11 Masalah Kesehatan yang Dapat Dilihat dari Kuku Kamu

BICARAPEREMPUAN.COM – Pernah nggak sih, girls, kamu memperhatikan kuku kamu secara lebih mendalam? Bukan, bukan pada kok cat kukunya mengelupas, atau ujungnya bergerigi, dan hal remeh temeh lainnya. Tapi, tentang kondisi kuku yang ada hubungannya dengan masalah kesehatan.

Ya, kita memang lebih sibuk memikirkan warna atau aksesori kuku apa yang paling cakep untuk kita pakai, atau nail art apa yang lagi happening sekarang ini kan? Bahkan di Amerika Serikat ada penelitian yang menyimpulkan, bahwa sekitar USD 768 juta dibelanjakan setiap tahunnya hanya untuk membeli cat kuku.

Hmmm. Ya, nggak salah sih. Hanya sebaiknya sih jangan hanya memperhatikan tampilan luar dari kuku saja, girls. Coba kamu perhatikan lebih dalam lagi.

Ternyata, girls, kuku yang hanya bagian kecil dari tubuh kita ini mampu menunjukkan kondisi dan masalah kesehatan yang terjadi di tubuh kita lo.

Siapa sangka dengan memperhatikan perubahan kuku saja membuat kita waspada dan dapat mengambil langkah awal menangani masalah kesehatan. Sebab kuku ini bisa jadi jendela tubuh, entah itu bentuk, tekstur dan warnanya bisa mengindikasikan kondisi kesehatan kita.

Memang sih, sebagian indikasi yang ditunjukkan oleh kuku ini bukanlah penyakit kronis yang mematikan tapi sebagian di antara indikasi yang ditunjukkan adalah penyakit bahaya penyebab kematian lo.

Jika kamu menemui ada perubahan ekstrem pada kuku jari atau kaki kamu termasuk pembengkakan, perubahan warna, perubahan bentuk dan ketebalan, sebaiknya kamu langsung ke dokter kulit. Dokter kulit akan mendiagnosis awal kondisi kesehatan.

BACA JUGA:  5 Jenis Olahraga di Rumah untuk Memastikan Kamu Sehat Sepanjang Hidup

Tenang, girls, kamu tak perlu terburu-buru merasa khawatir, sebab hal ini juga tidak selalu berarti buruk kok, hanya ada baiknya kalau kita berjaga-jaga. Karena dengan mengetahui masalah kesehatan tubuh kita lebih dini, membuat kita tahu langkah kesehatan apa yang perlu diambil agar kesehatan kita tertangani dengan baik.

Lagi pula, biasanya masalah kuku ini paling umum dialami oleh penderita diabetes. Nah lo.

 

Di bawah ini adalah ciri-ciri kondisi dan masalah kesehatan yang dapat dilihat dari kuku

 

Beberapa masalah kesehatan yang dapat dilihat dari kuku.
Beberapa masalah kesehatan yang dapat dilihat dari kuku. Image via The Indian Express.

1. Kuku putih

Kuku kita akan secara alami berwarna putih di bagian ujungnya, tapi kalau kuku berwarna putih di seluruh permukaannya maka kemungkinan kita sedang mengalami gangguan hati, gagal ginjal, diabetes, serta berpotensi terkena gagal jantung.

 

2. Kuku kuning

Sindrom kuku kuning terjadi saat kuku menebal atau tingginya paparan nikotin pada tubuh.

Hal ini bisa jadi tanda-tanda penyakit bronchitis kronis, penyakit tiroid, diabetes, psoriasis, namun juga bisa disebabkan oleh pembengkakan tangan.

Tidak hanya itu, warna kekuningan pada kuku juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur.

 

3. Kuku mengelupas

Well, untuk yang satu ini kamu sepertinya tak perlu terlalu khawatir, karena hal ini biasanya hanya disebabkan oleh terlalu lembapnya tangan atau terlalu lama ditutup cat kuku.

BACA JUGA:  Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag

 

4. Lapisan merah pada kuku

Waspada, girls. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya infeksi pada katup jantung.

 

5. Kuku retak bahkan terbelah

Jika kukumu sangat rapuh dan mudah retak, bisa jadi kamu mengidap psoriasis, atau penyakit peradangan kulit menahun.  Segera ke dokter kulit ya, girls, jika kamu mengalami hal ini.

 

6. Clubbed nails

Clubbed nails adalah kondisi kuku yang bentuknya agak aneh, melebar, dan tipis. Hal ini bisa jadi merupakan indikasi masalah paru-paru, ginjal, inflamasi lambung, kanker, infeksi atau penyakit yang disebabkan kurangnya oksigen, bahkan AIDS.

 

7. Kuku berwarna biru

Jika kuku berwarna semu kebiruan, itu tandanya tubuh sedang kekurangan oksigen atau sedang terpapar racun tertentu.

Sebaiknya segera cari bantuan.

 

8. Kuku melekuk

Ini tergantung pada arahnya. Banyak orang memilik lekukan kuku vertikal dan semakin jelas saat menua. Hal ini rupanya adalah tanda penuaan yang disebut dengan keriput pada kuku.

Tidak hanya itu, kuku yang melekuk ke atas juga bisa jadi ciri kurangnya asupan vitamin atau nutrisi pada tubuh.

 

9. Lekukan pada kuku yang arahnya horisontal

Lekukan pada kuku secara horisontal ini disebabkan gangguan arah tumbuh kuku dan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh terkena diabetes, kekurangan zinc, atau sekadar akibat kecelakaan.

BACA JUGA:  Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak yang Penting Ini!

 

10. Garis hitam di antara kuku

Garis hitam pada kuku bukanlah pertanda bagus, girls.

Jika kamu memilikinya, maka sebaiknya kamu segera menemui dokter. Biasanya garis hitam pada kuku bisa jadi ciri melanoma agresif.

 

11. Titik putih pada kuku

Tidak perlu khawatir, hal ini biasanya hanya disebabkan trauma benturan keras. Nanti juga akan menghilang seiring kuku kamu tumbuh.

 

Nah, girls. Apa pun kondisi kuku kamu semoga bukan menjadi masalah kesehatan yang terlalu serius ya. Kalaupun iya, yuk, cepat-cepat perbaiki pola hidup kamu ke arah yang lebih sehat.

Bagaimanapun, sehat itu lebih membahagiakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.