.

Belimbing

Sebagai buah yang sarat dengan dengan vitamin C dan sangat mudah didapat, belimbing juga termasuk dalam daftar makanan berbahaya yang sebaiknya dihindari oleh siapa saja yang memiliki ginjal yang buruk.

Walau manfaat lain dari buah belimbing ini dapat menurunkan tekanan darah tapi akan sangat berbahaya bagi penderita penyakit ginjal.

Pada orang yang sehat, kandungan asam oxalate pada buah belimbing bisa disaring oleh ginjal dan dapat dikeluarkan. Namun pada orang dengan gangguan ginjal, asam oxalate ini tidak dapat dibuang dan akan memperburuk kondisi ginjalnya.

Nah, itulah beberapa makanan unik tetapi berbahaya–bahkan sangat berbahaya–jika salah mengonsumsinya.

Kita memang harus pintar-pintar memilih makanan yang akan kita masukkan ke dalam tubuh kita untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

So, kalau kamu memang hobi banget kulineran, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis makanan yang dapat membahayakan jiwa kita. (Indah L.)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: