Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak yang Penting Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, ladies! Apakah kamu sekarang lagi dalam usaha untuk menurunkan berat badan alias lagi diet? Yah, wajar saja kok, kita perempuan selalu pengin terlihat langsing, iya nggak sih? Hanya saja pesan BiPer nih, sebaiknya kamu menerapkan saja diet sehat.

Yang gimana sih diet sehat itu?

Ya, dietlah secara alami. Misalnya, kurangi konsumsi gula, kurangi gorengan, perbanyak buah dan sayur, dan pastinya, tambah dan konsisten dengan jadwal olahraga kamu. Jangan mengonsumsi suplemen diet secara sembarangan ya, apalagi menggunakan obat-obatan diet instan yang tidak ada jaminan kesehatannya.

Ingat, girls, yang harus kamu kejar adalah tubuh yang sehat, bukan sekadar lingkar pinggang yang kecil dan jarum timbangan yang ke arah kiri. Biarkan tubuhmu menemukan bentuknya sendiri sesuai dengan yang seharusnya.

Nah, kalau kamu mau diet sehat, tentunya kamu mesti tahu dulu beberapa hal salah kaprah yang sering kita dengar seputar diet. Salah satunya adalah lemak.

Banyak orang salah menganggap, bahwa kalau kita mau melakukan diet sehat itu berarti kita harus menghindari segala jenis lemak.

BACA JUGA:  5 Jenis Olahraga di Rumah untuk Memastikan Kamu Sehat Sepanjang Hidup

Itu salah ya, girls.

Karena sering dituding sebagai penyebab obesitas dan berbagai penyakit, lemak sering dihilangkan dari menu sehari-hari. Lemak itu juga diperlukan oleh tubuh lo. Beberapa di antaranya adalah karena lemak berperan penting dalam menambah energi kita, juga menjadi pelindung bagi organ-organ vital dalam tubuh kita.

Lagi pula, nggak semua makanan sumber lemak termasuk buruk lo.

 

Yuk, coba kita kenali beberapa mitos lemak agar kamu bisa melakukan diet sehat yang sukses.

 

Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak Ini!
Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak Ini! Image via Everyday Health
  1. Mengemil kacang membuat gemuk

Sebetulnya yang membuat gemuk adalah kacang yang digoreng, girls. Jadi, gantilah camilanmu dengan kacang panggang atau kacang rebus untuk mengurangi asupan minyak yang berlebih.

Sebuah penelitian di Purdue University menyatakan, makan kacang-kacangan bisa membuat kamu lebih lama kenyangnya ketimbang camilan seperti biskuit dalam jumlah yang sama lo.

Jadi, diet sehat? Nggak perlu hindari kacang, kamu hanya perlu memperhatikan cara pengolahannya.

 

  1. Avokad termasuk buah berlemak tinggi

Nah, ini nih. Ini juga salah banget, girls!

BACA JUGA:  7 Cara Makan Sehat saat Pesta Tahun Baru

Lemak yang terkandung dalam avokad adalah jenis asam lemak omega 9, si lemak baik. So, untuk diet sehat kamu, makanlah buah avokad tanpa tambahan susu ataupun gula, girls, karena bahan tambahan inilah yang justru banyak mengandung lemak.

 

  1. Mentega lebih baik ketimbang minyak goreng

Ini juga salah banget ya.

Mentega terbuat dari krim susu sehingga kandungan kolesterol di dalamnya justru lebih tinggi dibandingkan minyak goreng. Kandungan lemak dalam minyak dibutuhkan tubuh asal penggunaannya tepat.

Jadi, jangan ganti minyak goreng dengan mentega ya, karena justru malah makin meningkat kolesterolnya.

 

So, gimana, girls? Memang sih, hanya 3 mitos lemak saja yang BiPer ungkap di sini. Namun, sekiranya hal ini bisa membuat kamu bisa melakukan diet sehat dengan lebih baik.

Kapan-kapan, BiPer akan tambahkan lagi beberapa tip untuk bisa menjaga kesehatan tubuh dengan diet sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.