Kecantikan

4 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Kulit Kusam di Rumah

masker wajah alami untuk kulit kusam

Selama pandemi ini salon perawatan wajah banyak yang tutup. Padahal wajah kamu sudah kusam dan perlu perawatan agar terlihat bersinar kembali. Jika kamu tidak bisa pergi ke salon perawatan wajah, kamun tidak perlu khawatir. Tahukah kamu, kalau kamu punya banyak bahan di rumah untuk membuat masker wajah alami untuk kulit kusam di rumah sendiri?

Selain sangat menyenangkan membuat masker wajah alami untuk kulit kusam sendiri, kamu juga memiliki beberapa manfaat kesehatan tambahan.

Kamu tahu persis bahan apa yang kamu berikan pada wajahmu dan bisa memenuhi kebutuhan kulitmu saat itu juga. Selain itu, cara membuat masker ini juga hemat biaya. Kamu dapat memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah untuk menekan biaya. Dari pada kamu perawatan di salon yang mahal, uangnya bisa kamu tabung juga , girls!

Oiya, sebelum kamu membuat masker wajah alami untuk kulit kusam, penting juga untukmu memperhatikan beberapa hal tentang keamanan kulit sebelum kamu mulai mengoleskan ramuan ke wajahmu, ya. Walaupun masker wajah terbuta dari bahan alami, tapi ada beberapa bahan yang sangat berbahaya untuk kulit wajahmu. Penting halnya untuk menghindari bahan yang dapat menyebabkan iritasi, luka bakar, dan berpotensi mengacaukan pH alami kulitmu (yang menjadikannya tempat berkembang biak bakteri berbahaya). Maka dari itu pilihlah bahan alami untuk membuat masker wajah sesuai jenis kulit ya, girls!

Ada banyak bahan yang bagus untuk perawatan wajah yang aman, dan disetujui oleh ahli. Sesekali, kita semua mengalami tiga hal besar yang dapat membuat kulit kusam seperti junk food, koktail manis, dan stress yang berlebihan. Kita tahu stres dapat memicu gangguan kesehatan, apalagi ke kulit. Banyak yang merekomendasikan untuk membatasi pilihan makanan tertentu, terlalu banyak konsumsi gula, dan stres yang ketiganya dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Efek ke kulitmu seperti kulit kusam, berjerawat, timbul flek pada wajah.

BACA JUGA:  Begini Cara Memakai Masker Wajah Lembaran Agar Manfaatnya Maksimal

Yuk, mulailah dari sekarang untuk perawatan wajah dengan cara membuat masker di rumah sendiri ini. Kulitmu mungkin membutuhkan perhatian khusus dan kasih sayang. Untungnya, kamu tidak perlu keluar rumah untuk membuat masker wajah alami untuk kulit kusam, berkat beberapa bahan alami yang mungkin sudah kamu miliki di dapur.

Ini dia, 4 cara membuat masker wajah alami untuk kulit kusam di rumah!

Masker Pelembab (Alpukat, Madu, dan Yogurt)

masker wajah alami untuk kulit kusam

Masker wajah alami untuk kulit kusam yang akan melembabkan kulit yaitu dengan madu. Madu adalah humektan alami, yang membuatnya sempurna untuk memperbarui regenerasi kulitmu. Yogurt menenangkan kulit dan juga merupakan eksfoilasi ringan berkat asam laktat dalam produk susu. Alpukat, selain melembapkan dan kaya antiperadangan, juga mengandung banyak vitamin C yang mencerahkan kulit. Cek di kulkas dan dapurmu untuk mengetahui bahan-bahan di bawah ini, dan ikuti cara membuat masker alami untuk kulit kusam ini.

Bahan:
1/2 buah alpukat
1 sendok makan yogurt Yunani tanpa rasa
1 sendok makan madu organic

Caranya:
Campurkan semua bahan di atas. Lalu oleskan ke wajahmu, tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat lalu air dingin sesudahnya.

Masker Pembersih Pori-pori (Oatmeal, Putih Telur, dan Jus Lemon)

masker wajah alami untuk kulit kusam

Kamu mungkin pernah tidur dalam keadaan belum membersihkan wajah? Pasti pernah dong. Cobalah masker penyegar ini untuk membantu menyerap apa yang tersisa di pori-porimu. Oat memberikan pengelupasan yang lembut, sedangkan jus lemon (zat alami) membersihkan pori-porimu, dan putih telur mengencangkan kulitmu. Untuk membuat masker wajah alami untuk kulit kusam, ambil bahan-bahan di bawah ini.

BACA JUGA:  Bebas Bekas Jerawat? Mau Banget Dong!

Bahan:
1 sendok makan oatmeal
1 sendok makan jus lemon segar
1 putih telur

Caranya:
Campur semua bahan menjadi satu. Lalu oleskan ke wajahmu secara merata. Setelah itu pijat lembut kulit wajahmu sebentar. Tunggu masker sampai kering, dan bilas dengan air hangat lalu air dingin sesudahnya.

Masker Eksfoliasi (Pepaya Labu)

masker wajah alami untuk kulit kusam

Membuat masker wajah alami untuk kulit kusam dengan bahan labu dan papaya. Dua bahan ini dapat revitalisasi kulit. Enzim di dalam dua bahan tersebut akan mengelupas lapisan sel kulit mati yang menumpuk di kulitmu. Campurkan bahan-bahan terseut dengan satu butir telur. Telur akan mencerahkan dan mengencangkan kulit wajahmu.

Bahan:
2/3 cangkir pepaya
1 buah labu
1 butir telur

Caranya:
Blender semua bahan lalu diaplikasikan ke seluruh wajah. Setelah kering, bilas dengan air hangat dan bilas dengan air dingin sesudahnya.

Kiwi Yogurt (Brightening Mask)

masker wajah untuk kulit kusam

Buah kiwi dapat dijadikan masker wajah alami untuk kulit kusam. Buah kiwi diperkaya akan asam alfa-hidroksi dan sebenarnya memiliki konsentrasi vitamin C pencerah kulit yang lebih tinggi daripada lemon. Tambahkan jus jeruk kaya antioksidan, minyak zaitun yang menenangkan kulit, dan yogurt yang melembapkan. Kamu akan mendapatkan masker wajah yang akan disukai oleh kulitmu.

Bahan:
2 buah kiwi
3 sendok makan yogurt Yunani tanpa rasa
1 sendok makan jus jeruk segar
1 sendok makan almond atau minyak zaitun

BACA JUGA:  7 Guru Makeup yang Bisa Kamu Follow di Instagram

Caranya:
Blender halus almond. Lalu camburkan semua bahan menjadi satu. Oleskan campuran semua bahan ke wajah secara merata lalu pijat lembut. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat lalu dibilas dengan air dingin.

Girls, jangan gunakan bahan yang membuat kulitmu alergi. Uji masker ini di bagian dalam sikumu untuk memastikan bahwa bahan-bahannya tidak menyebabkan iritasi atau reaksi. Jika kamu memiliki masalah kulit yang parah, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum mencoba resep perawatan kulit alami apa pun.

Untuk memaksimalkan perawatan wajahmu, gunakan skincare khusus sesuai kulit wajahmu ya. Agar kulit kusammu menjadi terhidrasi dan cerah kembali. Lakukan perawatan wajah dengan masker ini seminggu dua kali. Kamu tidak bisa melihat hasilnya secara instan, maka dari itu kamu harus konsisten melakukannya girls. Kamu juga harus menerapkan hidup sehat dan makan makanan yang bergizi, agar kulit wajahmu cerah kembali.

Selamat mencoba ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: