Kecantikan

Memakai Masker dan Kacamatamu Berembun? Ini 8 Cara Mengatasinya!

Kamu pasti sudah tahu bahwa kamu wajib memakai masker. Tapi buat yang berkacamata, adalah PR besar agar kacamata tidak berembun. Gimana cara atasinnya ya?

BICARAPEREMPUAN.COM – Safety is a priority!

So, kamu memang memakai masker wajah untuk melindungi dari penyebaran virus corona, tapi kemudian masalah muncul. Ketidaknyamanan termasuk memakai masker yang terlalu ketat, menyebabkan lecet karena penggunaan yang lama, dan meninggalkan bekas, terutama di telinga.

Masalah pelik ini muncul untuk mereka yang mengenakan kacamata. Yang memakai lensa kontak sih enggak masalah, mereka tetap dapat melihat sambil memakai masker. Nah, yang memakai kacamata, bisa jadi akan bermasalah lantaran lensa kacamata jadi berembun.

Kenapa kacamata berembun saat memakai masker?

Alasan kenapa kacamata kita berembun saat memakai masker adalah karena udara hangat dan lembap dari napas kita keluar dan berubah menjadi bentuk uap ketika bertemu dengan permukaan kacamata yang relatif lebih dingin.

Proses ini disebut kondensasi.

So, untuk mengatasinya, kamu perlu meminimalkan jumlah udara yang keluar dari masker ketika kamu memakainya. FYI, girls, jenis masker yang kamu kenakan akan berpengaruh juga ya.

Lalu, gimana dong caranya? Masa harus tidak bernapas sementara memakai masker? Ya, enggak gitu juga sih.

BACA JUGA:  6 Cara Cantik Alami Sesuai Umur

Ini dia cara agar kacamatamu tidak berembun saat memakai masker

Memakai Masker dan Kacamatamu Berembun? Ini 8 Cara Mengatasinya!

1. Be aware of your mask positioning

Seperti halnya instrumen atau alat lain yang dapat kita pertimbangkan untuk digunakan, cara kita memakai masker akan berpengaruh.

Dalam hal ini, di mana kacamatamu harus terpasang dengan tepat di wajahmu (dan di hidung). Agar mengurangi embunnya, kamu bisa menempatkan kacamatamu lebih maju di tulang hidung. Tetapi hal ini mungkin akan dapat memengaruhi kinerja kacamatamu juga ya, terutama jika kamu rabun jauh.

2. Coba semprot cairan antiembun

Semprotan anti embun ini tersedia di sebagian besar apotek atau optik. Berbagai semprotan yang dijual bebas bisa langsung diaplikasikan pada lensa kacamata dan membantu masalah embun yang muncul saat kamu memakai masker ini.

Ini juga sangat berguna di lingkungan yang lembap atau saat kamu berkeringat.

3. Find out if your mask is adjustable

Pilihlah masker yang memiliki bagian hidung yang bisa disesuaikan, yang berupa kawat di bagian hidung. Ini dapat memberikan kenyamanan saat dipakai, girls.

Masker yang lebih rapat di bagian atas dan lebih longgar ke arah dagu akan memfasilitasi aliran udara ke bawah, sehingga dapat membuat udara dari hidung kita tidak naik ke atas (ke arah kacamata).

Tip Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah - Jangan Sampai Salah!

4. Add a protective barrier

Perekat juga bisa membantu dalam masalah ini.

BACA JUGA:  Trik Jitu Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Masker yang tidak pas dengan lekuk wajah kita memang dapat menyebabkan embun di kacamata. Coba kamu atasi dengan selotip medis dan letakkan di atas tulang hidung.

Dengan demikian, tidak ada lubang antara hidung dan sela kacamata yang memungkinkan uap udara masuk.

5. Atasi kelembapan

Pilihlah memakai masker kain yang dengan bahan bagus, yang memungkinkanmu untuk bernapas dengan nyaman dan akan mengurangi kelembapan, sehingga dapat membuat kacamata tidak berembun.

6. Tambahkan krim atau sabun

Penghalang cairan atau krim juga menjadi solusi.

Oleskan krim cukur atau sabun ke bagian dalam lensa, lalu gosok dengan kain pembersih sesudahnya. Cara ini terbukti berhasil mencegah kacamata berembun saat kamu memakai masker.

Tentu saja, kamu harus berhati-hati sebelum melakukannya, karena bahan kimia dalam produk dapat berdampak pada permukaan lensa. Cek dulu apakah kandungannya aman untuk kacamatamu ya, girls.

7. Jangan bersihkan kacamatamu dengan alkohol setiap hari

Membasmi kuman di kacamata setiap hari sangalah penting. Konsentrasi alkohol Isopropil 70 % atau lebih besar memang mampu membunuh virus penyebab COVID-19. Tetapi caira ini juga dapat merusak lensa kacamata kamu, terutama jika kacamata tidak memiliki lapisan khusus.

BACA JUGA:  Ini Dia 3 Jenis Masker Wajah dan Khasiatnya yang Harus Kamu Tahu

Kacamata cukup dilap sehari sekali dengan sabun biasa dan air. Atau, beli pembersih lensa bebas alkohol yang bisa kamu dapatkan di optik.

8. Beralih sementara ke lensa kontak

Jika semua opsi lain tidak manjur dan kamu tetap bermasalah dengan kacamata berembun saat memakai masker, sedangkan kamu harus menyelesaikan tugas penting dan tak bisa menanggalkannya, ini saat yang tepat untuk mempertimbangkan untuk berhenti sejenak dari kacamata dan beralih ke lensa kontak.

Semoga membantu ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: