Kecantikan

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Memiliki bibir merah merona merupakan salah satu impian sebagian wanita. Memerahkan bibir secara alami memang salah satu cara mempercantik wajah. Bibir merupakan bagian kulit yang unik karena tidak dilengkapi kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Area bibir yang disebut vermilion merupakan area yang memiliki pembuluh darah lebih banyak dibandingkan area kulit lainnya, sehingga pembuluh darah di bagian ini mudah terlihat. Adanya pembuluh darah yang mudah terlihat inilah yang membuat bibir memiliki warna merah yang indah.

Jika tidak dirawat dengan baik, bibir bisa menjadi kasar, bibir hitam, hingga kering dan pecah-pecah. Ini bisa membuat bibir terlihat kusam.

Yuk simak 8 cara memerahkan bibir secara alami!

Madu

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Memerahkan bibir menggunakan madu. Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang bisa merangsang epidermis pada kulit bibir untuk menghasilkan kolagen baru. Cara memerahkan bibir dengan madu sangatlah gampang loh girls! Campur madu dengan gula, kemudian gosokkan secara perlahan dengan menggunakan sedikit pijatan lembut pada bibir, supaya kulit mati di bibir terangkat. Lakukan hal ini secara rutin dan berkala untuk hasil yang maksimal.

Gunakan jus buah di bibirmu

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Memerahkan bibir dengan jus buah di bibir. Pilih jenis buah merah cerah apa saja, potong dengan pisau, dan oleskan ke bibirmu. Setelah lapisan pertama mengering, kamu bisa menambahkan lebih banyak lapisan untuk memperdalam warna merah. Teruskan hingga kamu menyukai tampilan bibirmu, lalu tambahkan selapis lip balm bening untuk menutupinya selama beberapa jam.

Ceri dan delima akan memberikan warna dominan. Stroberi dan raspberry dapat memberikan warna yang lebih soft atau kalem.

Bubuk akar bit

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Bedak alami ini terbuat dari bit kering yang memiliki corak merah tua yang indah, ini dapat membantu memerahkan bibir. Campur bubuk akar bit dengan air secukupnya untuk membuat pasta kental. Oleskan di bibirmu dan biarkan selama tiga menit, lalu bilas sisa pasta dengan air hangat. Ulangi sampai bibirmu semerah yang kamu inginkan.

BACA JUGA:  10 Rahasia Cantik Kate Middleton yang Ternyata Effortless Banget

Lemon

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Memerahkan bibir secara alami dengan menggunakan lemon. Lemon memiliki kandungan vitamin C, lemon bisa mencerahkan dan memerahkan bibir secara alami. Anda bisa menggunakan lemon yang ditambahkan gula untuk melakukan pengelupasan sel kulit mati pada kulit bibir Anda.

Caranya membuatnya dengan mencampurkan perasan lemon dengan gula, kemudian oleskan pada bibir dan diamkan selama 5 menit, lalu pijat perlahan selama 5 menit berikutnya.

Minyak kelapa

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Kamu punya minyak kelapa di rumah? Good girls! Minyak kelapa ini bisa digunakan untuk memerahkan bibir juga. Minyak ini akan membantu beregenerasi lebih cepat. Bibir merah merona pun akan nampak. Minyak kelapa juga mempunyai kandungan antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi.

Gula

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Gula bisa bermanfaat untuk eskfoliasi bibir, yaitu dengan menggosok secara perlahan dengan menggunakan gula pada bibir Anda sampai terkelupas. Hal ini akan membuat bibir lebih lembut dan mambantu mencerahkan bibir secara alami.

Air Mawar

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Air mawar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Air mawar Saat ini banyak digunakan untuk produk kecantikan termasuk sebagai pelembap, yang mampu melembabkan bibir dan memerahkan bibir secara alami. Caranya dengan mengoleskannya setiap hari secara rutin dan berkala

Daun Mint

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Daun mint dikenal memberikan sensasi dingin dan segar, daun tersebut juga akan memberikan sensasi dingin pada bibir. Daun mint diperkaya akan vitamin dan mineral yang dapat memerahkan bibir secara alami juga, girls.

Cara mengaplikasikan daun mint pada bibir yaitu dengan menghaluskan dua lembar daun mint dan oleskan pada bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

BACA JUGA:  6 Resep Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Memerahkan bibir secara alami juga bisa dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, girls!

Rub the lips / Menggosok bibir

Memerahkan bibir secara alami dengan menggosoknya untuk mengangkat kulit mati dari bibir. Caranya, oleskan setetes gula atau madu pada bibir, lalu gosok perlahan. Setelah itu usap bibirmu hingga kering dan oleskan lip balm.

Mengangkat sel-sel mati dalam bentuk kulit yang mengelupas akan membuat sel-sel epidermis di kulit bibir membantu merangsang pertumbuhan kolagen baru. Pembentukan kolagen berguna untuk memperlambat proses penuaan pada kulit bibir.

Hindari kebiasaan menggigit bibir

Jika ingin memerahkan bibir secara alami, jangan membiasakan menggigit bibirmu, girls. Menggigit bibir bisa membuat bibir sakit, berdarah, dan memperlambat proses penyembuhan kulit bibir.

Jangan merokok

Wanita yang menginginkan bibir merah alami sebaiknya menghindari rokok. Banyak penelitian menyebutkan bahwa merokok berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk bibir.

Kulit perokok akan lebih cepat keriput dibandingkan yang tidak merokok. Dengan merokok, kolagen akan lebih mudah hilang dan sel kulit lebih mudah rusak. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam karena produksi melanin atau pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi. Karena itu, menghindari rokok bisa menjadi cara alami untuk memerahkan bibir.

Rajin minum air putih

Salah satu kunci menjaga bibir tetap sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Untuk menjaga kecukupan cairan tubuh, bawalah air ke mana pun kamu pergi. Dibutuhkan 2 hingga 3 liter air untuk menjaga tubuh, termasuk bibir dan kulit agar terhidrasi dengan baik.

Lindungi dari paparan sinar matahari

Perubahan warna pada bibir juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak paparan sinar matahari. Untuk menghindarinya, gunakan pelindung bibir atau lip balm. Untuk perlindungan maksimal, gunakan lip balm yang berfungsi sebagai tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15. Perlindungan bibir dengan menggunakan lip balm ini akan membantu mencerahkan bibir juga loh , girls!

Jangan sampai bibir pecah-pecah

Memerahkan bibir dengan tidak membuat bibir kering, bersisik dan pecah-pecah, selain menyakitkan juga membuat bibir terlihat kusam atau bibir hitam. Melakukan hal-hal di atas wajib dilakukan untuk mencegah atau mengobati bibir pecah-pecah. Jika perlu, gunakan bahan lain seperti minyak kelapa, cocoa butter, dan petroleum jelly untuk menjaga kelembapan bibir sepanjang hari.

BACA JUGA:  Mau Perawatan Kulit yang Alami? Sediakan Saja 5 Bahan Berikut!

Memerahkan bibir secara alami dengan cara di atas bisa menjadi salah satu alternatif, terutama untuk menghindari bahan kosmetik yang bisa menimbulkan alergi pada bibir. Langkah atau cara di atas sangatlah mudah dilakukan di rumah dan bahan-bahannya juga mudah didapat. Jadi kamu juga bisa berhemat, girls. Lakukan cara di atas secara rutin ya girls, agar kamu dapat melihat bibir sehat yang akan membuat kamu mempesona.

Let’s try it!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: