Kesehatan

7 Manfaat Olahraga yang Seharusnya Bisa Meyakinkanmu untuk Memulainya Secara Rutin Besok Pagi

Manfaat olahraga itu ternyata tak cuma mengecilkan lingkar pinggang dan membuang lemak saja lo!

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa yang masih saja belum bisa rutin melakukan olahraga? Padahal manfaat olahraga itu luar biasa banget lo!

Iya, BiPer yakin kamu juga tahu banget akan hal ini. Tapi manfaat olahraga itu tak hanya mengencangkan otot dan membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga bisa melawan penyakit dan meningkatkan hubungan dengan orang lain.

Seperti, kamu ingin menghilangkan stres? Lebih cerdas bekerja di kantor dan memiliki hubungan berkualitas dengan keluarga dan juga teman-temanmu? Kalau iya, maka berolahragalah secara teratur!

Nih, BiPer kasih beberapa manfaat olahraga lainnya, yang seharusnya bisa meyakinkanmu untuk mau mulai berolahraga secara teratur besok pagi.

7 Manfaat Olahraga yang Luar Biasa

7 Manfaat Olahraga yang Seharusnya Bisa Meyakinkanmu untuk Memulainya Secara Rutin Besok Pagi
Beberapa Variasi Olahraga di Treadmill Supaya Kamu Tak Bosan. Image via Aaptiv

Terapi Depresi

Penelitian yang dilakukan di Universitas Duke, Amerika Serikat menunjukkan, bahwa 60% penderita depresi sedang yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama 6 bulan dapat melawan depresinya tanpa harus menggunakan obat dokter.

Nah, jadi, manfaat olahraga pertama ini bagus banget buat kamu yang sehari-hari banyak mengalami stres ya? Ayo, segera jadwalkan olahragamu!

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Tahukah kamu secara persis, apa manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh kamu? Khawatir menderita penyakit jantung di usia muda? Atau ingin terbebas dari tekanan darah tinggi?

Nggak peduli berapa pun berat badan kamu sekarang ini, rutin berolahraga dapat meningkatkan high-density lipoprotein (HDL), atau si kolesterol baik, dan menurunkan trigliselida atau kolesterol jahat sehingga fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif.

BACA JUGA:  Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag

Hal ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah yang dapat mempersempit aliran darah lo! Jika jantung kita menjadi lebih sehat, maka masing-masing pompa akan memberikan sejumlah besar darah dan ini dapat memperlambat detak jantung kita.

Meningkatkan kapasitas otak

Manfaat olahraga yang bisa meningkatkan stamina tubuh, pasti sudah banyak yang tahu. Namun, kalau olahraga bisa juga meningkatkan kapasitas otak, pasti belum banyak yang tahu.

Yes, olahraga mampu meningkatkan level energi dan serotonin di dalam otak. Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi mengontrol mood dan suasana hati serta mengatur pemahaman.

Jika serotonin di otak meningkat, maka emosi kamu juga akan lebih stabil, girls. Dengan demikian, dampaknya di dunia kerja adalah produktivitasmu juga akan meningkat karena kamu merasa bahagia di tempat kerja.

Melawan penuaan

Manfaat olahraga ringan, misalnya seperti berjalan kaki, juga nggak main-main lo, girls, karena dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada perempuan lanjut usia. Demikian kata Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Universitas Arizona mengutip sebuah hasil penelitian.

Menurut Daniel, semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki dilakukan maka ketajaman pikiran juga dapat terpelihara dengan baik.

BACA JUGA:  Begini Cara Merawat Miss V yang Tepat Agar Selalu Sehat

Memperbaiki diet

Manfaat olahraga yang lain adalah dapat membuat otot kita berkembang dan otot membakar lebh banyak kalori daripada lemak tubuh ketika kamu sedang beristirahat.

Dengan begitu, semakin banyak otot yang kita miliki, makin baik metabolisme yang kita alami. Selain itu, pembakaran kalori tentu saja tidak terjadi saat tubuh kita dalam kondisi santai, melainkan saat kita sedang berolahraga atau beraktivitas.

Kalori yang terbakar saat kita bergerak tentu saja lebih banyak daripada saat kita beristirahat atau mager. Iya nggak sih, girls?

Nah, dengan tingkat metabolisme yang baik, maka pola makan kita pun jadi ikut sehat. Sehingga, selama tidak terlalu berlebihan, setiap makanan favorit dapat kamu konsumsi.

Menghilangkan stres

Ketika stres melanda, sering kali kita malah melakukan hal-hal yang nggak sehat. Iya nggak, girls? Seperti ngemil camilan yang tinggi kalori, mengonsumsi soft drink, makan junk food, shopping dan lain sebagainya.

Cara ini memang bisa menurunkan stres sih, tapi akibatnya berbahaya bagi tubuh. Dan, juga bagi dompet kamu. Iya nggak?

So, untuk menghilangkan stres, mengapa nggak kita alihkan saja ke olahraga? Ayo, girls, pakai sepatu olahragamu, lalu mulai jogging atau bersepeda.

Manfaat olahraga bisa memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang karena bisa menghilangkan stres, dan membuat kamu menjadi pribadi yang bahagia.

Membangun hubungan

Manfaat olahraga tak hanya bisa kamu rasakan secara fisik saja lo, girls. Namun, juga membuat hubungan personalmu dengan orang lain lebih harmonis.

BACA JUGA:  Beberapa Program Diet Sehat yang Bisa Dipilih untuk Tahun 2019 yang Lebih Sehat

Coba saja berolahraga bersama orang-orang terdekatmu. Jogging bareng keluarga, misalnya. Atau zumba bareng sahabat-sahabatmu. Atau ikutan yoga di kelas yoga.

Kamu pasti akan merasakan hubungan yang lebih dekat dan sehat. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan banyak teman baru melalui olahraga, apalagi kalau kamu bergabung di komunitas.

Selain itu, jika kamu memang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka kamu pasti akan sangat membutuhkan dukungan dari teman-teman dan orang terdekat, supaya usahamu berhasil kan?


Gimana, girls? Apakah BiPer sudah bisa meyakinkanmu untuk segera mulai jadwal olahragamu setelah kasih berbagai manfaat olahraga di atas?

Semoga ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: