Hobi

Mendengarkan Musik dan 5 Fakta Luar Biasa di Baliknya

Siapa sih yang nggak suka mendengarkan musik? Ya, mungkin sih ada memang yang nggak terlalu suka dengar musik, tapi pasti banyak di antara kamu yang suka musik.

BICARAPEREMPUAN.COM – Dan ternyata, mendengarkan musik itu nggak cuma bikin hati senang.

Mendengarkan musik memang asyik. Setuju kan, girls? Bikin bibir ikut komat kamit mendendangkannya, sambil badan, atau setidaknya ibu jari, ikut bergoyang. Tarik, Maaang!

Nah, ternyata, musik itu tidak sekadar bisa didengarkan dan dinyanyikan, lo! Musik yang mengiringi alunan lirik lagu itu punya banyak manfaat dan fakta yang luar biasa lo!

Mau tahu enggak?

Yuk, kepoin 5 hal yang tersembunyi yang terjadi saat kamu mendengarkan musik!

7 Aplikasi Android untuk mendengarkan musik

1. Musik bisa membaca kepribadian

Yups, ternyata musik itu bisa membaca kepribadian kita lo!

Seperti yang dilansir oleh blog Bufer App, sebuah studi yang dilakukan di Universitas Heriot-Watt menunjukkan, bahwa personaliti seseorang terlihat dari selera orang tersebut dalam mendengarkan musik.

Well, memang tidak pasti pas sih, tapi setidaknya masalah keterbukaan dan stabilitas emosional bisa ditebak dengan mudah melalui genre kesukaannya. Coba simak daftar berikut.

  • Musik blues, orang yang menggemarinya biasanya punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, kreatif, dan supel.
  • Penggemar musik jazz punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, kreatif, supel, dan rileks.
  • Musik klasik disukai oleh mereka yang punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, kreatif, rileks, serta introvert.
  • Penggemar musik rap merupakan orang-orang punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, serta supel.
  • Mereka yang rutin mendengarkan musik opera adalah orang-orang yang punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, kreatif, dan lembut.
  • Para penggemar musik country dan western adalah tipe-tipe orang pekerja keras, dan supel.
  • Pendengar musik reggae umumnya punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, bukan orang kreatif, bukan tipe pekerja keras, supel, lembut, dan rileks.
  • Musik dansa akan didengarkan oleh mereka yang kreatif, supel, namun bukan tipe orang yang lembut.
  • Para pendengar musik indie punya penghargaan yang rendah terhadap dirinya sendiri, kreatif, bukan tipe pekerja keras, bukan orang yang lembut.
  • Penggemar musik bollywood adalah tipe orang kreatif, dan supel.
  • Mereka yang suka mendengarkan musik rock/heavy metal biasanya punya penghargaan yang rendah terhadap dirinya sendiri, kreatif, bukan tipe pekerja keras, bukan pula orang yang supel, lembut, rileks
  • Musik pop adalah kegemaran orang-orang yang punya penghargaan yangtinggi terhadap dirinya sendiri, bukan orang yang kreatif, pekerja keras, supel, lembut, tapi susah rileks.
  • Sedangkan, penggemar musik soul adalah orang-orang yang punya penghargaan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, kreatif, supel, lembut, dan rileks
BACA JUGA:  7 Aplikasi Android Selain Tik Tok Buat Kamu yang Suka Musik

Bagaimana, cucok nggak, girls?

2. Mendengarkan musik membuat kita lebih fokus

Menurut situs Working Mother, saat kita tenggelam dalam kerutinan pekerjaan, mendengarkan musik akan bisa membantu produktivitas kita.

Apalagi kalau yang kita dengarkan adalah musik dengan nada-nada gembira, karena otak cenderung lebih suka musik jenis itu untuk membantu mengingat detail pekerjaan yang penting.

3. Musik itu menyembuhkan

Beberapa dari kita pasti sudah pernah mendengar tentang hal ini, bukan

Mendengarkan musik memang menenangkan, sehingga efeknya bisa meredakan stres, dan jika stres hilang, penyakit pun pergi.

Tidak hanya penyakit mental dan kanker yang bisa disembuhkan oleh musik, girls. Situs Soundcloud Reviews memberitakan bahwa pasien dengan penyakit Dementia juga bisa disembuhkan dengan musik.

Hal ini bisa terjadi karena musik mampu memengaruhi ingatan, dan pasien Dementia membutuhkan terapi ingatan. Musik membantu mereka.

4. Musik bisa memengaruhi perilaku pengendara

Huffington Post menuliskan bahwa sebuah studi telah dilakukan pada beberapa orang usia remaja dan dewasa tentang cara mereka mengemudi dengan ditemani musik. Para periset memberikan beberapa pilihan musik, dan pengendara juga diberi kebebasan memilih sesuai kesukaannya.

BACA JUGA:  Jenuh? Berikut 5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Pilih!

Hasilnya?

Peserta yang diuji membuat banyak kesalahan dan melaju lebih agresif saat mendengarkan musik kesukaannya sendiri. Sedangkan saat mendengarkan musik yang tidak familier, tidak menarik, tidak disukai, yang dipilihkan oleh periset, justru membuat mereka berkendara dengan lebih baik dan hati-hati!

Hmmm … sangat menarik.

5. Musik menentukan jumlah pengunjung acara

Jika kamu bekerja sebagai event organizer, maka pintar-pintarlah memilih genre musik sebagai pengiring acaranya.

Sebuah penelitian di Universitas Groningen menyatakan, bahwa mendengarkan musik tidak hanya dapat memengaruhi mood, tapi juga mampu mengubah cara pandang terhadap dunia. Begitulah yang tertulis dalam situs Event Planner.

Nah, dengan demikian, musik bisa banget memengaruhi emosi dan cara pandang para tamu lo! Jadi, pilih saja lagu-lagu berirama gembira dan sedang ‘in’ kalau kamu hendak menjamu undangan.

Nah, sudah tahu manfaat dan fakta di balik keasyikan mendengarkan musik, maka mulai sekarang, jadikan setiap hari adalah hari musik bagi kamu deh, girls!

Selamat mendengarkan musik kamu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: