Kecantikan

10 Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami dan Mudah Ditemukan

Kulit berminyak mengganggu banget, girls? Tenang, pakai saja masker untuk kulit berminyak berikut secara rutin.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kulit berminyak kadang memang menjengkelkan dan susah terlihat cantik ya, girls? Mau diaplikasikan kosmetik macam mana pun, rasanya susah banget nempel. Hih!

Tapi, mestinya kamu bersyukur juga sih. Dengan kulit kamu yang berminyak, justru elastisitas kulitmu lebih terjaga dengan baik. Kulit yang kering lebih rentan keriput lo! Perawatannya pun harus lebih ekstra hati-hati.

Nah, jadi, yang penting sekarang adalah bagaimana agar produksi sebum di kulitmu jadi terkendali sehingga tak berlebihan.

Berikut ini ada 10 masker untuk kulit berminyak dari bahan alami nih, girls. Barangkali ada beberapa di antaranya yang bahkan sudah ada di dalam kulkasmu. Tinggal ambil, lalu aplikasikan deh. Praktis kan?

Yuk, kita lihat satu per satu.

10 Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami

10 Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami dan Mudah Ditemukan

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal mengandung antibakteri dan antiseptik alami. Jadi, ini adalah bahan masker untuk kulit berminyak dan berjerawat yang oke banget nih, buat kamu.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa langsung saja aplikasikan ke wajah dengan kapas sebagai toner tanpa campuran apa pun lagi. Lalu, diamkan. Setelah kering dan meresap, cucilah wajahmu hingga bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan cuka sari apel dengan baking soda, yang memiliki khasiat mengelupaskan kulit. Jadi, larutan ini akan bekerja layaknya eksfoliasi.

Masker Pisang

Pisang juga bisa menjadi bahan masker untuk kulit berminyak yang oke, girls.

BACA JUGA:  7 Riasan Wajah Ini Akan Membuatmu Nampak Seperti Seorang Drag Queen!

Caranya, haluskan pisang, lalu oleskan secara merata ke wajah. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu, agar hasilnya lebih optimal.

Ingat ya, girls. Pisang yang paling bagus untuk digunakan sebagai masker untuk kulit berminyak adalah pisang yang benar-benar sudah matang. Agar ada efek mendinginkan, sebelum dibuat jadi masker, pisang bisa kamu masukkan terlebih dahulu ke lemari es.

Efeknya jadi lebih menyegarkan lo. Cobain deh!

Masker Putih Telur

Protein di dalam telur dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat, girls. So, mau kulit kamu mulus tanpa jerawat? Bikin deh masker untuk kulit berminyak dengan putih telur.

Selain itu, putih telur juga bisa melembapkan kulit dan membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Cara mengaplikasikannya mudah. Campurkan putih telur dengan madu dan lemon. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh wajah dengan kuas. Diamkan sebentar, lalu cuci bersih dengan air hangat.

Madu merupakan antibakteri, dan lemon merupakan zat yang dapat membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat sekaligus mencerahkan warna kulit. Kombinasi yang oke kan, untuk kulit sehat?

Masker Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi bahan masker untuk keulit berminyak yang oke, karena punya efek scrubbing alias membersihkan kulit.

Untuk hasil yang optimal, campurkanlah oatmeal dengan putih telur dan madu.

Masker Tanah Liat

Yes, tanah liat merupakan bahan masker wajah yang klasik, alias sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak dulu.

BACA JUGA:  5 Trik Makeup Flawless yang Praktis untuk Keseharian

Kok bisa? Iya, karena tanah liat ini mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kita, girls. Untuk hasil bersih yang maksimal campurkan tanah liat dengan witch hazel.

Masker Serbuk Kulit Jeruk

Kalau kamu bisa menemukan serbuk kulit jeruk, bahan ini juga oke banget dijadikan sebagai masker untuk kulit berminyak. Biasanya sih ada di supermarket di bagian rempah-rempah atau bumbu-bumbu.

Atau, kalau kamu mau, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan cara mengeringkan dan menggiling kulit jeruk.

Serbuk kulit jeruk ini merupakan zat pembersih yang bagus, lantaran dapat meningkatkan sirkulasi, dan mengandung vitamin yang dapat menciptakan warna kulit yang sehat.

Masker Wajah dengan Air Mawar

Untuk air mawar ini, kamu bisa membelinya di apotek, girls. Air mawar dapat membersihkan, mengencangkan, dan menenangkan kulit.

So, kalau kamu sudah menjalani hari yang berat, coba deh, mandi dengan air yang ditambah dengan air mawar. Perasaan rileks dan segar akan langsung kamu dapatkan.

Sebagai masker untuk kulit berminyak, kamu bisa mencampurkannya dengan madu, putih telur, dan tepung barley atau bubuk oatmeal.

Scrub Wajah Jagung dan Yoghurt

Campurkan yoghurt, lemon, dan jagung giling sebagai bahan scrub wajah.

Jagung sangat bagus untuk pengelupasan kulit, sementara lemon merupakan antiseptik. Tambahan yoghurt akan dapat membantu menyeimbangkan dan memberikan nutrisi pada kulit.

Masker Tomat

Bahan masker alami terbaik sebenarnya adalah tomat. Vitamin dalam tomat dapat membantu memudarkan noda dan menghaluskan kulit kasar, membentuk kolagen untuk mempertahankan elastisitas kulit, dan membantu melembapkan kulit.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

Kombinasikan tomat dengan madu, lemon atau timun, tergantung kebutuhan kulitmu.

6 Resep Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Masker Kunyit

Kunyit adalah bahan serbaguna yang dapat digunakan untuk membersihkan jerawat dan iritasi kulit lainnya. Selain itu, kunyit juga bagus untuk menghaluskan penyimpangan pigmentasi dan mengobati kulit terbakar. Dan ternyata, bagus juga sebagai bahan masker untuk kulit berminyak.

Untuk membuat masker, campurkan kunyit, madu dan yoghurt. Lalu oleskan secara merata ke wajah. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan lembut.


Nah, gimana, girls? Semoga dengan 10 masker untuk kulit berminyak di atas, masalah kulitmu bisa segera teratasi ya.

Selamat mencoba.

One Response

  1. Yerie 13/02/2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: