Bisnis & Karier

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Hampir setiap orang ingin melamar pekerjaan dan memiliki pekerjaan dengan gaji yang stabil adalah impian setiap orang. Setelah lulus sekolah atau kuliah. Maka dari itu, semakin banyak orang melamar pekerjaan dan semakin ketat pula persaingannya.

Tak jarang, proses mencari pekerjaan menimbulkan rasa tertekan atau bahkan stres tersendiri. Setiap pelamar kerja akan bersaing secara ketat satu sama lain. Pesaingnya pun sangat beraneka ragam, baik yang berasal dari kelompok yang masih fresh graduate maupun dari kalangan yang sebelumnya telah memiliki pekerjaan namun berkeinginan untuk pindah tempat kerja.

Apalagi untuk saat ini, mendapat pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Jika bisa dibilang, mendapat pekerjaan yang baik dan cocok kriteria kamu itu susah-susah gampang. Banyak orang melamar pekerjaan tetapi banyak perusahaan yang sedang memangkas jumlah karyawannya karena pandemi ini. Apalagi di saat pandemi seperti ini, banyak yang menjadi korban PHK.

Banyak pengusaha menggunakan lamaran pekerjaan untuk menyaring calon karyawan dan memutuskan langkah selanjutnya dalam proses perekrutan. Kamu mungkin diminta untuk mengisi lamaran kerja ketika Kamu melamar kesempatan kerja atau ketika Kamu dipanggil untuk wawancara.

Untuk menyiasatinya, ada berbagai tip terbaik melamar pekerjaan yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah kamu mencari pekerjaan dan juga bisa diterima dengan mudah. Nah apa saja tip ampuhnya? Let’s check this out, girls!

Perbanyaklah Koneksi

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Bukan suatu rahasia lagi jika memiliki koneksi yang luas akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah saat kamu membutuhkan pekerjaan.

Punya banyak koneksi atau kenalan akan sangat membantu dalam memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. Tidak jarang, mereka sendiri yang akan menawarkan suatu pekerjaan saat merasa membutuhkan tenaga kerja tambahan.

Jika kamu memiliki kenalan seperti ini, kamu akan memperoleh banyak informasi. Bukan hanya dari jenis pekerjaannya, tapi juga dari segi gaji ataupun kelebihan serta kekurangan dari pekerjaan tersebut. Selain itu, tentunya akan mengurangi tingkat persaingan.

Manfaatkan Internet

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Jaman dulu, melamar pekerjaan dilakukan secara door to door di perusahaan. Namun saat ini, dengan memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet, apply lamaran pekerjaan akan terasa lebih mudah.

Manfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Sekarang ini sudah banyak website yang memang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Misalnya saja, Linkedln, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, dan masih banyak lagi. Situs lowongan kerja ini juga sudah tersedia aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Selain itu, saat ini lowongan pekerjaan juga banyak dibagikan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

BACA JUGA:  Mau Resign Kerja? Pastikan Kamu Lakukan dengan Terhormat!

Cari Tahu Perusahaan/Tempat yang Dilamar

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam melamar pekerjaan adalah tempat atau perusahaan dimana kamu ingin melamar pekerjaan. Cari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan, sebab menurut penelitian, 47% manajer akan mengeliminasi pelamar yang tidak punya banyak pengetahuan mengenai perusahaannya.

Oiya, sekarang ini juga banyak sekali yang membuat informasi lowongan pekerjaan hoax. Akibatnya banyak juga yang menjadi korban. Pilah-pilahlah perusahaan yang akan kamu dekati dan ajukan lamaran. Jangan terjebak hanya karena info lowongan pekerjaan yang diberikan tanpa mengetahui perusahaan apa yang menyebarkan lowongan.

Bacalah Deskripsi Pekerjaan

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Saat kamu menemukan informasi lamaran pekerjaan online, hal yang paling pertama harus dilakukan adalah membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama. Jangan langsung apply ya girls, lihat apa yang dibutuhkan perusahaan lewat deskripsi tersebut serta apakah kamu mampu dengan deskripsi pekerjaan tersebut. Setidaknya kamu mengetahui apa yang dikerjakan kantor tersebut dan latar belakangnya.

Pastikan Data Sudah Lengkap

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Curiculum Vitae (CV) atau profile diri adalah hal yang sangat dibutuhkan. Ini bisa memudahkan perusahaan untuk mengenal pelamar hanya dengan sebuah profil. Namun data yang dibutuhkan untuk pertimbangan nyatanya bukan hanya profile lengkap saja. Ada beberapa data lain yang biasanya diwajibkan oleh perusahaan seperti scan ijazah terakhir, surat sehat dokter, SKCK (kalau perlu), dan KTP.

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, akan memberikan poin tersendiri. Maka kamu jangan lupa melampirkan bukti konkritnya ya, yang biasanya berbentuk sertifikat. Seperti sertifikat TOEFL, ITP, workshop, dll. Perusahaan akan mempertimbangkan bahwa kamu memang pribadi yang capable. Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaan siapkan terlebih dahulu data apa saja sih yang dibutuhkan. Bila sudah tahu, siapkanlah dengan baik, jangan lupa cek kembali data lengkapnya sebelum mengirim, jangan sampai ada kesalahan sedikitpun.

Buat CV yang Menarik

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Hal penting dalam melamar pekerjaan adalah Curiculum Vitae atau CV. Bukan hanya isinya saja yang diperhatikan perusahaan, tapi juga desain pada CV. Jangan sembarang dalam membuat CV sebab kamu perlu perhatikan beberapa poin penting, di antaranya:

  • Template yang rapi
  • Pemilihan huruf yang tepat
  • Pastikan ukuran huruf cukup jelas untuk dibaca
  • Gunakan kombinasi warna yang bagus

Jika kamu merasa kesulitan untuk membuat CV sendiri, tak perlu khawatir, girls! Sekarang kamu bisa membuat CV dengan menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi yang mudah digunakan karena bisa digunakan di smartphone dan web juga. Perlu diingat, buatlah CV berdasarkan jenis perusahaan yang kamu lamar. Kamu tidak bisa menggunakan CV yang menonjolkan desain warna-warni untuk perusahaan milik negara. Pastikan kamu mempunyai beberapa desain CV untuk kategori perusahaan yang sudah kamu incar ya, girls!

Perhatikan Kualifikasi yang Dibutuhkan Perusahaan

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan lebih berhubungan dengan syarat apa saja sih yang harus dipenuhi kalau ingin melamar pekerjaan. Misalnya, lamaran pekerjaan hanya boleh diajukan oleh perempuan berusia 19-28 tahun, lamaran juga hanya boleh diajukan untuk lulusan komunikasi, dan yang lainnya. Kamu harus memperhatikan hal detail hal ini agar melamar onlinemu tidak menjadi tidak sia-sia, girls.

BACA JUGA:  11 Jurus Membangun Bisnis Kuliner Rahasia Chef Terkenal

Buatah Surat Lamaran yang Benar

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Surat lamaran juga menjadi poin penting untuk melamar pekerjaan. Tahu enggak, girls? Kalau banyak dari fresh graduate yang tidak menyertakan surat lamaran pada saat apply CV ke perusahaan. Padahal surat lamaran ini bersifat resmi yang ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Isi surat lamaran terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan, lampiran berkas dan penutup. Pastikan dalam membuatnya jangan sampai ada huruf yang typo. ini tentunya akan mengurangi penilaianmu. Semakin rapi, lengkap dan jelas surat lamaran yang kamu buat, maka aplikasi lamaran bisa dipilih perusahaan di antara ratusan aplikasi lamaran yang masuk.

Untuk catatan nih, girls! Jika di deskripsi lowongan pekerjaan ada keterangan surat lamaran di tulis tangan, kamu harus tulis tangan untuk surat lamarannya yah. Kenapa begitu? Biasanya tim HRD akan menilai kamu dari tulisan loh. Minat, kelebihan, kekuranganmu bisa dibaca dari tulisan tangan di surat lamaran ini.

Etika Mengirim Email

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Banyak perusahaan yang memanfaatkan email untuk menyeleksi para pelamar pekerjaan. Penggunakan email memang lebih memudahkan kedua belah pihak. Namun ada juga beberapa poin yang harus kamu perhatikan saat mengirim lamaran melalui email. Ini dia poin penting yang harus kamu perhatikan!

  1. Alamat email yang profesional
    Pastikan alamat email kamu tidak alay atau tidak profesional seperti L4y4176@gmail.com dan sebagainya. Jika alamat email kamu seperti itu, jangan harap kalau pesan kamu akan dibuka oleh perusahaan. Buatlah e-mail baru yang profesional dengan menggunakan nama asli kamu dan gunakan penyedia email yang umum digunakan.
  2. Penulisan Subjek yang Benar
    Biasanya perusahaan akan menentukan format subjek sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Namun, kalau tidak ada ketentuan subjek, kamu hanya perlu tulis dengan jelas dan benar, seperti posisi yang dilamar dan nama lengkap. Misalnya, Public Relation – Fahrani Luwika.
  3. Isi Cover Letter dengan Baik
    Isilah body e-mail dengan cover letter yang baik dan benar. Tujuannya untuk memberikan kesan pertama kepada perusahaan dengan perkenalan diri serta menjelaskasn mengenai ketertarikan kamu apply pekerjaan tersebut.
  4. Lampiran File pada E-mail
    Jangan bosen untuk mengecek kembali nama pada file yang kamu lampirkan. Sebaiknya gunakan nama file yang bagus dan sesuai. File yang kamu kirim bisa kamu compress file jadi satu memakai RAR atau ZIP, ini juga melindungi file dari virus. Agar nantinya HRD dengan mudah mendownload lamaran pekerjaanmu.
BACA JUGA:  Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi COVID-19? Coba Lakukan Langkah Berikut Segera

Berdoa dan Siapkan Mental yang Kuat

11 Tip Terbaik Melamar Pekerjaan, You Must Try It, Girl!

Melamar pekerjaan memang tak mudah yang dikira bukan?. Selain membutuhkan usaha yang ekstra, tentunya kamu juga perlu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saat mencari kerja, manusia memang dapat merencanakan semuanya, namun Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya. Exactly!

Selain itu juga, melamar pekerjaan juga perlu mempersiapkan mental yang kuat agar tidak merasa kecewa saat lamaran kerja ditolak perusahaan. Mental yang kuat juga akan membuat kamu cepat bangkit dan terus mencari pekerjaan hingga dapat pekerjaan, loh girls!

Itulah 7 tip terbaik melamar pekerjaan agar kamu bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan dirimu. Jangan pernah berputus asa atas apa yang kamu perjuangkan, girls. Setiap langkah dan usahamu akan berhasil jika kamu bersabar, tekun, tak lupa berdoa, selalu bersyukur, dan tak lupa untuk ikhlas ya.

Ganbatte, girls! Be the best ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: